Sikap Rendah Hati Pemimpin

Pemimpin besar itu bagaikan malaikat yang penuh pengertian untuk tidak hidup dalam kesombongan, serta selalu bersikap rendah hati terhadap segala celaan dan pujian yang datang secara berlebihan. Dia seorang pemimpin yang selalu berpikir dengan cara sangat sederhana, untuk mengambil tindakan – tindakan yang berkualitas tinggi. Dia bagaikan lautan yang menampung semua aspirasi dan ide dari orang – orang disekitarnya dengan lapang dada. Dia juga selalu memiliki kepercayaan diri yang sangat tinggi dan konsisten;pribadi yang selalu terbuka buat semua bawahannya untuk berbeda pendapat.
Sikap rendah hati sang pemimpin membuatnya menjadi seorang pembelajar sejati, yang selalu melakukan interospeksi diri terhadap segala hal secara utuh. Dia tidak akan pernah mengandalkan ego dan nafsu diri secara berlebihan untuk memaksa pendapatnya diterima oleh orang lain, tapi dia selalu mendengar pendapat – pendapat yang lain sebagai bahan masukan buat sebuah keputusan yang benar dan tepat sasaran.
Sikap rendah hatinya itu menjadi modal yang kuat untuk merangkul semua kekuatan yang ada disekitarnya. Melalui sikap rendah hati yang jujur dan berintegritas tinggi, dia akan selalu menjadi pemimpin yang dipuji dan dicintai oleh semua orang.
Sikap rendah hatinya itu menjadikan dirinya sebagai panutan yang pantas untuk diteladani oleh semua orang.
Sebagai pemimpin yang dicintai, dia sangat cerdik untuk mempengaruhi dan membuat semua orang mengikuti cara – cara kepemimpinannya secara terarah.
Sebagai pemimpin yang bersikap rendah hati, dia selalu berada di depan untuk membantu semua proses kerja berjalan secara adil, jujur, terbuka, dan bertanggungjawab. Dia selalu melakukan koordinasi atas semua tugas dan tanggung jawab secara terfokus dan terkosentrasi untuk sukses. Dia adalah seorang pemimpin yang mendorong semua bawahannya bergerak secara harmonis dalam menyelesaikan semua pekerjaan dengan kinerja maksimal.
Sikap rendah hati membuat semua bawahan menghormati gaya kepemimpinannya secara tulus, dan mereka semua bekerja keras untuk memudahkan kehidupan organisasi, dalam upaya menghasilkan kinerja yang lebih optimal, melalui cara – cara kerja yang efektif dan efisien.
Sikap rendah hati sang pemimpin membuat posisinya menjadi sangat kuat. Karena dia menunjukkan praktik kepemimpinan yang tidak pilih kasih, atau pun meremehkan pihak lain, ia selalu menjaga keharmonisan dan keutuhan organisasi melalui sikap rendah hatinya tersebut.


Posted

in

by

Discover more from MOTIVASI DJAJENDRA

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading