Kesadaran Diri yang Bocor

“Semua kesulitan dan penderitaan tidak dapat membawa kita kepada kegagalan hidup, kecuali kita membiarkan mereka masuk ke dalam kesadaran kita.”~Djajendra

Setiap orang memiliki kualitas diri yang unik untuk membuat hidupnya kaya, bahagia, dan damai di sepanjang waktu. Selama kita menjadi pribadi yang utuh dalam kesadaran untuk memiliki pengalaman, persepsi, emosi, dan keyakinan hidup yang fokus pada kebahagiaan dan kekayaan; maka, kondisi seburuk apa pun tidak akan membuat kita terganggu. Kita bisa menjadi diri yang solid dan tak mampu ditembus oleh kekuatan perusak dari luar diri kita. Kita ini seperti sebuah kapal besar yang tidak mungkin tenggelam di lautan yang dalam dan luas, kecuali kapal itu bocor atau rusak dari dalam. Demikian juga, diri kita tidak dapat tenggelam dalam penderitaan dan kesulitan; kecuali ada yang bocor di dalam kesadaran, pemikiran, tindakan, dan emosi kita. Semua kesulitan dan penderitaan tidak dapat membawa kita kepada kegagalan hidup, kecuali kita membiarkan mereka masuk ke dalam kesadaran kita.

Kalau kita sendiri bocor dan tenggelam dalam kegagalan hidup, maka kita tidak dapat melanjutkan proses untuk mencapai kehidupan yang kita inginkan. Secara sadar kita harus menambal dan memperbaiki semua bagian dari lima indera kita yang bocor. Menghentikan pengganggu masuk ke dalam pengalaman, persepsi, emosi, dan keyakinan kita. Kita harus menjaga diri kita sebaik-baiknya dengan memperhatikan keseimbangan fisik, kesadaran, ego, pikiran, emosi, mental, kecerdasan, dan pengetahuan. Semua ini harus dijaga jangan sampai bocor atau rusak. Jika salah satu rusak atau bocor, maka kita berpotensi tenggelam di dalam kegagalan hidup. Jadi, setiap hari tugas kita adalah memanfaatkan waktu dengan berkualitas untuk mengembangkan diri dan tumbuh bersama keberhasilan. Kita juga harus menghindari orang-orang yang berpotensi merusak pemikiran kita, dan mengelilingi diri kita dengan orang-orang yang membantu untuk kemajuan dan perkembangan potensi besar kita.

Menjaga diri dari dalam dengan tidak menciptakan penilaian dan penghakiman terhadap pengalaman yang dihadapi. Situasi, kondisi, dan orang-orang disekitar kita selalu berubah dan tidak permanen. Semua yang tertangkap oleh lima indera kita bersifat sementara dan tidak permanen. Tidak perlu menciptakan drama untuk urusan-urusan yang berpotensi menciptakan penderitaan bagi kita. Ketika tanpa disadari drama kehidupan dimulai, maka segera hentikan dan kembali ke dalam kesadaran diri tertinggi untuk fokus pada kedamaian dan ketenangan hidup. Kita memiliki satu bagian dari kita yang biasanya tidak akan mau menghentikan drama, yaitu: EGO. Dalam hal ini, kita harus berhati-hati dan memahami persoalan yang sedang menuju drama kehidupan. Ego bertugas untuk menjaga kepentingan atau keuntungan bagi keberadaannya. Dalam hal ini; kita harus terbiasa memiliki gaya hidup yang mau memperbaiki kesalahan diri sendiri, menyadari bahwa kita tidak sempurna, mengasihi orang lain dan diri sendiri. Kita juga harus terbiasa untuk menghargai perbedaan, memiliki empati, memaafkan, toleransi terhadap perbedaan pandangan, komunikasi dari dua sisi, dan aturan yang dapat disesuaikan dengan keadaan. Sifat ego sangat kaku dan selalu ngotot untuk kebaikan dan kebenaran diri sendiri, serta tidak peduli dengan kondisi atau realitas orang lain. Jadi, kita sangat membutuhkan ego untuk kehidupan kita, dan ego yang baik selalu mau mendengarkan kesadaran.   

