HIDUP INI SEPERTI PERMAINAN ULAR TANGGA

“Jika kita berlama-lama memikirkan dan merasakan hal-hal yang tidak menguntungkan kita, maka kita tidak pernah memahami dan merasakan hal-hal yang menguntungkan kita.”~Djajendra

Naik turun dalam kehidupan adalah sesuatu yang biasa dan sangat normal. Jangan berlebihan senangnya ketika kehidupan mengantar Anda ke puncak keberuntungan, dan jangan juga sedih berlebihan ketika kehidupan mengantar Anda ke puncak kerugian. Puncak kerugian dan puncak keberuntungan bersifat sementara, semuanya pasti berlalu dan akan diganti dengan berbagai pengalaman hidup yang Anda sukai maupun yang tidak Anda sukai.

Hidup ini tidak lebih seperti permainan ular tangga. Ketika sudah di atas dan hampir mencapai sukses, tiba-tiba harus turun ke level sangat bawah; atau sebaliknya, masih di bawah tiba-tiba harus naik ke level yang lebih tinggi. Permainan hidup yang dimainkan oleh kehidupan tidak pernah berubah dari awal sampai hari ini. Kita semua adalah pemain kehidupan yang harus menggunakan pikiran dan kecerdasan kita dalam kesadaran untuk bisa menerima apa pun hidup yang sedang kita alami.

Seluruh kehidupan alam semesta ini seperti permainan yang menyajikan sesuatu yang kita suka dan tidak suka. Pikiran dan kecerdasan kita harus dilatih agar tidak terlalu hitung-hitungan dengan peristiwa suka dan tidak suka. Terimalah peristiwa suka dan tidak suka dengan rasa syukur, sabar, rendah hati, dan memahami arti kehidupan yang sebenarnya dari pengalaman-pengalaman yang sudah dilalui selama ini.

Jika kita berlama-lama memikirkan dan merasakan hal-hal yang tidak menguntungkan kita, maka kita tidak pernah memahami dan merasakan hal-hal yang menguntungkan hidup kita. Jadi, hidup ini tidak sebatas akal dan logika dari kecerdasan yang hebat, tetapi dari kesadaran yang mencerahkan di dalam kecerdasan akal. Cobalah sekali-sekali bermain ular tangga dan pahami maknanya dengan kesadaran yang mencerahkan di dalam kecerdasan akal dan logika. 

Kita memiliki pilihan terbatas dalam hidup yang kita jalani, tetapi potensi kita tidak terbatas. Karena itu, usaha dan tindakan kreatif sangat diperlukan agar kita mampu mengeluarkan potensi-potensi terbaik kita untuk menambah pilihan agar tidak terbatas. Jadi, setiap saat kita harus proaktif untuk melakukan tindakan-tindakan yang bersifat kreatif dan inovatif, sehingga kita dapat menciptakan peluang-peluang baru untuk kebaikan hidup kita.

Hidup sangat dinamis dan dapat berubah setiap saat tanpa kita duga. Pengalaman saja belum cukup untuk menghadapi kehidupan yang dinamis, diperlukan pengetahuan dan keberanian untuk mendapatkan buah dari tindakan yang profesional. Permainan hidup sama seperti permainan ular tangga, jika Anda mencoba mengakali atau mengganggu permainan dengan kecerdasan Anda, maka Anda akan dikalahkan oleh permainan yang sedang Anda mainkan itu. Oleh karena itu, terimalah kenyataan yang diberikan oleh permainan hidup, cobalah memperbaiki kualitas diri untuk menjadi lebih siap mental dalam memenangkan setiap tantangan yang diberikan dalam permainan hidup. Kembali lagi, coba bermain ular tangga dan pahami betul-betul makna dari permainan tersebut. Jangan pernah bermain curang atau mengganggu permainan dengan kebohongan. Sebab, dalam dunia nyata ada kekuatan tertinggi yang akan mengalahkan orang-orang curang dengan caranya sendiri.

Mau mengundang Djajendra untuk Narasumber?

Email: admin@djajendra-motivator.com