Memimpin Membangkitkan Gairah Kerja

“Rutinitas Kerja Hanya Akan Mematangkan Keterampilan Dan Kemampuan Sebatas Apa Yang Selama Ini Dikerjakan, Tapi Tidak Mampu Menjawab Melebihi Batas Yang Ada.”- Djajendra

Memimpin perusahaan dengan efektif untuk membangkitkan gairah kerja dari semua kekuatan sumber daya manusia adalah tugas utama seorang pemimpin. Oleh karena itu, sejak awal pemimpin harus memotivasi semua kekuatan sumber daya manusia untuk meningkatkan kualitas, kompetensi, dan keterampilan kerja yang efektif, agar bisa mencapai keunggulan dalam semua aspek kehidupan organisasi, bisnis, dan sdm perusahaan.

Karyawan adalah faktor penting dalam aktivitas organisasi dan bisnis perusahaan, tanpa karyawan dan pimpinan dengan gairah kerja tinggi, maka perusahaan berpotensi kehilangan nafas untuk bisa berlari kencang dalam memenangkan kompetisi. Oleh karena itu, pemimpin tidak boleh membiarkan karyawan bekerja dengan pola pikir kebiasaan ataupun rutinitas, tapi harus melatih dan mengembangkan karyawan untuk menjawab semua tantangan dengan kemampuan dan keterampilan untuk menghasilkan kualitas kerja terbaik. Kenyataan selalu menunjukkan bahwa rutinitas kerja hanya akan mematangkan keterampilan dan kemampuan sebatas apa yang selama ini dikerjakan, tapi tidak mampu menjawab melebihi batas yang ada.

Pemimpin tidak boleh berdiam diri sambil menunggu semua pertumbuhan kepribadian karyawan terjadi begitu saja secara alamia, sebab tidak ada kualitas tanpa belajar dan latihan. Oleh karena itu, pemimpin harus secara proaktif membangkitkan gairah kerja karyawan melalui pelatihan, pembelajaran, dan pencerahan atas semua tujuan perusahaan dan pekerjaan.

Pemimpin tidak hanya mengguruhi para karyawan dengan kata – kata penuh semangat, tapi pemimpin harus menunjukkan arah dan cara untuk menghasilkan kinerja maksimal. Gairah kerja yang tinggi hanya akan muncul ketika semua orang memiliki pengetahuan dan arah tujuan yang jelas dan sederhana.

Merupakan tugas terpenting dari pemimpin untuk menjadi pembimbing dan penunjuk arah bagi perjalanan para karyawan dalam mencapai hasil kerja terbaik. Tanpa campur tangan pemimpin, maka dapat dipastikan para karyawan hanya akan sibuk dengan pola kebiasaan dalam rutinitas kerja, yang bila dibiarkan terus hanya akan menghasilkan kebosanan dan penurunan gairah kerja secara drastis.

Pemimpin harus memiliki kesadaran tentang pentingnya peran pemimpin ditengah – tengah karyawan, sebagai penunjuk arah dan sekaligus sebagai motivator dalam menjaga keutuhan gairah kerja, untuk mencapai semua misi dan visi organisasi.

Menjadi pemimpin yang membangkitkan gairah kerja bukan persoalan sulit, hanya diperlukan kemauan dan kecerdasan untuk memahami realitas hari ini dan realitas masa depan. Apabila pemimpin memiliki kesadaran akan perubahan yang terus terjadi seperti gelindingan bola salju, maka pemimpin harus memiliki motivasi yang kuat untuk melatih dan mengembangkan semua potensi sumber daya manusia dengan konsisten dan penuh tanggung jawab.

Sumber daya manusia harus selalu mendapatkan wawasan baru, pengetahuan baru, keterampilan baru, motivasi untuk menghasilkan kualitas terbaik,  kebijaksanaan dalam melihat kehidupan pribadi dan pekerjaan secara utuh dalam satu kepentingan untuk sukses.

Pemimpin harus memiliki kepedulian terhadap semua kepentingan karyawan. Tidak boleh hanya melihat kepentingan organisasi saja, tapi juga harus melihat  kepentingan setiap individu karyawan. Artinya, kehidupan ekonomi dan kenyamanan kerja karyawan harus selalu menjadi prioritas yang tidak boleh di nomor duakan.

Pemimpin yang membangkitkan gairah kerja karyawan harus memiliki insting kepemimpinan untuk membaca tanda – tanda perubahan, agar bisa mempersiapkan kekuatan karyawan sesuai dengan tuntutan dari setiap situasi dan kondisi dengan tetap menjaga gairah kerja yang tinggi dan konsisten.

Menjadi pemimpin yang membangkitkan gairah kerja harus memiliki keterampilan untuk mengelola semua aspek kehidupan kemanusiaan secara nyata, dan tidak menganggap karyawan sebagai mesin tanpa perasaan.

Gaya kepemimpinan yang menjunjung tinggi kemanusiaan dengan kecerdasan untuk membangkitkan gairah kerja, akan mampu menjadikan semua potensi dan energi dalam organisasi bekerja dengan sempurna.

Untuk seminar/training hubungi www.djajendra-motivator.com

Author: DJAJENDRA

Djajendra is corporate motivator. The best corporate motivator in Jakarta, Indonesia. web site: http://www.djajendra-motivator.com E-mail: training@djajendra-motivator.com E-mail: konsultasi@djajendra-motivator.com