Melepaskan diri dari penilaian orang lain. Hidup kita bukan untuk memikirkan apa yang orang lain pikirkan tentang kita. Kita tidak perlu mengkhawatirkan apa yang orang lain pikirkan tentang hidup kita. Kita juga tidak perlu mengkhawatirkan hidup orang lain. Kita memiliki terlalu banyak pekerjaan dalam hidup yang harus kita fokuskan. Tidak akan pernah ada waktu untuk memikirkan tentang sikap, perilaku, dan keputusan orang lain. Biarkan orang-orang menjadi diri mereka masing-masing dan kita tidak perlu membicarakan atau mengurusinya. Kita harus fokus pada hal-hal yang penting untuk dibangun dan dikembangkan dari dalam diri. Tugas kita setiap hari adalah membuat hidup kita lebih bahagia dan sejahtera. Melakukan yang terbaik untuk membantu diri sendiri agar selalu positif, damai, tenang, kaya, sehat, bahagia, dan memiliki hubungan yang indah dengan orang lain. Menjadikan diri kita sebagai kesadaran murni akan menciptakan kebahagiaan dan kebaikan kepada orang-orang di sekitar kita.

Hidup itu penuh tantangan dan kita mau menjalani proses yang sering sekali tidak mudah. Semua pekerjaan yang kita lakukan membutuhkan kekuatan dari dalam diri yang hebat. Disepanjang perjalanan hidup ada namanya perubahan yang terjadi dalam milidetik. Perubahan itu sangat cepat sehingga kita tidak memiliki kemampuan untuk menyadarinya. Kita baru sadar setelah perubahan itu sudah berakumulasi berjuta kali dan menciptakan kesulitan bagi kita. Dalam hal ini, kita harus menjaga diri kita agar tidak bocor dari dalam. Kalau ada kebocoran di dalam diri kita, maka pemikiran dan perasaan buruk dari kesulitan hidup akan mampu menenggelamkan hidup kita. Ketika ada begitu banyak kesulitan dan tantangan yang tidak mudah diatasi, maka kita harus menjaga diri secara utuh untuk membangun harapan dan kepercayaan diri. Tidak ada jalan pintas untuk mencapai yang terbaik. Kita harus mau bekerja keras dan menikmati tantangan untuk mencapai yang terbaik. Menjaga kualitas diri dari sisi mental, fisik, emosional, pengetahuan, intuisi, dan pemikiran akan membuat kita terlihat hebat dalam proses untuk mewujudkan. Selalu bersabar dan tenang di dalam semua kerumitan dan kesulitan yang dihadapi. Fokuskan waktu dan tenaga untuk melakukan yang dapat dikerjakan pada saat ini. Kesabaran bukan berarti tidak melakukan apa-apa, tetapi melakukan hal-hal yang bisa segera dilakukan dan membiarkan hal-hal yang belum dapat dilakukan. Kesabaran berarti mau menunggu sambil mengerjakan yang dapat dikerjakan sekarang dengan sukacita.

Kita sudah memiliki semua potensi terbaik untuk mewujudkan yang kita inginkan. Selama kita mampu menjaga diri kita tidak bocor, serta memiliki pengetahuan dan kesadaran bahwa segala sesuatu akan melewati proses yang penuh tantangan. Dalam proses kita harus menghadapi kenyataan yang tidak seperti rencana kita. Dalam proses kadang kita harus bertarung dan berjuang untuk melakukan yang diinginkan. Kita harus sadar untuk tetap positif dan memiliki kontrol penuh atas semua yang diinginkan dan sedang diperjuangkan. Jika kita tidak memiliki kontrol penuh, maka kita akan dikendalikan oleh kekuatan yang tidak kita miliki. Tidak perlu merasa terhina atau direndahkan oleh sikap tidak etis orang lain. Apa pun yang dikatakan atau dipikirkan oleh orang lain itu adalah masalah mereka, bukan masalah kita. Kita tidak perlu menanggapi atau mengurusinya, kita cukup menghindari orang-orang tersebut dan fokus pada hal-hal yang kita inginkan dalam hidup. Ketika seseorang menghinamu atau merendahkanmu, maka dia sedang menghina dan merendahkan dirinya sendiri. Jika kita terpengaruh dan marah, itu artinya kita sedang bocor. Dan, tugas kita untuk memperbaiki kebocoran tersebut agar kita tidak tenggelam dalam kebencian dan kemarahan. Jadi, tidak perlu menanggapi orang tersebut, cukup fokus untuk memperbaiki kebocoran yang kita alami.

Kita harus sadar bahwa semua mimpi dan keinginan kita bersumber dari kita, bukan dari orang lain. Jadi, kalau mau semua mimpi dan keinginan itu terwujud, kita harus menjadi diri sendiri dan tidak membandingkan hidup kita dengan orang lain. Kita harus hidup dengan mendengarkan intuisi kita dan bukan mendengarkan orang lain. Semua pendapat orang lain hanya sebagai informasi atau pengetahuan dan bukan sebagai petunjuk jalan hidup kita. Kita harus sadar bahwa diri kita adalah satu-satunya yang bertanggung jawab atas hidup kita. Kita harus jujur kepada diri sendiri dan menguasai semua kekuatan dari dalam diri untuk menjalani kehidupan yang diinginkan. Kehidupan sudah sangat pintar dan kita tidak perlu merasa lebih pintar dari kehidupan. Fokuskan semua kekuatan untuk mencari cara agar semua mimpi dan keinginan dapat diwujudkan dengan baik. Kita harus tenang dan bahagia untuk menjalani kehidupan yang penuh tantangan. Perubahan dalam ukuran milidetik menjadikan proses yang kita jalani kadang tidak nyaman. Perasaan tidak nyaman ini adalah bukti bahwa ada kebocoran di dalam diri kita. Jadi, ketika merasa tidak nyaman atau bosan, maka perbaiki diri sendiri atau kebocoran yang ada di dalam diri sendiri. Hidup ini hadiah yang indah. Manfaatkan hadiah yang indah ini untuk mendapatkan hal-hal yang membuat kita bahagia dan damai.

Proses hidup memberi pengalaman yang akan menjadi pengetahuan untuk kebaikan kita. Pengalaman yang kita dapatkan adalah yang menyenangkan dan yang tidak menyenangkan. Pengalaman yang membuat kita bangkit dan pengalaman yang membuat kita jatuh. Bangkit dan jatuh adalah pengalaman yang memberi kita kebijaksanaan dan nilai kehidupan. Kita harus menyadari bahwa kegagalan dan keberhasilan adalah bagian dari kehidupan. Kita harus memiliki karakter yang tidak berlebihan saat menyikapi keberhasilan dan kegagalan. Keduanya adalah bagian penting dari kehidupan yang kita jalani. Tidak perlu terlalu terobsesi untuk selalu berhasil, sebab kegagalan juga penting dalam hidup kita. Terimalah keberhasilan dan kegagalan sebagai bagian yang penting untuk meningkatkan kualitas diri kita. Membiasakan diri untuk mensyukuri segala sesuatu yang kita miliki dalam hidup. Bersyukurlah bahwa kita masih punya semangat untuk menjalani hidup di saat kita sedang mengalami kesulitan. Bersyukurlah bahwa kita tetap rendah hati dan memperbaiki kualitas diri di saat semua hal bisa didapatkan secara mudah. Bersyukurlah untuk segala sesuatu yang terlihat dan yang tidak terlihat di dalam hidup kita. Ketenangan, kedamaian, dan kebahagian bersumber dari rasa syukur terhadap hidup yang kita jalani. Jika rasa syukur kita berkurang, kita akan memulai rasa takut dan khawatir terhadap banyak hal. Kondisi ini akan mengantar kita ke dalam tekanan hidup yang penuh stres. Kebahagiaan dan ketenangan hidup ada di dalam diri kita yang bersyukur dengan hidup yang sedang kita alami. Bangunlah setiap pagi untuk menemukan hal-hal yang membuat kita bersyukur dan berbahagia dengan hidup ini.

Perasaan-perasaan negatif adalah tanda bahwa ada kebocoran di dalam diri kita. Walaupun kita sedang gagal dan sangat kecewa, kita harus tetap menjaga diri kita jangan sampai bocor. Kegagalan adalah jalan baru untuk kita lewati agar sampai pada tujuan kita. Jangan putus asa dan menjadi malas untuk tetap bergerak menuju tujuan hidup. Kesulitan dan kegagalan dapat mematahkan semangat hidup kita, tetapi pada saat itulah kita harus belajar sekuat tenaga untuk tetap berdiri dan bergerak semampu kita. Kita harus menguatkan hati, menyemangati diri sendiri, mensyukuri apa yang masih kita punya, dan mendorong diri kita untuk membangun kualitas diri yang lebih baik. Jangan berhenti dan menyesali kegagalan, tetapi tenangkan hati dan kuatkan fisik untuk melangkah ke depan menuju pencapaian terbaik. Pelajaran hebat baru dapat dipelajari pada saat kesadaran menghasilkan pemikiran terbaik. Walaupun situasi dan kondisi kita sedang tidak baik-baik saja. Mungkin kita dalam kondisi sakit, gagal, marah, terpuruk, dan sudah membuat banyak kesalahan. Kita harus sadar untuk menolong diri sendiri agar tidak terpuruk lebih dalam. Kita perlu membangun kesadaran untuk merasakan hal-hal sekecil apa pun yang patut untuk disyukuri, sehingga disaat sulit itu kesadaran kita tetap dapat menghasilkan sukacita bagi kemajuan hidup kita.

