RAHASIA PENANGKAL STRES

“Penyebab utama stres adalah tidak mau menerima kenyataan hidup. Jika Anda ikhlas dan berjiwa besar untuk menerima kenyataan hidup dengan pikiran positif, maka Anda akan diberdayakan dan dikuatkan untuk menemukan yang terbaik.”~Djajendra

Menerima kenyataan hidup, menghadapinya dengan tenang dan sabar, adalah cara untuk menangkal stres. Stres dan kecemasan dapat menyebabkan kita kehilangan peluang terbaik untuk menumbuhkan potensi kita. Ketika kita berhenti melawan kenyataan yang dihadapi, maka energi positif akan memberdayakan potensi kita untuk mengatasi tantangan. Jadi, hindari stres dan kecemasan, cobalah untuk tetap tenang dan terkendali dalam rasa syukur.

Menjalani hidup memang tidak mudah dan tidak sederhana. Setiap orang memiliki jalan hidupnya yang kadang tidak mudah untuk dijalani. Tidak semua kenyataan hidup yang dihadapi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Sering sekali stres, rasa khawatir, rasa takut, dan kecemasan menjadi sahabat yang sulit dihilangkan saat kenyataan yang dihadapi sangat pahit dan sangat tidak diinginkan. Di sinilah seseorang diuji mental dan emosi hebatnya. Di sinilah seseorang imannya diuji untuk menerima kehendak Tuhan dengan ikhlas dan sabar. Memang tidak semua orang mampu untuk menghadapi kenyataan yang sangat tidak diinginkan tersebut. Diperlukan kesadaran yang tinggi dan tingkat spiritualitas yang baik agar seseorang mampu menjadi ikhlas dan sabar ketika dirinya harus menjalani hidup yang tidak diinginkan.

Hidup bukanlah pertempuran atau persaingan untuk memiliki segala keinginan. Hidup adalah proses untuk menemukan diri sendiri yang kuat dan unggul agar dapat menjalani kehidupan dunia dengan gembira. Tujuan tertinggi hidup adalah memiliki kehidupan yang sehat, bugar, gembira, bahagia, damai, tenang, sejahtera, dan berguna bagi kehidupan secara luas. Kita harus menyadari bahwa kehidupan dunia yang kita miliki sangat singkat dan sementara, jarang yang sampai seratus tahun, dan tidak ada yang kita miliki. Semua yang kita anggap miliki kita hanyalah perasaan dan prasangka kita saja, yang benar semuanya milik Tuhan. Jadi, hidup kita ini bukan untuk setiap hari bertempur dengan kenyataan yang harus dihadapi, tetapi untuk belajar menerima dan menjadikan kenyataan sebagai pengetahuan.

Kita hidup dalam dunia materi. Kenyataan lingkungan hidup kita adalah materi. Tubuh kita pun sebuah materi yang setiap hari harus dikasih makan dan minum agar tetap berenergi. Di dalam tubuh yang sifatnya materi tersebut ada jiwa yang sifatnya bukan materi. Jiwa adalah kesadaran dan dia bukan materi. Karena tubuh membutuhkan biaya hidup untuk memenuhi kalori dan nutrisinya, maka setiap orang harus sadar untuk menjadi produktif agar menghasilkan uang bagi kesejahteraan fisik dan rohani. Kita ketahui stres dan kecemasan yang berlebihan akan membuat seseorang tidak produktif, akibatnya dia sulit memiliki kinerja untuk menghasilkan uang yang lebih banyak. Memang betul uang bukan satu-satunya penyebab stres, tetapi kekurangan uang untuk memenuhi kalori dan nutrisi bagi tubuh akan menciptakan stres yang menghilangkan kepercayaan diri seseorang.

Tuhan selalu menjaga kita dengan sempurna. Tuhan selalu menjaga kita dengan sepenuh hati dan sepenuh cintanya kepada kita. Jadi, kita tidak perlu memelihara perasaan-perasaan negatif yang berpotensi memicu stres. Segala sesuatu yang kita alami bila kita menerimanya dengan ikhlas dan tenang, maka semua itu akan menjadi pengalaman yang indah. Ketika Anda mencapai sukses, maka masa tersulit Anda itu akan menjadi kenangan terindah, menjadi cerita kebanggaan untuk diceritakan kepada anak cucu. Bila di masa sulit Anda mampu mengelola perasaan dan pikiran secara positif, maka masa sulit itu akan menjadi kenangan terindah, pelajaran terindah. Oleh karena itu, jangan menentang kenyataan yang harus dihadapi, terimalah dengan kreatif, belajarlah darinya, dan tumbuhlah dengan cara mengatasinya.

Rahasia penangkal stres adalah menjaga kesadaran untuk menerima kenyataan pahit dengan emosi dan pikiran positif. Tidak menolak atau marah dengan kenyataan yang dihadapi, tetapi semakin mendekatkan diri kepada Tuhan dan meyakini bahwa Tuhan sedang membantu Anda untuk segera keluar dari situasi pahit tersebut. Dalam hal ini, Anda harus menguatkan diri dengan energi positif, dan memberikan motivasi kepada diri sendiri sambil memetakan strategi terbaik untuk menemukan solusi. Menerima kenyataan dengan ikhlas dan sepenuh hati dapat mengurangi tekanan stres. Ketika tekanan stres menjadi rendah, Anda bisa dengan tenang dan penuh pengetahuan menemukan hal-hal terbaik agar kenyataan hidup Anda sesuai dengan impian dan harapan Anda.

Rahasia penangkal stres bukan berarti menyetujui kenyataan pahit yang sedang dihadapi, tetapi bertujuan untuk membuat diri kuat dan tenang agar dapat segera keluar dari kenyataan pahit tersebut. Dalam hal ini, bila Anda dalam kondisi stres dan kecemasan berlebihan, Anda akan menjadi lemah dan tidak tenang, Anda pun akan menyibukan diri dengan keluh-kesah dan marah, tidak akan fokus untuk menemukan jalan keluar. Jelas, stres tidak akan mengubah keadaan menjadi lebih baik, tetapi akan membawa Anda ke dalam kenyataan atau keadaan yang membuat Anda semakin tidak berdaya. Oleh karena itu, terimalah hidup dengan tenang dan ikhlas, kemudian temukan kekuatan Anda untuk segera keluar dari kenyataan yang membuat Anda stres.

Untuk seminar/pelatihan hubungi 0812 1318 8899/ email: training@djajendra-motivator.com