PELATIHAN KOLABORASI PROGRAM 1 HARI 2018

PELATIHAN KOLABORASI PROGRAM 1 HARI 2018

DESKRIPSI

Kolaborasi dikaitkan dengan tindakan bekerja sama untuk menghasilkan sesuatu yang direncanakan. Di tempat kerja, setiap karyawan, suka atau pun tidak suka haruslah mampu bekerja sama dengan karyawan lain, termasuk dengan orang-orang yang dianggap sebagai pesaing atau pun yang tidak menyenangkan hati. Disiplin dan tanggung jawab dalam kolaborasi biasanya terekspresi melalui sikap, perilaku, kebiasaan, etos, karakter, gaya hidup, etika, etiket, dan moral. Orang-orang yang cerdas berkolaborasi di tempat kerja memiliki sikap profesional dan konsisten untuk melayani perusahaan dengan sepenuh hati.

Di perusahaan, setiap karyawan di tempatkan di dalam struktur organisasi, kemudian harus menjalankan fungsi kerja yang berbeda untuk mencapai satu tujuan bersama. Dalam hal ini, pengaturan kerjasama diantara semua fungsi kerja diatur melalui SOP, sehingga walaupun tidak memiliki hubungan langsung, tetapi semua orang bekerja bersama-sama menuju tujuan bersama. Inti dari kolaborasi adalah melalui unit kerja dan fungsi kerja yang berbeda, setiap individu harus mampu menampilkan kerja sama yang profesional dalam satu visi dan satu budaya kerja.

Program pelatihan kolaborasi selama satu hari ini ditujukan untuk para karyawan pemula ( level junior). Peserta akan belajar tentang cara beradaptasi dengan budaya perusahaan; mempraktekkan cara kerja dengan budaya formal dan non formal di perusahaan; mempraktekkan kolaborasi dan kerja tim; mempraktekkan kemampuan bekerja sama dengan perbedaan dan perselisihan yang berpotensi muncul dalam setiap situasi kerja; mempraktekkan komunikasi dengan atasan, rekan kerja, dan semua orang di tempat kerja; mempraktekkan etika dan etiket; mempraktekkan tanggung jawab dan manajemen waktu yang baik.

METODOLOGI

Fokus pada Pelatihan Aktif, Presentasi, Interaktif, Diskusi Kelompok, Brainstorming, Bermain Peran, Berpikir Kreatif, Simulasi, Belajar dalam Kompetisi Permainan, Studi Kasus, Latihan, Bimbingan(Coaching),Counseling, Diskusi, Perenungan, Experiential Learning, Icebreaker.

TUJUAN

  1. Membekali peserta untuk memiliki mental dan perilaku positif dalam kolaborasi di tempat kerja.
  2. Memberikan pengetahuan dan cara mempraktekkan etos kerja, budaya kerja, integritas, dan karakter kerja yang profesional.
  3. Membekali peserta untuk beradaptasi dengan budaya perusahaan dan mampu berkomunikasi dengan setiap orang dalam segala aspek kehidupan kerja.

MANFAAT

  1. Memahami cara berkolaborasi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan.
  2. Memahami apa itu budaya perusahaan dan mampu menyatu dalam budaya perusahaan untuk mencapai kinerja terbaik.
  3. Memahami manfaat dan konsekuensi dari kolaborasi yang tinggi atau rendah untuk sebuah organisasi.
  4. Membangun dasar karakter kerja dan kepribadian  yang kuat untuk bisa menjalankan kehidupan profesional di tempat kerja.

GARIS BESAR MATERI KOLABORASI PROGRAM 1 HARI

  1. Kolaborasi: kepatuhan dan disiplin dalam bekerja bersama menuju tujuan bersama.
  2. Memahami kolaborasi sebagai etos untuk bekerja bersama dan menyelesaikan proses bersama.
  3. Hubungan kolaborasi dengan akuntabilitas, integritas, dan tanggung jawab individu.
  4. Kolaborasi merupakan bagian terpenting dari budaya organisasi dan budaya kerja.
  5. Memiliki karakter kerja yang cerdas membangun hubungan yang dipercaya oleh klien, pemegang saham, karyawan, manajemen, dan pemangku kepentingan lainnya.
  6. Memahami apa itu etika bisnis, kode etik perilaku, good governance, SOP, dan moral individu yang tinggi di dalam perusahaan.
  7. Mampu bekerja dalam budaya perusahaan yang formal dan non formal.
  8. Mampu bekerja dengan jujur dan mengakui kesalahan.
  9. Menghindari konflik dan rasa curiga kepada siapa pun.
  10. Selalu bekerja dengan memiliki sasaran dan fokus untuk mencapai kinerja terbaik.
  11. Cara menjadi karyawan yang profesional dan selalu berprestasi di tempat kerja.

Untuk Seminar/Pelatihan Hubungi: 0812 1318 8899 / Email: training@djajendra-motivator.com