Bekerja Dengan Visi Yang Jelas

Ikutilah pemimpin yang terus bergerak bersama visi yang terang, dan kamu akan menemukan gairah kerja tanpa batas dalam semangat pantang mundur.
Organisasi yang dinamis dan energik akan ada bila pemimpin mampu bekerja dengan cara berpikir yang terbuka, dan tindakan yang selalu diarahkan oleh visi pada sasaran yang tepat.
Pemimpin yang mau mendengar dan mau belajar biasanya mampu mengirimkan sinyal – sinyal visi dalam gambaran yang utuh dan jelas kepada semua pengikutnya. Dia sebagai pemimpin mampu menjangkau pikiran dan hati terdalam dari para pengikutnya dengan sempurna. Ketika dia menjabarkan niatnya dalam bentuk visi yang tergambar secara utuh, maka semua bawahan akan memahaminya secara jelas, dan selanjutnya mereka akan merasa pantas untuk mengikuti niat sang pemimpin mereka dengan sikap penuh hormat.
Pemimpin yang bekerja dengan visi akan selalu menjabarkan semua tujuan kerja dengan sesempurna mungkin, untuk bisa ditindaklanjuti oleh semua bawahannya. Dia akan menciptakan sebuah hubungan yang masuk akal dan relevan antara visi yang ada dengan realitas di lapangan. Dia akan bekerja keras membantu semua bawahannya untuk mengerti visi yang mereka usung, dan mampu bertindak sesuai visi, serta memiliki kemampuan untuk menggerakan organisasi secara utuh dalam pencapaian hasil kerja sesuai target yang direncanakan.
Bekerja dengan visi yang terang tidak saja diperlukan otak yang cerdas dan pikiran besar, kemampuan yang luar biasa, dan bakat yang hebat, tetapi diperlukan kesabaran dan pengetahuan yang sesuai untuk semua tujuan organisasi.
Kualitas sang pemimpin yang memungkinkan dirinya untuk menggunakan semua sikap dan pengetahuannya dengan cara yang bijaksana yang akan membuat sang pemimpin bersinar terang bersama sukses organisasi.
Sikap penuh perhatian pada realitas yang muncul akan melahirkan naluri kepemimpinan dengan kekuatan penuh untuk melihat semua aspek organisasi secara bijaksana sebelum dilakukan tindakan yang pantas dan benar.
Pemimpin yang sukses mengembangkan sasaran tertinggi organisasi untuk mencapai visi. Kesatuan pemimpin dan staf pada sasaran tertinggi, dan pada visi, akan terasa lebih kuat dengan tindakan dan komunikasi dua arah, yang dilakukan secara berulang – ulang untuk memastikan dan meyakinkan pemahaman mereka terhadap semua tindakan proses kerja yang mengarahkan mereka pada visi kerja yang benar telah tepat.
Bekerja dengan visi tidak hanya diperlukan kesatuan dalam berpikir dan bertindak, tapi diperlukan kemauan untuk terus belajar dan melatih diri dalam menghadapi tantangan – tantangan besar yang berusaha mengingkari visi yang sedang diusung tersebut.
Pemimpin haruslah bersikap seperti seorang pribadi yang cukup bijaksana untuk mengetahui hal yang seharusnya untuk ditindaklanjuti, yang cukup cerdik untuk melakukan hal – hal yang besar dan terarah, dan cukup pintar untuk mengajari para bawahan untuk mampu berpikir dan bertindak sesuai dengan visi yang ada.
Pemimpin yang bekerja dengan visi terang harus juga merangkul semua aspek kerja yang ada di dalam organisasi secara utuh dan penuh untuk menjadikan visi organisasi menyatu bersama semua orang di dalamnya.
Tidak ada sukses yang lahir tanpa memiliki visi yang jelas dan terang. Dan, tidak ada hasil optimal yang bisa dicapai oleh organisasi Anda tanpa mengaktifkan diri dari semua kekuatan manusianya untuk berkolaborasi secara efektif dalam peran pemimpin dan pengikut. Kolaborasi yang sempurna hanya akan terjadi ketika pemimpin mampu memiliki kebijaksanaan sikap dalam upaya menyatukan diri dengan semua pengikutnya.
Bekerja dengan visi seharusnya mempermudah semua aspek kerja untuk bergerak sesuai tujuan dari sasaran tertinggi organisasi.
Pemimpin yang bijak tahu kapan harus bertindak dan kapan harus berpikir, yang penting semua tindakan dan pikiran tersebut tidak liar dari visi yang ada.

Author: DJAJENDRA

Djajendra is corporate motivator. The best corporate motivator in Jakarta, Indonesia. web site: http://www.djajendra-motivator.com E-mail: training@djajendra-motivator.com E-mail: konsultasi@djajendra-motivator.com