PERTUMBUHAN EKONOMI SELALU DISERTAI DENGAN PERMINTAAN ATAS LAYANAN PUBLIK YANG LEBIH UNGGUL

PERTUMBUHAN EKONOMI SELALU DISERTAI DENGAN PERMINTAAN ATAS LAYANAN PUBLIK YANG LEBIH UNGGUL

“Memberdayakan Seluruh Karyawan Dan Pimpinan Untuk Mencegah Hal-Hal Negatif  Dalam Pelayanan Publik, Dan Untuk Menangkap Hasrat Dari Publik, Serta Selalu Mengamati Kekurangan Dari Pelayanan Yang Diberikan, Akan Membuat Organisasi Selalu Tumbuh Dan Menjadi Yang Terbaik.” ~ Djajendra

Ketika sebuah negara sedang mengalami pertumbuhan ekonomi yang tinggi, saat itu keramahan dalam pelayanan publik harus menjadi prioritas. Sebab, pertumbuhan ekonomi yang tinggi mencerminkan partisipasi masyarakat dalam membangun ekonomi sangat tinggi. Dan oleh karenanya, semua instansi pemerintah harus dapat merumuskan dan menyusun sebuah tata kelola layanan publik, dan menetapkan standar kualitas tertentu agar publik merasa terpuaskan dengan perilaku layanan yang berkualitas.

Perilaku dan emosional pelayanan publik yang antusias untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan publik, akan menjadi energi positif dalam mendukung pertumbuhan ekonomi negara yang pesat.

Pelayanan unggul hanya dapat diwujudkan ketika tindakan untuk mengoptimasi proses pelayanan melalui penyederhanaan pelayanan dapat diwujudkan. Tetapi, penyederhanaan layanan harus tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian, agar pelayanan yang diberikan tetap dapat dipertanggungjawabkan, serta memiliki kredibilitas dan integritas yang tinggi.

Pelayanan publik yang unggul sangat tergantung kepada keunggulan di internal instansi yang melayani publik. Bila operasional dan kerja sama di internal instansi mampu berkolaborasi secara utuh, untuk tujuan mendapatkan dan mempertahankan reputasi dan kredibilitas dalam memberikan pelayanan publik yang unggul, maka konsistensi dan optimalisasi kualitas pelayanan publik dapat diwujudkan.

Kualitas pelayanan publik oleh instansi negara sangat menentukan kepercayaan publik kepada negara. Bila instansi negara selalu memprioritaskan peningkatan pelayanan publik, maka kredibilitas dan reputasi dari kualitas pelayanan negara terhadap pertumbuhan perekonomian negara akan menjadi sangat penting dalam memenangkan persaingan ekonomi global.

Pelayanan publik yang unggul sangat tergantung kepada keunggulan budaya organisasi, dan keunggulan dari kekuatan sumber daya manusia, yang menjadi energi buat memberikan layanan di garis paling depan.

Kemampuan organisasi untuk mempertahankan energi dan moral kerja yang tinggi dari para staf pelayanan, akan membuat para staf mampu tampil luar biasa untuk berinteraksi secara efektif dan mengelola keluhan dan rasa tidak puas dengan jiwa besar dan rendah hati.

Setiap staf dibidang pelayanan harus bekerja dengan standar perilaku yang berorientasi pelayanan unggul. Di mana, mereka harus bermental jernih, ikhlas, tulus, baik hati, jujur, dan bersikap baik saat harus menyapa, berinteraksi, berkomunikasi, dan membantu pemecahan masalah untuk solusi yang etis buat publik.

Memberdayakan seluruh karyawan dan pimpinan untuk mencegah hal-hal negatif  dalam pelayanan publik, dan untuk menangkap hasrat dari publik, serta selalu mengamati kekurangan dari pelayanan yang diberikan, akan membuat organisasi selalu tumbuh dan menjadi yang terbaik.

Pelayanan publik harus dipimpin dengan penuh disiplin oleh manajer yang berkualitas. Keterpemimpinan pelayanan publik bertujuan agar manajer yang memimpin selalu tampil di depan, untuk memotivasi dan membesarkan hati para staf, sehingga perilaku pelayanan yang penuh antusias dalam sikap baik pelayanan dapat diwujudkan dengan sempurna.

Manajer pelayanan publik bertugas untuk membimbing karyawan di depan, agar karyawan di garis depan pelayanan selalu mampu menjaga dan meningkatkan kinerja pelayanan ke tingkat yang paling sempurna.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com