Mewujudkan Pilihan Hidup dengan Sukacita

“Dunia luar tidak akan membiarkan kita berkembang menjadi diri sendiri yang bahagia. Hanya dunia di dalam diri kita yang mampu mewujudkan pilihan hidup kita dengan sukacita.”~Djajendra

Kita boleh memilih hidup yang kita inginkan dan memperjuangkannya dengan sepenuh hati. Bermimpi besar dan berpikir untuk mencapai yang terbaik itu bebas di dalam diri sendiri. Kapan pun adalah waktu yang tepat untuk menentukan pilihan bagi masa depan yang diinginkan. Apa pun pilihan yang dibuat untuk kehidupan masa depan, maka pilihan itu akan melalui sebuah proses untuk menciptakan masa depan seperti yang diinginkan. Setiap proses hidup akan melewati waktu-waktu yang menyenangkan dan waktu-waktu yang tidak menyenangkan. Kegagalan dan keberhasilan bernilai sama untuk menciptakan pilihan hidup kita. Kita juga harus siap menghadapi titik terendah dan memiliki kekuatan untuk melewati titik massa kritis. Pilihan hidup kita akan menghadapi berbagai ujian agar kita dapat banyak pelajaran hidup. Jika kita tidak siap dan tidak mau berjuang untuk mewujudkan pilihan hidup kita, maka pilihan hidup tidak akan pernah dapat diwujudkan.

Potensi di dalam diri kita adalah sumber keajaiban. Potensi kita memiliki sumber tidak terbatas dan kemungkinan yang tidak terbatas. Apa pun mungkin menjadi pilihan hidup dan dapat diwujudkan. Kita itu ada untuk bermimpi sebebas-bebasnya dan melakukan tindakkan terbaik bagi pilihan hidup kita. Pilihan hidup tidak sekedar bersumber dari kenekatan tanpa dilandasi pengetahuan yang lengkap. Kita membutuhkan pengetahuan dan cara melakukannya dengan cara belajar secara terus-menerus. Proses belajar bersifat sepanjang masa. Jangan pernah berpikir sudah mengetahui segalanya. Jika kita berpikir sudah menjadi ahli dibidang yang kita pelajari, maka itulah titik awal yang akan menempatkan kita dalam kebodohan. Kebodohan adalah tempat yang paling gelap dan kita tidak memiliki kemampuan untuk melihat hal-hal dengan benar.

Ketika kita sudah memiliki pilihan hidup, maka dibutuhkan keberanian untuk menghadapi berbagai ketidakpastian dan tantangan. Keberanian artinya kita mau melewati atau menghadapi berbagai bahaya dan ancaman di sepanjang proses mewujudkan pilihan hidup. Menghadapi ketidakpastian dan tantangan berarti kita harus berani mengambil risiko dan bekerja dengan disiplin. Saat bekerja dan melakukan berbagai tindakan di dalam risiko, maka kita harus selalu berhati-hati dan tidak boleh grasa-grusu. Sikap sabar, tenang, dan bijak diperlukan agar tidak jatuh dalam kegagalan yang parah. Kesadaran dan kebijaksanaan dapat mengubah nasib untuk mencapai yang terbaik dari risiko-risiko yang sedang dihadapi. Pilihan hidup bukanlah sesuatu yang dapat dimiliki atau dinikmati tanpa proses panjang. Kita pasti melewati rute-rute yang belum pernah kita lewati, sehingga diperlukan ketenangan dan pengetahuan agar tidak salah memilih rute. Jika kita salah memilih rute, maka perjalanan kita akan semakin lama dan panjang untuk mencapai pilihan hidup. Kita juga harus selalu berhati-hati dan memiliki etika dalam melalui setiap rute.

Ketika sudah memiliki pilihan hidup, maka masuklah ke dalamnya dan mulai segala sesuatu dengan langkah pertama. Kehadiran kita dalam proses untuk mewujudkan pilihan hidup adalah langkah awal yang baik. Jika kita sudah dalam proses mewujudkan pilihan hidup, maka segala tantangan harus dihadapi dengan tenang dan kreatif. Ketika kita sulit menemukan jalan atau cara untuk mewujudkan pilihan hidup, maka kita perlu lebih tenang dan mau belajar dengan sabar sampai kita menemukan jalannya. Kita memiliki kontrol yang penuh untuk menjalani proses menuju pilihan hidup. Kita bisa memilih bagaimana menjalani proses untuk mencapai pilihan hidup. Kita bebas untuk merasakan kebahagiaan dengan hidup yang kita pilih. Jadi, biasakan untuk fokus ke dalam diri dan berkembang menjadi pribadi yang diinginlan. Dunia luar tidak akan membiarkan kita berkembang menjadi diri sendiri yang bahagia. Hanya dunia di dalam diri kita yang mampu mewujudkan pilihan hidup kita dengan sempurna.

Pilihan hidup bersumber dari kesadaran diri kita sendiri. Kita harus betul-betul bangkit dari dalam diri sendiri, sehingga tidak ada yang dapat mengendalikan atau mencegah kita untuk menjalani hidup sesuai dengan pilihan kita. Jika pilihan hidup kita bergantung atau menunggu keputusan orang lain, maka kita tidak akan pernah memilikinya seperti yang kita inginkan. Jangan membiarkan orang lain memberikan ilusi dan merampas pilihan hidup yang kita inginkan. Hidup kita ditentukan oleh cara kita berpikir, merasakan, dan menikmati segala sesuatu dengan rasa syukur. Jika kita selalu bersyukur dan berterimakasih kepada kehidupan yang kita jalani, maka setiap saat kita dapat menjalani dengan dengan gairah dan penuh semangat. Kebahagiaan dan kedamaian hidup kita ada di dalam akal budi kita untuk memilih buah pikiran yang baik bagi kita. Kita wajib untuk menjauhi buah pikiran yang buruk dan merugikan hidup kita. Perlu dipahami bahwa kita harus belajar untuk mengerti bahwa hidup kita ini untuk bahagia. Menjadi bahagia, sehat, sejahtera, dan damai memerlukan kesadaran untuk memahami diri sendiri. Di dalam diri kita masing-masing sudah ada sumber kebahagiaan, kedamaian, ketenangan, kesejahteraan, dan kesehatan. Kalau kita cerdas dan bijak, maka kita akan mencarinya ke dalam diri kita sendiri.

Hiduplah dalam momen ini dengan sukacita, manfaatkan kekuatan pikiran positif dan kecerdasan untuk membawa kita menuju pencapaian terbaik. Realitas kita tercipta setiap milidetik dari dalam diri kita sendiri. Kita harus sadar untuk memiliki pengalaman, persepsi, emosi, dan suara hati yang dihasilkan dari prasangka baik kita. Prasangka baik atau pikiran positif kita adalah kunci untuk memiliki realitas hidup yang bahagia dan damai. Setiap keputusan, sikap, perilaku, dan ucapan kita harus dapat menciptakan realitas seperti hidup yang kita pilih. Jadi, diri kita harus menjadi raja di dalam hidup kita. Kita harus memimpin pikiran dan kecerdasan kita agar menghasilkan buah-buah yang baik bagi hidup kita, kita harus memimpin akal budi kita agar dapat memilih buah pikiran berkualitas untuk membahagiakan hidup kita, dan kita harus dapat menanam benih-benih terbaik di alam bawah sadar kita. Semua peristiwa hidup yang sudah pernah kita lalui harus dianggap sebagai pelajaran yang indah bagi hidup kita, sehingga alam bawah sadar kita dapat menyimpan pengalaman indah dari proses hidup yang kita jalani.

Kita dapat menciptakan hidup kita sesuai pilihan kita. Kita juga setiap saat dapat menciptakan realitas kita yang damai dan bahagia. Tidak perlu mencari kemana-mana di dalam diri kita sudah ada semua yang dibutuhkan untuk kebahagiaan. Dunia luar kita adalah kekuatan yang ingin menguasai kita dan mendapatkan keuntungan dari keberadaan kita. Kekuatan di luar diri kita menciptakan ketakutan agar kita dapat dikontrol sesuai pemikiran mereka. Kita dimanipulasi dengan berbagai informasi yang bertujuan untuk membuat kita bergantung pada mereka. Kita tidak mungkin sepenuhnya terlepas dari pengaruh dunia luar kita. Kehidupan sosial kita akan mempengaruhi pengalaman dan pemikiran kita. Jadi, tidak mudah untuk menjadi diri sendiri yang utuh dan kuat.  Kesadaran kita untuk membuat realitas dari energi positif akan membuat kita dapat terhindar dari pengaruh buruk dunia luar.

Djajendra 14022024

Menghubungi Djajendra.

email. djajendra2024@gmail.com

email. motivasidjajendra@djajendra-motivasi.com

Youtube. http://www.youtube.com/@DJAJENDRAMOTIVASI

Discover more from MOTIVASI DJAJENDRA

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading