Membangun Kebesaran Organisasi Membutuhkan Budaya Organisasi Yang Hebat

“Budaya Organisasi Merupakan Roh Yang Akan Menciptakan Jati Diri Organisasi Untuk Mencapai Kebesaran Organisasi.” – Djajendra

Membangun organisasi yang hebat membutuhkan budaya yang menciptakan lingkungan kerja untuk membangun kebesaran setiap orang. Bila setiap orang di dalam organisasi memiliki mental pemenang, maka organisasi akan berjalan dengan luar biasa untuk mencapai puncak sukses tertingginya. Budaya organisasi yang hebat harus bisa mendorong  perilaku kerja berkualitas; perilaku kerja berkualitas dengan kebiasaan-kebiasaan positif untuk menciptakan prestasi, kinerja, dan kebesaran organisasi.

Orang yang paling bertanggung jawab dalam membangun budaya organisasi berkualitas adalah pimpinan tertinggi. Sebab, pimpinan tertinggi memiliki kekuasaan untuk menciptakan aturan dan menegakkan aturan buat mendukung terciptanya budaya organisasi terbaik. Pimpinan tertinggi bersama-sama dengan semua orang di dalam organisasi harus membangun pola pikir kolektif dalam organisasi, untuk bisa menciptakan hal-hal hebat  dan mengatasi semua tantangan dengan kreatif dan efektif.

Budaya organisasi yang baik harus menciptakan harapan buat setiap orang dalam organisasi untuk mencapai keunggulan melalui prestasi dan kinerja terbaik. Hal ini membutuhkan para pemimpin dan manajer yang mampu mendorong motivasi dan daya juang setiap orang untuk bekerja lebih efektif, lebih bekerja keras, dan lebih rendah hati daripada orang lain dari organisasi yang lain. Artinya, setiap orang harus disadarkan bahwa keunggulan mereka akan tercapai bila mereka mampu bekerja lebih hebat dari siapa pun dan organisasi mana pun.

Budaya organisasi yang bereputasi baik akan tercipta di saat setiap orang di dalam organisasi menggunakan bakat, kecerdasan, energi, kompetensi, kualitas, potensi, dan sikap positif mereka untuk melayani tujuan dan misi organisasi dengan tulus, ikhlas, dan penuh dedikasi.

Sering sekali para pemimpin tidak terlalu percaya diri terhadap kehebatan orang-orang dalam organisasi.Oleh karena itu, para pemimpin lebih suka membawa orang-orang terbaik dari luar organisasi mereka untuk membangun kebesaran budaya organisasi mereka. Padahal bila orang-orang dalam organisasi dilatih, dicerahkan, dan dimotivasi secara terus-menerus dengan nilai-nilai inti perjuangan organisasi, maka orang-orang dalam juga bisa menjadi kekuatan yang hebat untuk menciptakan budaya organisasi terbaik. Tetapi, semua itu merupakan pilihan-pilihan yang memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing.

Para pemimpin organisasi harus bekerja lebih keras untuk bisa menemukan orang-orang  yang tepat dan yang sesuai dengan budaya organisasinya. Bila tidak, maka semua impian dan kerja keras untuk membangun budaya organisasi terbaik akan menjadi sia-sia.

Untuk seminar/training hubungi www.djajendra-motivator.com


Posted

in

,

by

Tags:

Discover more from MOTIVASI DJAJENDRA

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading