Emosi, Komunikasi, Kesehatan Mempengaruhi Produktivitas

“Pihak Manajemen Harus Memiliki Kepedulian Dan Perhatian Penuh Pada Emosi, Komunikasi, Dan Kesehatan Karyawan.” – Djajendra

Manajemen yang efektif selalu akan bekerja dengan berbagai cara untuk menjadikan potensi sumber daya manusianya menjadi super produktif dalam menyelesaikan pekerjaan. Tentu saja super produktif yang berkualitas baik dan yang menjawab semua tantangan organisasi, pasar, dan masa depan.

Persoalannya, ada tiga hal yang sangat sulit untuk dikendalikan oleh manajemen, sehingga upaya untuk menjadikan sumber daya manusia menjadi super produktif selalu gagal.

Ketiga hal tersebut adalah emosi individu, komunikasi dilingkungan tempat kerja, dan kesehatan individu. Ya, emosi, komunikasi, dan kesehatan sangat mempengaruhi kualitas pekerjaan. Ini bukan saja tantangan buat perusahaan, tapi juga tantangan buat setiap individu.

Bila emosi, komunikasi, dan kesehatan terganggu maka sistem, etika, prosedur, rencana, dan kebijakan akan terlihat tak berguna. Di sinilah diperlukan konsentrasi kepemimpinan atau manajemen untuk memberikan inspirasi, pencerahan, dan motivasi pada semua pihak di dalam perusahaan.

Di saat karyawan sedang dalam kondisi marah, sedih, bosan, frustrasi, depresi atau patah hati. Pimpinan dan manajemen harus turun tangan untuk mendinginkan semua emosional negatif tersebut, dan mengarahkan karyawan kepada emosional positif dan etos kerja.

Di saat karyawan sedang menderita tekanan dan mengakibatkan sakit. Pimpinan dan manajemen harus turun tangan dengan perhatian dan kepedulian, agar perasaan tertekan dan sakit si karyawan bisa cepat sembuh.

Fungsi dan peran kepemimpinan dan manajemen menjadi sangat penting untuk merawat emosi, komunikasi, dan kesehatan karyawan. Agar karyawan bisa tetap menjadi produktif untuk menghasilkan kualitas dan hasil kerja terbaik.

Di samping itu, pihak manajemen juga harus selalu memberikan pencerahan, motivasi, dan tips buat karyawan dalam menjaga emosi, komunikasi, dan kesehatan. Perhatian dan kepedulian pihak manajemen dalam meningkatkan kualitas individu karyawan akan menjadikan karyawan lebih produktif dan berkualitas.

Untuk seminar/training hubungi www.djajendra-motivator.com

Author: DJAJENDRA

Djajendra is corporate motivator. The best corporate motivator in Jakarta, Indonesia. web site: http://www.djajendra-motivator.com E-mail: training@djajendra-motivator.com E-mail: konsultasi@djajendra-motivator.com