Menjadi Produktif Dalam Keseimbangan Hidup

“Produktifitas Yang Tinggi Hanya Dapat Dihasilkan Oleh Kepribadian Yang Optimis Dalam Sebuah Etos Kerja Yang Berkualitas.” – Djajendra

Ketika pikiran dan perasaan bersatupadu untuk menjadi lebih produktif dalam keseimbangan hidup yang lebih damai dan harmonis, maka segalanya akan terlihat mudah untuk dikomunikasikan dengan semua pihak, pekerjaan juga akan menjadi lebih efektif sesuai dalam sasaran dan target yang jelas.

Menjadi pribadi yang lebih produktif dalam keseimbangan hidup yang lebih baik, pastinya merupakan impian dari setiap orang. Persoalannya, sering sekali orang-orang pada lupa bahwa untuk menjadi lebih produktif dalam keseimbangan hidup yang harmonis diperlukan tekad, komitmen, disiplin, antusias, dan semangat yang tinggi untuk menjadi pribadi terproduktif.

Produktifitas berarti memanfaatkan waktu yang dimiliki secara optimal, untuk menghasilkan out put yang sebanyak mungkin dengan kualitas setinggi mungkin. Produktifitas berarti tidak pernah menunda-nunda pekerjaan, serta mampu untuk berkomunikasi, berkoordinasi, berkolaborasi, dan bersinergi dengan semua pihak untuk menghasilkan out put yang semaksimal mungkin. Produktifitas berarti bekerja secara efektif, kreatif, strategis, dan tepat guna terhadap setiap tindakkan untuk menghasilkan out put terbaik.

Produktifitas yang tinggi hanya dapat dihasilkan oleh kepribadian yang optimis dalam sebuah etos kerja yang berkualitas. Perusahaan yang profesional pasti akan menyiapkan sistem informasi, rencana, sumber daya, strategi, dan visi yang jelas, untuk membantu para karyawan menjadi lebih produktif dalam melakukan pekerjaannya sesuai rencana dan visi perusahaan.

Jika perusahaan tidak menjelaskan atau menggambarkan semua rencana, tujuan, strategi, dan visinya secara jelas dan terang, maka karyawan akan sering bingung untuk mengambil tindakan. Akibatnya akan sering-sering terjadi penundaan kerja, dan karyawan merasa tidak memiliki informasi yang jelas untuk menyelesaikan tugas sesuai waktu.

Perusahaan harus mendelegasikan semua target dan sasaran kerja dengan jelas dalam bahasa yang sederhana, agar para karyawan tidak berkeluh- kesah terhadap sasaran dan target kerja yang mengambang di dalam ketidakpastian. Berikan informasinya yang sangat jelas dan komunikasikan semua hal secara jelas dan sederhana.

Kembangkan sistem kerja yang mampu membantu karyawan untuk menjadi lebih produktif, untuk menyelesaikan semua tugas dan tanggung jawab dengan cepat dan tepat waktu.

Perusahaan harus menciptakan sebuah iklim kerja dalam bentuk budaya kerja, yang menciptakan keseimbangan hidup yang lebih harmonis di antara semua pihak di perusahaan. Perusahaan juga harus mengembangkan teknologi tepat guna untuk menyederhanakan dan mempermudah para karyawan dalam meningkatkan semua aspek penunjang produktifitas kerja.

Untuk seminar/training hubungi www.djajendra-motivator.com

Author: DJAJENDRA

Djajendra is corporate motivator. The best corporate motivator in Jakarta, Indonesia. web site: http://www.djajendra-motivator.com E-mail: training@djajendra-motivator.com E-mail: konsultasi@djajendra-motivator.com