Percaya dan yakinlah pada proses hidup walau tidak mengerti ke mana kita akan sampai. Kemampuan kita untuk mengerti semua hal yang sudah, sedang, dan belum terjadi sangatlah minim. Kita ini hidup dengan potensi tak terbatas di dalam lima indera yang terbatas. Sangat rugi kalau kita tetap menjalani hidup di zona nyaman di sepanjang waktu. Kita di dunia untuk belajar, tumbuh, dan berkembang dari dalam diri. Perubahan adalah sesuatu yang harus kita hadapi. Kalau kita tidak siap, perubahan dapat menjadi sesuatu yang mengganggu kenyamanan hidup kita. Pertumbuhan, penyembuhan, perbaikan, dan penyempurnaan membutuhkan perubahan. Artinya, kita harus siap meninggalkan zona nyaman untuk memulai proses hidup di zona tidak aman. Kita seperti sebuah kapal besar yang sedang mengarungi samudera luas untuk menemukan tujuan. Perjalanan kita membutuhkan arahan dari kesadaran dan pertolongan dari lime indera kita. Kita bergerak dari satu keadaan ke keadaan berikut, dari satu kondisi ke kondisi berikut. Kita meninggalkan momen ini dan menciptakan momen berikutnya, lalu bergerak untuk menciptakan momen-momen selanjutnya. Hidup kita tidak mungkin tinggal di satu kondisi untuk selamanya. Kita harus bergerak terus-menerus untuk mengalami kondisi-kondisi berikutnya yang memberi kita pengalaman dan kekayaan hidup. Walaupun hari ini semuanya terlihat tidak pasti dan membingungkan, kita tetap harus fokus untuk menguatkan diri dan mengambil langkah semampu kita. Tetap mengerjakan sekecil apa pun untuk sesuatu yang sedang kita perjuangkan. Walau segala sesuatu tampak tidak masuk akal dan tidak mungkin, tetap luangkan waktu untuk mengerjakannya sekecil apa pun. Kita tidak pernah tahu apakah akan menemukan atau mewujudkan apa yang kita cari, tetapi kita tetap telah berusaha disepanjang hidup kita dengan langkah sekecil apapun untuk bisa mewujudkan dan menemukannya.

Hidup itu bukan untuk selalu benar. Kesalahan juga penting untuk kemajuan hidup kita. Kalau kita terlanjur telah membuat banyak langkah-langkah yang salah, kita harus menyadarinya dan melakukan perubahan untuk mencapai yang terbaik. Tidak selalu pilihan atau rencana yang sempurna membawa kita pada keberhasilan. Kadang-kadang, pilihan yang salah dan sesuatu yang tidak direncanakan juga dapat membawa kita pada keberhasilan. Kita harus sabar di dalam proses, memiliki keberanian dan meminimalkan rasa takut, kemudian fokus untuk mencapai hal-hal terbaik. Tingkatkan kesadaran dan upaya untuk tidak membiarkan perasaan dan pemikiran penghambat sukses di dalam diri kita. Apa pun yang sudah terjadi di dalam hidup kita biarkan menjadi pengetahuan untuk menemukan kehidupan yang diinginkan. Kebiasaan-kebiasaan yang tidak diinginkan harus dihentikan dan diganti dengan kebiasaan-kebiasaan yang diinginkan. Miliki rutinitas yang dipilih untuk membangun kualitas hidup. Tidak ada yang tidak mungkin dicapai kalau kita bersungguh-sungguh dalam membangun kualitas diri dari dalam. Hormati diri sendiri untuk berusaha mencapai yang diinginkan.

Djajendra, 04032024

Menghubungi Djajendra

e-mail. djajendra2024@gmail.com

Youtube. www.youtube.com/@DJAJENDRAMOTIVASI

Discover more from MOTIVASI DJAJENDRA

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading