Kita adalah Pemenang Sejati

“Kita ada untuk menang atas semua tantangan hidup. Kita ada untuk sukacita dan merasakan kedamaian hidup.”~Djajendra

Pemenang sejati lahir dari rahim orang-orang bermental pemenang. Jika kita terbiasa menghadapi situasi sulit dan tidak pasti dengan sikap tenang, sabar, tabah, tidak stres, dan menerima keadaan dengan ikhlas; maka, kita termasuk sebagai mental pemenang. Mental pemenang tidak akan tergelincir ke dalam stres, selalu mampu mengendalikan diri dan menerima keadaan sulit dengan pikiran positif. Kehilangan harta benda, kedudukan, dan prestasi tidak akan membuat mental pemenang menjadi mental gagal. Bagi mental pemenang kehilangan sesuatu yang sangat berharga adalah langkah awal untuk memulai perjalanan menuju pencapaian yang lebih tinggi. Mental pemenang memiliki manajemen stres yang berkualitas, sehingga kehidupan sesulit apa pun tidak akan membuatnya jatuh. Mental pemenang memahami kapan harus menggunakan keberanian untuk menghadapi keadaan dan kapan menggunakan kebijaksanaan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan. Kepribadian pemenang selalu berusaha terus-menerus dengan intensitas dan persistensi yang tak dapat dihentikan oleh apapun. Kita memiliki ketenangan dan kesabaran yang luar biasa untuk menerima penderitaan, kesulitan, kegagalan, dan kehilangan. Kita memiliki kemampuan untuk memulihkan diri dan keadaan sulit yang sedang dihadapi. Kita memiliki hidup dan tujuan untuk diperjuangkan dengan totalitas, sehingga secara konsisten berusaha untuk memenangkan kehidupan yang kita inginkan.

Kita yang memiliki mental pemenang mau menerima kekalahan dan kegagalan sebagai bagian dari proses untuk mendapatkan kemenangan dan kesuksesan. Tidak ada ruang dan waktu untuk penyesalan, ruang dan waktu hanya tersedia untuk memberdayakan diri menuju kemenangan. Dalam setiap momen secara konsisten kita menjalani hidup bersama nilai-nilai kemenangan dan bergerak maju dengan keyakinan untuk berhasil. Kita terlatih dan terbiasa untuk menghadapi orang atau situasi yang tidak menyenangkan, tanpa kehilangan semangat, dan tetap fokus pada solusi untuk kemenangan. Kita tidak suka mengkonfrontasi perbedaan yang ada, fokus kita adalah menguatkan diri sendiri dan merangkul kekuatan orang lain untuk mencapai kemenangan. Kita tidak terbiasa dan tidak punya waktu untuk berdebat tentang cara pandang dan perbedaan yang ada. Kita sadar bahwa kebiasaan konfrontasi akan melemahkan kekuatan kita dan memperburuk hubungan kita dengan orang lain. Kita menghormati dan menghargai apa pun cara pandang dan keyakinan orang lain. Kita tidak pernah ikut campur, fokus kita seratus persen untuk memberdayakan diri dalam mencapai kemenangan.

Pemenang sejati mengetahui kelemahan dan kekurangan diri sendiri, sehingga terus-menerus berlatih dan mengusahakannya untuk diperbaiki. Tidak pernah menyerah untuk memperbaiki kekurangan diri sendiri. Terus-menerus memperkuat disiplin dan daya tahan mental untuk mendapatkan kualitas diri yang siap menang. Nilai dan prinsip tertanam sangat kuat di dalam fondasi diri sendiri, sehingga tidak mudah menyerah oleh tekanan dari sumber manapun. Selalu siap menghadapi perubahan dan mau beradaptasi dengan kenyataan, tanpa kehilangan nilai dan prinsip hidup. Saat kita berada di titik terendah dan tidak mengerti apa yang harus kita lakukan, kita mampu menenangkan diri dalam sikap optimis. Kita akan menemukan pemenang sejati di dalam diri sendiri pada saat kondisi kita di tengah kebingungan. Fokuskan semua perilaku positif untuk setiap saat berada dalam perasaan dan pikiran positif. Cari kekuatan di tengah-tengah kelemahan dan biarkan kekuatan di dalam diri menjadi semakin kuat. Ketika semua jalan tertutup dan orang lain mencoba mengabaikan kita ataupun menjatuhkan kita; jangan bersedih, jangan khawatir, jangan takut, tetap tenang dalam semangat tidak pernah menyerah. Selalu merasa lebih baik dan lebih kuat untuk menghadapi kenyataan. Ketenangan, kesabaran, dan perilaku pemenang  adalah jalan untuk dapat terus bergerak di tengah ketidakpastian yang sedang kita hadapi.

Pemenang sejati sudah ada di dalam diri kita, tugas kita adalah membangun dan melengkapi kualitas untuk menghadirkan pemenang sejati ke dalam kehidupan nyata. Kegagalan hanya menjadi milik orang-orang yang menyerah dan berhenti untuk berusaha secara konsisten sampai berhasil. Kebingungan dan kegelapan pikiran muncul ketika pengetahuan dan kesadaran rendah. Kecerdasan dan pikiran diberikan untuk kita manfaatkan dalam upaya menghadirkan pemenang sejati. Semua peristiwa membawa pengetahuan untuk kita pelajari. Jadi, apa pun yang sedang dihadapi, jangan berkeluh-kesah, belajarlah untuk mendapatkan pengetahuan darinya. Tidak ada kepastian di dalam kehidupan yang sedang kita jalani. Kepastian hanya ada di dalam angan-angan kita, dalam kehidupan nyata tidak ada kepastian. Pemenang sejati lebih bahagia hidup di zona tidak nyaman, karena di zona tidak nyaman ada peluang untuk menjadi lebih sukses, sedangkan zona nyaman akan menjadikan kita tertidur tanpa mampu menjadi lebih sukses. Kesulitan hidup bukan untuk membuat kita menderita, tetapi untuk menjadikan kita lebih kuat.

Pemenang sejati menjadikan kesadaran, kecerdasan, pikiran, dan akal budi sebagai sahabat penolong untuk mencapai kemenangan. Menjalani kehidupan dengan sikap, perilaku, karakter, dan kebijaksanaan yang membuat kita mampu bertindak mencapai kemenangan. Ketika kesadaran dan kebijaksanaan kita semakin dewasa, tidak ada hal buruk yang dapat menyentuh hidup kita. Kita menjadi semakin tenang untuk menghadapi kehidupan yang bersumber dari kebaikan dan ketidakbaikan. Meskipun yang tidak baik mencoba dengan sekuat tenaga untuk mencapai kita, tetapi kita menjadi semakin bijaksana untuk memilih yang terbaik bagi hidup kita. Kita harus menjaga hati dan pikiran untuk fokus pada apa yang sedang kita perjuangkan. Hari terbaik segera datang untuk kita yang fokus dan sabar di dalam perjuangan tanpa henti untuk mencapai kemenangan. Kualitas-kualitas terbaik dari diri kita akan menghasilkan perilaku-perilaku terbaik untuk menarik kesuksesan bagi hidup kita. Kemenangan artinya setiap momen kita merasakan damai, tenang, aman, gembira, sehat, sejahtera, nikmat, dan bersyukur dengan hidup kita. Pemenang sejati adalah orang yang memenangkan hidupnya dalam semua aspek, sehingga tidak ada lagi pikiran dan perasaan tentang kekurangan.

Djajendra 23022024

Menghubungi Djajendra

e-mail. djajendra2024@gmail.com

Discover more from MOTIVASI DJAJENDRA

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading