Menikmati Ketidakpastian dengan Sukacita

Kehidupan menjadi menarik karena kita tidak mengetahui jalan cerita yang lengkap. Kita tidak mengetahui skenario tentang cerita hidup kita sendiri. Karena kita tidak mengerti tentang masa depan, kita pun menyusun rencana dan mencoba menciptakan kepastian di masa depan. Upaya untuk menciptakan kepastian adalah sesuatu yang baik, tetapi kita harus sadar bahwa sifat kehidupan adalah tidak pasti. Kita harus siap mengalir dalam proses hidup yang tidak pasti dan mampu beradaptasi dengan hal-hal tak terduga. Mempersiapkan diri dengan kualitas terbaik untuk  dapat beradaptasi dengan perubahan yang tak terduga. Orang-orang sukses yang kita lihat hari ini adalah mereka yang mampu menikmati ketidakpastian dengan upaya dan kerja keras. Kesuksesan terletak pada kemampuan kualitas diri yang terus menerus mencoba dan tidak pernah berhenti berjuang, memiliki daya tahan mental dan fisik untuk menerima penderitaan, memiliki kualitas diri untuk memulihkan keadaan secepat mungkin, dan merasa memiliki pekerjaan dan tujuan untuk dirawat sampai sukses.

Ketika kehidupan dalam keadaan tidak pasti, jangan gelisah dan khawatir. Fokuskan semua kekuatan untuk bekerja dengan hati-hati di dalam ketidakpastian tersebut. Gunakan waktu dengan produktif dan terus-menerus melakukan segala sesuatu yang membuat kita mendapatkan keberhasilan. Kesuksesan adalah hadiah dari kerja keras yang konsisten dan tidak pernah merasa lelah untuk mendapatkan yang terbaik. Kerjakan segala sesuatu dengan gigih dan tidak pernah berhenti atau menyerah sampai kapan pun. Kita harus siap untuk menerima apa pun yang dilemparkan kehidupan kepada kita, serta menyiapkan kualitas terbaik untuk beradaptasi dan melayani kehidupan yang kita inginkan. Kadang kita sukses, kadang kita gagal. Kalau sukses jangan terlalu gembira, kalau gagal jangan terlalu sedih. Santai saja dan nikmati semua peristiwa dengan sabar. Nikmati semua hubungan kita dengan kehidupan dalam sukacita. Siapkan karakter berdaya tahan hebat untuk menerima kesulitan dan penderitaan, kemudian dengan strategi yang tepat ciptakan kemenangan. 

Melalui kesadaran dan pembelajaran yang terus-menerus, kita menyempurnakan kemampuan untuk meningkatkan konsentrasi pada target yang diinginkan. Kesabaran, ketenangan, dan ketekunan adalah kualitas yang dapat membantu kita memiliki daya tahan mental yang kuat dan juga akan membantu kita mencapai kesuksesan. Ini semua membutuhkan latihan yang terus-menerus sampai kita menguasainya. Kita tidak akan mencapai kesuksesan jika kita menyerah. Kita tidak boleh menyerah. Selama kita masih terus berjuang dan tidak berhenti dari permainan ketidakpastian kehidupan, maka kemenangan tetap dapat kita miliki. Pertandingan melawan ketidakpastian dalam hidup adalah pertandingan seumur hidup. Kita harus selalu berhati-hati, tidak boleh ceroboh, tidak boleh sombong. Tidak ada kemenangan permanen, demikian juga tidak ada kekalahan permanen. Perjalanan hidup dengan hasil kalah dan menang akan berlangsung terus-menerus sepanjang nafas kita masih ada, semuanya tidak permanen, dan pasti berubah.

Jika setiap saat kita bekerja dengan disiplin, tekun, dan rajin; maka, kita akan menemukan peningkatan dalam kesabaran dan ketekunan tanpa batas, yang akan menjadi kebiasaan bahkan dalam usaha kita selanjutnya. Kita akan menemukan kemampuan yang lebih besar untuk bertahan dalam masa sulit dan memiliki daya tahan untuk sampai pada keberhasilan. Kerja keras dalam disiplin yang tinggi artinya tidak pernah mundur selangkahpun untuk mewujudkan harapan . Kita wajib memiliki tujuan dan kerja keras untuk meraih sesuatu. Kita berhak memiliki mimpi setinggi langit dan cita-cita yang sebebas-bebasnya, tetapi kita harus sadar bahwa untuk mewujudkannya, kita harus memenangkan ketidakpastian dan kesulitan yang meramaikan hidup kita. Setiap hari, kita harus lebih produktif untuk mencapai tujuan kita. Kita tidak boleh membiarkan kegagalan membuat kita berhenti dan menyerah. Jika suatu hari kita tidak berhasil mencapai kinerja terbaik, kita tidak boleh berhenti dan harus berusaha lebih kuat lagi untuk mewujudkan kinerja. Kita harus fokus lagi pada pekerjaan yang harus dilakukan dengan sepenuh hati. Jika kita gagal lagi, kita harus berupaya terus-menerus sampai berhasil. Hari demi hari, kita akan menemukan diri kita sudah pada jalur mencapai sukses, hingga akhirnya kita mencapai kinerja terbaik.

Ketika kehidupan mengalahkan kita dan membuat kita tidak berdaya, maka kumpulkan kedamaian di dalam hati untuk menenangkan diri. Setelah mampu menguasai diri sendiri dan memiliki kekuatan untuk bekerja lebih keras lagi, mulailah terjun kembali ke lapangan untuk menciptakan kinerja terbaik. Kegagalan dan kesuksesan adalah hal biasa, yang hebat itu adalah kita tidak pernah menyerah dalam menghadapi kegagalan dan tidak pernah berhenti untuk menciptakan rekor sukses yang lebih tinggi. Kita harus tetap bersemangat dengan tantangan selanjutnya yang dilemparkan kehidupan kepada kita. Nikmati permainan hidup dan selalu bersyukur dengan kehidupan yang dijalani. Dalam proses menuju sukses, peningkatan diukur dengan kemampuan untuk menjaga pekerjaan atau usaha di jalur menuju sukses. Kita harus menjaga tubuh, pikiran, dan emosi dalam ketenangan dan kedamaian. Kita mampu merasakan dan melihat dari hati yang paling dalam proses menuju pencapaian terbaik. Ketika pekerjaan kita terjebak dalam kegelapan dan tidak mengerti untuk mencari jalan keluar menuju terang, kita harus tetap fokus pada harapan dan upaya terus-menerus. Kita harus terus menjaga perhatian kita fokus tanpa merasa terganggu oleh kesulitan. Jangan pernah berhenti berusaha, teruslah mencoba lagi dan lagi, sampai berhasil. Kita tidak boleh berhenti di tengah proses, apa lagi menyerah untuk selamanya. Semua usaha dan perjuangan tak terhenti tersebut akan menemukan cara untuk mencapai tujuan dengan hasil terbaik.

DJAJENDRA 11022024

Discover more from MOTIVASI DJAJENDRA

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading