ETIKA SANGAT DIPERLUKAN ORGANISASI UNTUK MEWUJUDKAN VISI DAN MENCAPAI HASIL TERBAIK

 “Etika tidak sebatas tentang benar dan salah atau baik dan buruk, tetapi lebih kepada kelanjutan organisasi untuk mewujudkan visi dan mencapai hasil terbaik.”~Djajendra

Menjalankan etika bukanlah sesuatu yang mudah, kadang-kadang orang menganggapnya sebagai filsafat moral yang tidak bermanfaat. Padahal, etika adalah nilai-nilai kehidupan dasar yang sudah Tuhan titipkan di kedalaman kesadaran tertinggi kita. Sering sekali, etika di tempatkan sebagai sesuatu yang normatif dan sebatas teori saja. Memang tidak semua orang menemukan kesadaran tentang etika yang sudah ada di kedalaman dirinya. Dan juga, jika etika dianggap sebagai sesuatu di luar diri, maka orang pun menjadi sangat malas dan mungkin tidak memiliki niat sama sekali untuk mentransformasi etika dari teori menjadi perilaku nyata dalam kehidupan. Walau pun pada akhirnya etika selalu membuktikan bahwa dia bukan sebatas teori atau sesuatu yang normatif saja, tetapi tentang kebenaran ini biasanya baru disadari ketika semuanya sudah terlambat. Etika adalah pilihan perilaku yang harus dipilih menjadi perilaku sehari-hari agar kita tidak tersesat dalam perjalanan hidup. Bersama perilaku etis, kita mampu menjaga diri kita agar tidak jatuh di jalan yang salah atau sesat. Bersama etika kita dapat membentuk perilaku positif yang jujur, tidak suka berbohong, disiplin, bertanggung jawab, tidak menyakiti siapa pun, tidak mengambil yang bukan hak, tidak melakukan hal-hal curang, dan memiliki kesadaran yang tinggi untuk memberi kebaikan dalam semua tindakan.

Etika menghasilkan perasaan baik dan aman di tempat kerja. Ketika etika menjadi bagian nyata dari perilaku dan budaya kerja, maka kepercayaan dan tanggung jawab akan meningkatkan kualitas kerja. Perilaku dan tindakan etis dari setiap individu di tempat kerja menghadirkan hal-hal positif, untuk keharmonisan dan kolaborasi dari hati yang paling tulus. Perilaku etis bersumber dari kesadaran dan hati nurani yang konsisten untuk memberikan kebaikan bagi organisasi. Kebaikan dalam bentuk motivasi dan disiplin yang tinggi untuk membuat budaya kerja yang efektif dan produktivitas organisasi yang paling tinggi. Jadi, perilaku etis itu membawa energi kemajuan dan energi perjuangan untuk mencapai hal-hal terbaik di sepanjang proses kerja.

Perilaku dan tindakan yang tidak etis merupakan sumber kekacauan dan hilangnya moral kerja yang baik. Ketika etika diabaikan, maka perilaku buruk yang merusak organisasi akan menjadi kekuatan dominan. Individu dengan perilaku etis yang lemah menjadi kurang fokus, kurang disiplin, kurang teliti, dan tidak mau bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya. Mereka yang tidak memiliki perilaku etis tidak akan mampu membuat tindakan dan keputusan etis, mereka juga lebih mementingkan kepentingan pribadi dan kelompoknya dari pada kepentingan yang menguntungkan organisasi. Mereka yang kurang memiliki perilaku etis suka mengabaikan tugas yang harus dikerjakan dan merasa tidak penting dengan hal-hal yang paling penting. Jadi, etika ini tidak sebatas tentang benar dan salah atau baik dan buruk, tetapi lebih kepada kelanjutan organisasi untuk mewujudkan visi dan mencapai hasil terbaik.

Etika sangat penting untuk menjaga kehidupan kerja dalam produktivitas yang tinggi. Etika mendorong semua orang hadir dengan perilaku kerja berlandaskan nilai-nilai moral yang baik; mampu beradaptasi dan menjalankan nilai-nilai organisasi dengan sempurna; memiliki kepekaan dan empati terhadap sistem dan struktur organisasi; memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap apa yang dikerjakan dan apa yang menjadi tanggung jawab; memiliki disiplin yang tinggi untuk menjalankan kode etik, kebijakan, dan semua peraturan yang mengikat proses kerja.

Perilaku etis membuat organisasi mendapatkan integritas, kebaikan, keadilan, kebenaran, disiplin, tanggung jawab, ketekunan, keuletan, perjuangan, kerja keras, kejujuran, keikhlasan, totalitas, kemurahan hati, sepenuh hati, mencintai pekerjaan dan organisasi, tidak pernah mengambil keuntungan pribadi atau kelompok dalam bentuk apa pun. Etika dalam kepribadian yang ikhlas menjadikan pribadi tersebut benar-benar totalitas dan penuh disiplin, untuk memberikan kualitas dan kompetensi dari integritas pengabdian yang tinggi. Jadi, orang-orang dengan perilaku etis yang baik adalah harta yang bernilai sangat tinggi bagi organisasi dan stakeholder. Perilaku dan tindakan etis sangat menguntungkan bagi semua orang di tempat kerja, serta secara nyata menghadirkan orang-orang berbudi luhur dalam tingkat tinggi moralitas.

Praktik-praktik tidak etis merupakan penyakit menular yang sangat berbahaya bagi kemajuan dan kesejahteraan hidup. Ketika perilaku dan tindakan tidak etis menjadi dominan dalam masyarakat, maka janganlah pernah bermimpi kesejahteraan dan kedamaian hidup dapat terwujud. Perilaku tidak etis adalah sesuatu yang bersifat sangat buruk, sehingga perilaku tersebut meruntuhkan moral dasar kehidupan masyarakat. Akibatnya, kehidupan memiliki budaya yang buruk dan orang-orang tidak lagi memikirkan kebaikan dan kedamaian sebagai sesuatu yang penting bagi semua. Masing-masing orang sibuk dengan ambisi dan nafsunya untuk mendapatkan segala sesuatu dengan cara apa pun, tanpa mempedulikan itu haknya atau bukan haknya, yang penting mereka dapat memiliki dan tidak peduli etis atau tidak etis.

Etika menjadikan kita orang baik yang berguna bagi kehidupan. Etika membuat kecerdasan kita mengalir dalam kejujuran, tanggung jawab, kebijaksanaan, keteraturan, kebaikan, keindahan, dan menjadikan kita selalu mengambil tindakan yang benar bahkan dalam situasi yang paling tidak menguntungkan. Etika menyadarkan kita untuk melakukan transformasi diri dalam membangun diri yang baru dengan nilai-nilai yang lebih sesuai dengan perubahan. Kita selalu mampu beradaptasi dengan tatanan dunia yang berubah dalam kecepatan yang luar biasa. Etika membuat kita mampu membangun kualitas diri berbasis nilai-nilai positif, sehingga banjir informasi yang luar biasa tidak membuat kita kehilangan jati diri. Etika membuat kita mampu mempersiapkan diri untuk menghadapi zaman baru dengan diri kita yang terbaik.

Mau mengundang Djajendra untuk Narasumber?

Email: admin@djajendra-motivator.com