SIKAP RAGU PEMIMPIN

Hukum kepemimpinan terpenting adalah tidak boleh ragu dalam memutuskan hal apapun, walaupun hal itu menyakitkan hati sang pemimpin, dan secara pasti setiap keputusan tersebut harus mengandung nilai keadilan yang tak berat sebelah. Sikap ragu hanya akan menghasilkan rasa kurang percaya diri dalam setiap langkah kepemimpinan, untuk bisa sampai pada misi kepemimpinannya secara mutlak.
Pemimpin profesional yang telah terlatih secara mental, fisik, pengalaman, pengetahuan, dan kebijaksanaan tinggi tidak mungkin tersesat dalam sikap ragu – ragu. Dia pasti mengetahui inti kepemimpinan sejati melalui waktu dan ruang yang membuatnya menjadi lebih bijaksana, lebih berani, dan lebih tegar dalam setiap perilaku kepemimpinan tanpa sikap ragu.
Para pemimpin dengan pengalaman dan pengetahuan yang didapat dari proses perjalanan diri mereka menuju ke kursi kepemimpinan, pastilah memiliki insting atau naluri untuk melihat apa yang sedang terjadi dengan sempurna dan benar. Itulah sebabnya sikap ragu bisa hilang dan tergantikan oleh sikap optimis yang terarah secara benar dan terukur di sepanjang waktu kepemimpinan mereka.
Sikap ragu selalu muncul oleh akibat kurangnya rasa percaya diri. Bila seorang pemimpin lemah dengan integritas kepemimpinannya, maka seribu pakar dan pengamat akan berlomba – lomba memberikan opini mereka untuk menghasilkan sikap ragu dalam hati dan pikiran pemimpin. Para tukang kritik adalah salah satu penyumbang rasa ragu terbesar ke dalam mental pemimpin. Tulisan – tulisan yang dikemas sedemikian rupa dengan nilai – nilai keraguan, yang bila dibaca oleh para pemimpin yang lemah integritas kepemimpinannya, pasti sang pemimpin akan dengan mudah terprovokasi oleh opini – opini tersebut. Dan, pada akhirnya sang pemimpin hanya akan dipimpin oleh opini, teori, konsep, dan pendapat yang mengandung nilai – nilai dari sikap ragu tersebut.
Pemimpin harus memiliki sikap tenang untuk meyakinkan dirinya tidak bekerja atas dasar provokasi dari nilai – nilai sikap ragu. Pemimpin harus sadar bahwa memimpin itu adalah bahasa komunikasi yang mengutamakan kemampuan untuk memberikan perhatian secara tulus kepada semua aspek kepemimpinan tanpa ada diskriminasi.
Sikap ragu hanya akan membuat pemimpin bergerak dengan tidak pasti, dan dirinya tidak memiliki peta jalan menuju visi kepemimpinannya dengan aman dan selamat.
Sikap ragu juga bisa dengan mudah membuat pemimpin tergelincir ke dalam lembah kebodohan. Dan, pemimpin akan hidup dalam kebingungan tanpa tahu bagaimana mencari jalan keluarnya. Sikap ragu pemimpin bisa memusnahkan semua rencana terbaik yang ada, dan sikap ragu tidak pernah membawa pemimpin kemana pun, terkecuali ke dalam lembah kebingungan.
Pemimpin harus selalu melakukan konsolidasi batin melalui meditasi kejujuran. Caranya, yaitu dengan masuk ke dalam kesunyian diri untuk berdialog dengan kebenaran sejati. Untuk itu, secara rutin 30 menit dalam setiap hari sangat penting buat sang pemimpin berada dalam kesunyian total, agar bisa melatih suara hati untuk tujuan melenyapkan sikap ragu dari memori pikiran bawah sadar.
Sikap ragu tidak pernah menghasilkan prestasi besar, tapi sikap ragu memiliki potensi melenyapkan semua potensi sukses. Pemimpin bijak mampu menjelaskan berbagai situasi dan kondisi yang sedang terjadi secara jelas, sederhana, terarah, dan bersolusi dengan jalan keluar yang pasti dan jitu. Sikap ragu tidak ada dalam kamus kepemimpinannya, sebab dia telah mengetahui semua kepastian dan mengerti untuk dikerjakan secara benar.
Sikap ragu haruslah dihentikan secara mutlak, tanpa memberi ruang hidup buatnya dalam diri Anda. Buatlah diri Anda sebagai pemimpin yang diterangi oleh cahaya optimis dan percaya diri yang tinggi. Pastikan Anda telah melenyapkan sikap ragu dari mental dan memori pikiran bawah sadar Anda untuk selama – lamanya. Pastikan Anda memimpin dengan segala kecerdasan, kecerdikan, dan kebijaksanaan yang berasal dari nilai kebaikan. Buatlah diri Anda menjadi pemimpin yang bersinar terang seperti bintang – bintang di langit, tanpa sikap ragu untuk sukses.

Untuk training dan seminar hubungi www.ninecorporatetrainer.com

Author: DJAJENDRA

Djajendra is corporate motivator. The best corporate motivator in Jakarta, Indonesia. web site: http://www.djajendra-motivator.com E-mail: training@djajendra-motivator.com E-mail: konsultasi@djajendra-motivator.com