Fakta Integritas Untuk Sebuah Kejujuran

“Fakta Integritas Hanya Akan Berfungsi Dengan Baik, Bila Pengawasan Terhadap Fakta Integritas Juga Dilakukan Dengan Integritas Tinggi.” – Djajendra

Setelah diberikan pencerahan dan motivasi tentang cara menjalankan etika bisnis di perusahaan, para karyawan dan pimpinan akan diminta untuk menandatangani Fakta Integritas. Pertanyaannya, kenapa masih perlu menandatangani Fakta Integritas, padahal dalam Panduan Etika Bisnis dan Code of Conduct telah secara jelas mengatur apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan, semuanya telah diatur dengan sangat jelas dan sangat sederhana?

Fakta Integritas adalah surat pernyataan dari masing – masing individu karyawan dan pimpinan perusahaan, untuk memiliki kesadaran etika dan moral yang sesuai dengan Panduan Etika Bisnis dan Code of Conduct perusahaan terhadap semua kepentingan stakeholders.

Biasanya, setelah selesai pelatihan etika bisnis atau good corporate governance, perusahaan akan menyiapkan selembar kertas bermaterai, yang merupakan surat pernyataan peserta pelatihan tentang kepahaman mereka terhadap Panduan Etika Bisnis dan Code of Conduct di perusahaan. Selain telah mengetahui, peserta juga harus berkomitmen untuk patuh dan jujur dalam menjalankan semua ketentuan perusahaan yang telah ada di dalam Panduan Etika Bisnis dan Code of Conduct.

Setiap kali saya memberi pencerahan dan motivasi terhadap pimpinan dan karyawan untuk menjalankan Etika Bisnis dan Code of Conduct dengan sepenuh hati; setiap kali saat saya melihat para pimpinan dan karyawan menandatangani Fakta Integritas sesuai peraturan dan ketentuan di perusahaannya. Harapan saya hanya satu, setelah menandatangani Fakta Integritas, semua peserta semoga mampu mengendalikan diri dengan kecerdasan emosional, untuk menjadi pribadi dengan integritas tinggi buat melayani semua kepentingan stakeholders secara jujur dan profesional.

Integritas sejati hanya dapat lahir dari hati yang tulus, ikhlas, bersih, dan penuh tanggung jawab untuk menjalankan sebuah kepercayaan yang diberikan oleh para stakeholders. Tanpa sikap tulus, ikhlas, bersih, dan tanggung jawab, maka sebuah Fakta Integritas hanya akan menjadi sebuah formalitas dari pelaksanaan tata kelola perusahaan yang bebas KKN. Dan hasil akhirnya, KKN akan tetap akan berjaya dalam kemasan good corporate governance palsu.

Fakta Integritas merupakan alat untuk melakukan pengawasan terhadap perilaku kerja yang harus sesuai dengan Panduan Etika Bisnis dan Code of Conduct perusahaan. Artinya, setelah pimpinan dan karyawan menandatangani Fakta Integritas, maka mereka dianggap telah sangat memahami Etika Bisnis dan Code of Conduct di perusahaan. Dan bila mereka melanggar, maka mereka juga harus siap menerima hukuman yang telah ada di dalam peraturan perusahaan.

Fakta Integritas tidak boleh sekedar menjadi alat pengawasan yang bersifat formalitas untuk memperlihatkan keseriusan perusahaan dalam menjalankan good corporate governance kepada stakeholders. Tetapi, harus menjadi alat pengawasan yang secara konsisten mengawasi semua perilaku dan etos kerja dari karyawan dan pimpinan dengan integritas.

Untuk seminar/training hubungi www.djajendra-motivator.com