KEBUGARAN DAN KESEHATAN ANDA ADALAH HARTA TERMAHAL YANG ANDA MILIKI

“Anda bisa membayar semua orang atau mempekerjakan banyak orang untuk membantu Anda dalam melakukan banyak hal, kecuali untuk menggantikan sakit Anda. Anda tidak dapat meminta siapapun untuk menanggung penyakit yang Anda miliki.”~Djajendra

Setelah merahi kekayaan dan ketenaran yang luar biasa, Steve Jobs harus menghadapi kenyataan dengan sakit yang tidak tersembuhkan. Pada saat berbaring sakit, Steve Jobs berkata, “ Kekayaan yang saya menangkan dalam hidup saya tidak dapat saya bawa.” Harta yang berlimpah dan fasilitas kedokteran yang hebat tidak mampu menyelamatkan Steve Jobs dari penyakitnya. Steve Jobs orang hebat, dia seorang inovator yang menghadirkan keajaiban dalam bidang teknologi. Dia telah berkontribusi luar biasa bagi kemajuan peradaban manusia. Dia seorang pemenang yang sudah memenangkan segalanya. Tetapi, ketika sakit menyerangnya, dia tidak mampu mengalahkan penyakitnya, tubuhnya semakin hari semakin lemah, dan saat itulah kesadarannya muncul bahwa kesehatan adalah harta termahal yang harus dirawat dengan serius.

Sakit berbiaya sangat mahal dan membuat hidup menjadi tidak berarti. Seperti kata Steve Jobs saat berbaring sakit, “Apa tempat tidur paling mahal di dunia? – “Tempat tidur Sakit”. Anda bisa membayar semua orang atau mempekerjakan banyak orang untuk membantu Anda dalam melakukan banyak hal, kecuali untuk menggantikan sakit Anda. Anda tidak dapat meminta siapapun untuk menanggung penyakit yang Anda miliki. Kehilangan kesehatan sama saja seperti kehilangan kehidupan. Orang-orang yang sudah sakit akhirnya harus menjual satu persatu harta-harta mereka untuk berobat. Pada waktu tubuhnya masih kuat dan sehat; orang malas berolahraga, malas berpikir positif, malas mengelola stres, malas mengendalikan marah, malas menjaga pola makan, malas tidur yang cukup, malas untuk menjalani kehidupan dari kesadaran tertinggi. Tetapi, saat sakit dan berbaring tak berdaya, barulah mereka menyadari bahwa kesehatan adalah segalanya dalam hidup ini. Kesehatan jauh lebih berharga dari pada rumah mewah, mobil mewah, kekuasaan, jabatan, dan semua materi kekayaan yang dimiliki. Saat sakit kesadaran muncul dan penyesalan pun menjadi tidak berguna lagi.

Kemakmuran dan kekayaan sejati ada di dalam kesehatan fisik dan batin. Fisik dan batin haruslah dikuatkan, dilatih agar tidak kelelahan dan menderita sakit. Gaya hidup sehat, olah raga rutin, pola makan sehat, pola pikir positif, emosi positif, tidur yang cukup, dan suara hati yang selalu bersyukur kepada Tuhan, adalah sebagian dari cara untuk menyehatkan batin dan fisik. Ketika batin dan fisik bugar dan bahagia, maka itu adalah kekuatan yang membuat diri kita hebat dalam menjalankan kehidupan yang produktif dan berkinerja tinggi.

Saat berbaring sakit, Steve Jobs berkata bahwa dia menyadari bahwa semua pujian, pengakuan, dan kekayaan yang telah dia banggakan menjadi tidak berarti dalam menghadapi kematian. Steve Jobs telah mencapai puncak kesuksesan dalam dunia bisnis. Steve Jobs adalah lambang kesuksesan, simbol keberhasilan yang luar biasa. Dia seorang pekerja keras yang telah menciptakan kekayaan dalam jumlah yang luar biasa. Steve Jobs juga berkata bahwa dia hanya memiliki sedikit kebahagiaan, dan kekayaannya hanyalah fakta kehidupan yang dia alami.

Kesehatan adalah harta yang paling penting untuk dijaga dan dirawat. Kesehatan adalah prioritas utama dalam hidup. Daya tahan tubuh yang kuat, nafas yang teratur dalam damai, suara batin dalam bahagia, pemikiran dalam ketenangan, dan emosi yang cerdas memfokuskan diri ke jalur menuju kesehatan. Hidup tidak hanya fokus untuk mengumpulkan kekayaan agar kita punya cukup uang untuk menjalankan hidup. Banyak hal penting yang harus menjadi perhatian bagi kita agar hidup kita menjadi seimbang. Seperti kata Steve Jobs, “tanpa henti mengejar kekayaan hanya akan mengubah seseorang menjadi makhluk bengkok, sama seperti saya.”

Setiap orang harus menjadi produktif dan mampu menghasilkan kekayaan, tetapi kekayaan tersebut tidak boleh mengendalikan diri kita. Bila kita sangat tergantung kepada kekayaan yang kita miliki, maka kekayaan itu akan menghadirkan ilusi, dan membuat kita tidak sadar tentang kenyataan hidup yang seharusnya kita jalani. Sehat dan bugar dalam kebahagiaan dan ketenangan hidup adalah kenyataan yang harus kita ciptakan. Kekayaan wajib kita cari, tetapi tidak boleh mengorbankan kebugaran dan kebahagiaan di sepanjang hidup.

Cintai pekerjaan Anda dan cintai diri Anda. Pekerjaan Anda dan diri sejati Anda adalah kekayaan sejati yang akan memberi Anda kesejahteraan dan kebahagiaan sejati. Ketika Anda mencintai pekerjaan Anda; ketika Anda mencintai diri sendiri dan merawat kebugarannya dengan disiplin tinggi; maka hidup Anda tidak memiliki batas untuk mencapai yang terbaik. Anda mampu mencapai ketinggian yang ingin Anda capai. Anda mampu mencapai kebahagiaan sejati. Itu semua ada di dalam disiplin dan integritas Anda terhadap gaya hidup yang Anda jalani.

Perlakukan diri Anda dengan baik. Hormatilah kesehatan Anda. Hormatilah hak tidur Anda. Hormatilah kebahagiaan hidup Anda. Jangan mengundang energi negatif ke dalam hidup Anda.

Untuk seminar/pelatihan hubungi 081213188899 / email:training@djajendra-motivator.com