KEKUATAN MEMAKSAKAN DIRI UNTUK MENCAPAI YANG DIINGINKAN

DJAJENDRA“Bila tidak memaksakan diri untuk perubahan, Anda tetap akan hidup selamanya di zona nyaman. Dan, tidak akan pernah tahu batas kemampuan atau kehebatan Anda yang sebenarnya.”~Djajendra

Anda sangat penting dan berharga untuk hidup Anda. Anda mampu menentukan kekuatan optimal dari potensi diri Anda. Anda menguasai jiwa, raga, pikiran, emosi, dan kekuatan terdalam diri Anda. Jadi, Anda sangat bisa untuk memaksa semua potensi terbaik dari dalam diri Anda, untuk mewujudkan semua keajaiban hidup yang Anda inginkan. Anda unik, Anda hebat, Anda mampu, Anda sangat berharga untuk hidup Anda sendiri.

Paling mudah belajar tentang kekuatan memaksakan diri adalah di gym (FitnessCenter). Setiap peralatan di gym memiliki beban mulai dari yang paling ringan sampai dengan yang paling berat. Biasanya, seseorang yang berniat membesarkan otot tubuh, ataupun membakar lemak tubuh yang berlebihan, akan berlatih dengan cara memaksakan dirinya. Membuat dirinya benar-benar sangat tidak mampu mengangkat beban terberat atau melakukan sesuatu yang paling berat pada sesi akhir. Untuk membesarkan otot tubuh diperlukan peningkatan berat beban secara berkelanjutan. Artinya, kalau sudah bisa angkat beban 20 kg, harus dipaksa angkat 23 kg, dan seterusnya harus memaksa diri agar mampu mengangkat beban yang lebih berat dari sebelumnya. Di gym kita bisa melihat langsung contoh dari semangat memaksakan diri yang luar biasa. Orang-orang yang berniat atau sangat termotivasi untuk membesarkan otot tubuh, ataupun untuk melangsingkan tubuhnya, akan bekerja sangat keras, sangat memaksakan dirinya dengan berbagai latihan yang tidak mudah. Kekuatan memaksakan diri memberikan hasil yang menakjubkan, menciptakan keajaiban. Seseorang yang awalnya sangat kurus kering, bisa memaksakan otot-otot tubuhnya untuk tumbuh dan membentuk tubuh seperti yang dia inginkan. Demikian juga, seseorang yang lemak tubuhnya sangat berlebihan, sehingga mengancam kesehatan dirinya, mampu memaksakan lemak tubuhnya hancur lebur, sehingga dia dapat memiliki tubuh yang seksi dan ideal.

Memaksakan diri berarti mampu melewati batas-batas ketidakmampuan, dan mendorong diri untuk menciptakan rekor baru kemampuan, lalu secara terus-menerus dan berkelanjutan mampu mendorong diri sendiri melampaui apa yang sedang dilakukan. Orang-orang yang tidak pernah memaksakan dirinya tidak akan pernah tahu batas kemampuannya. Semua orang, siapapun dia, dari manapun asal-usulnya, dia memiliki kekayaan yang sangat luar biasa di dalam dirinya. Dia hanya perlu memiliki kebiasaan hidup, untuk memaksakan dirinya di dalam rutinitas sehari-hari agar tidak terjebak di dalam zona kenyamanan. Dia harus bermental pemenang dan mampu memaksakan dirinya, untuk melakukan hal-hal terbaik agar kemenangan yang diinginkan dapat diraih.

Kebanyakan orang tidak mau memaksakan dirinya untuk mendapatkan keinginan atau cita-citanya. Mereka sangat takut melangkah, karena pikiran mereka sudah menggambarkan jalan penderitaan yang harus ditempuh, saat memaksakan diri untuk sesuatu yang kelihatannya tidak mungkin. Oleh karena itu, hanya jiwa yang ikhlas menderita atau ikhlas melewati masa-masa penderitaan, yang bisa menggunakan kekuatan memaksakan diri. Jelas, memaksakan diri pasti harus melewati berbagai potensi risiko, dan juga harus keluar dari zona kenyamanan hidup. Artinya, memaksakan diri akan melewati sebuah pola kehidupan baru, pola kehidupan di luar batas-batas kebiasaan lama.

Memaksakan diri berarti hidup melampaui batas kemampuan. Misal, batas kemampuan Anda 100 juta, tapi Anda memaksakan diri menjadi 200 juta. Anda tidak menunggu keadaan menjadi seperti yang Anda inginkan. Tetapi, Anda secara proaktif mendorong diri Anda melampaui zona kenyamanan Anda, serta melakukan segala sesuatu yang berisiko untuk mewujudkan keinginan dan kebutuhan Anda. Di sini, Anda perlu mental yang mengatakan kepada diri sendiri bahwa Anda bisa melewatinya, bisa melakukannya, bisa menanganinya, bisa menemukan cara terbaik, bisa memenangkannya.

Mulailah belajar kekuatan memaksakan diri dengan hal-hal rutin kehidupan Anda. Lalu, secara bertahap tingkatkan untuk mewujudkan impian, obsesi, cita-cita, keinginan, dan karya kehidupan lainnya. Setiap bangun pagi katakan kepada diri sendiri bahwa Anda akan melakukan hal-hal yang melampaui kemarin. Bermimpilah setinggi-tingginya, lalu dorong diri Anda, paksa diri Anda, untuk bergerak atau bertindak, walau itu masih dalam ukuran seinci. Ingat! Langkah seinci pasti tidak terlihat oleh mata, tetapi dia akan berakumulasi menjadi meter dan kilo meter.

Musuh utama dari kekuatan memaksakan diri adalah kekuatan untuk membuat alasan ataupun kekuatan untuk menunda-nunda. Jadi, jangan biarkan alasan apapun menghentikan atau menghambat kemajuan hidup Anda. Tingkatkan rasa percaya diri, tingkatkan keyakinan Anda, dan mulai sekarang gunakan kekuatan memaksakan diri, untuk mendorong potensi dan kekayaan sejati dari dalam diri Anda keluar, dan memberikan yang terbaik untuk kebaikan hidup Anda dan orang lain.

Hidup bukan untuk duduk pasif dengan menunggu peristiwa kehidupan memaksa Anda untuk melampaui batas-batas Anda. Jadilah proaktif, jadilah berani, jadilah rendah hati, jadilah bertindak. Hidup hanya sekali jangan habiskan dengan pasif dan menunggu sesuatu yang tak jelas. Bergeraklah dan beranikan diri bermain-main dengan risiko, temukan jalan hidup yang mampu membawa Anda menuju impian dan mewujudkan semua keinginan Anda. Anda ajaib, Anda luar biasa, Anda mampu melampaui batas-batas yang mengikat Anda pada saat ini, asal Anda mau melewati waktu-waktu tersulit, dan ikhlas melewati jalur penderitaan.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com