PENGUATAN SELF-MANAGEMENT DENGAN SOFT SKILLS

“Ilmu-mu adalah sayap-mu, wawasan-mu adalah sayap-mu, keterampilan-mu adalah sayap-mu, kecerdasan-mu adalah sayap-mu. Burung-burung pun sangat percaya pada kekuatan sayap-nya, sehingga mereka tidak pernah takut untuk hinggap atau tidur di ranting yang rapuh. Belajarlah dari burung tentang rasa percaya dirinya dengan sayap yang dia miliki. Dirimu juga harusnya sangat percaya diri dan sangat produktif dengan apa-apa yang sudah engkau miliki saat ini.”~Djajendra

Kemampuan untuk mengelola diri sendiri menentukan jati diri. Anda mau jadi apa, mau jadi siapa, ditentukan oleh kemampuan Anda untuk mengelola diri sendiri sesuai arah dan kehendak Anda. Kemampuan untuk mengelola diri sendiri harus diikuti dengan penguatan keterampilan teknis kehidupan kerja, penguatan keterampilan untuk terhubung dengan orang-orang, dan penguatan keterampilan konseptual agar Anda bisa bekerja dengan ide-ide hebat Anda.

Self management berarti mampu memanajemani potensi diri dan realitas diri, untuk digunakan buat kehidupan yang lebih baik dan lebih sehat. Self management juga harus mampu menjadi kekuatan yang meningkatkan kompetensi diri, meningkatkan segala atribut dan kualitas penampilan diri, meningkatkan kepemimpinan diri, meningkatkan pemahaman atas pengalaman hidup dan pengalaman karir, serta menjadi kekuatan yang mampu menciptakan pengaruh pada lingkungan tempat diri hidup dan bekerja.

Seperti kata orang bijak bawah seekor burung yang duduk di ranting pohon tidak pernah takut rantingnya patah, karena kepercayaannya tidak pada ranting atau cabang pohon tersebut, tetapi pada sayapnya sendiri. Jadi, self management bertujuan membentuk diri Anda agar selalu lebih percaya pada kekuatan yang ada di dalam diri sendiri, bukan terlalu percaya pada apa-apa yang Anda miliki, atau pada kekuatan yang ada di luar diri Anda.

Setelah self management menguat di dalam diri, diri akan memiliki keterampilan pemecahan masalah yang sangat kreatif, kemampuan untuk mendefinisikan masalah, serta kemampuan untuk mengumpulkan informasi agar diri bisa dengan penuh keyakinan menghasilkan solusi yang hebat.

Manajemen diri yang baik menghasilkan kemampuan intelektual yang kaya wawasan dan pengetahuan; menghasilkan kemampuan kognitif yang sangat kreatif dan cerdas; menghasilkan keterampilan pemecahan masalah yang kreatif; menghasilkan kemampuan konseptual dengan ide-ide hebat; menghasilkan keterampilan kehidupan sosial yang cerdas dan penuh toleransi; serta menghasilkan keunggulan diri dengan gairah, kemauan, motivasi, dan daya tahan yang hebat untuk menjalani kehidupan dengan penuh percaya diri.

Seseorang dengan manajemen diri yang baik (self management) memiliki kecakapan yang hebat dalam penyelesaian pekerjaan atau kegiatan yang diberikan kepadanya. Dia juga akan menguatkan kemampuan analitis, kemampuan untuk menggunakan alat-alat kerja dengan baik dan profesional. Dia juga menjadi sangat cerdas dan terampil untuk terhubung di semua level kehidupan manajemen organisasi, sehingga dirinya mampu menjadi energi positif yang menghadirkan kolaborasi untuk sukses.

Self management menjadikan seseorang sangat terampil mengelola dan terhubung dengan orang lain. Intinya, orang yang hebat dalam self management secara otomatis akan hebat dalam man management, sehingga dia memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk bekerja dengan orang-orang. Keterampilan man management memungkinkan seseorang untuk bekerja dalam kelompok dengan sangat berkualitas, termasuk mampu terhubung dengan siapapun dalam waktu singkat, untuk menghasilkan karya dari sebuah tujuan bersama.

Manajemen diri yang konsisten menjadikan seseorang sangat percaya diri dan mandiri, sehingga dirinya tidak pernah khawatir tentang apapun dari sebab-akibat yang ditimbulkan oleh hal-hal di luar dirinya. Kekuatan hidupnya ada di dalam dirinya sendiri, dan bukan ditentukan oleh kekuatan dari luar dirinya.

Self management memampukan seseorang untuk mengelola segala sesuatu dengan berkualitas. Apapun realitas kehidupan yang sedang dihadapi, dia mampu berperan aktif untuk menangani segala sesuatu dengan cara-cara hebat.

Self management akan menjadikan seseorang ahli dalam membuat rencana tindakan; membuat seseorang ahli dalam mengelola kelelahan; membuat seseorang ahli dalam mencerdaskan emosi, sehingga dia mampu menangani emosi yang sulit menjadi bahagia; membuat seseorang ahli dalam menjaga kesehatan fisik dan membuatnya mudah untuk mendapatkan kembali kebugaran; menjadikan seseorang andal dan hebat dengan pekerjaannya; membuat seseorang hebat dalam berkomunikasi dan berkolaborasi dengan siapapun dan kapanpun; dan membuat seseorang kaya dengan etos kerja, serta cerdas bekerja dengan cara-cara profesional dengan tata kelola yang sehat.

Self management secara otomatis menguatkan soft skill seseorang. Hal ini membuat dirinya memiliki kepribadian yang hebat, sehingga dia menjadi orang yang ramah, optimis, tutur kata yang sopan, kebiasan pribadi yang positif, perilaku dan perbuatan yang penuh tanggung jawab, dan juga menjadikan dirinya energi positif dimanapun dia hadir atau berada.

Penguatan self management dengan soft skill menjadikan seseorang hebat dengan etos kerja yang andal, hebat dengan sikap positif dan optimis, hebat dengan komunikasi yang baik dan berkualitas, hebat dengan kemampuan manajemen waktunya, hebat dengan keterampilan pemecahan masalah, hebat bekerja dan berkarya dalam tim yang andal, hebat dengan rasa percaya diri di dalam kerendahan hatinya, hebat dalam kemampuannya untuk belajar dan menerima kritik dan umpan balik apapun dengan ikhlas, hebat dalam adaptasi dan memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi, serta selalu hebat bekerja dengan baik di bawah tekanan dan tuntutan yang tinggi oleh harapan yang berlebihan.

Self management menjadikan seseorang kuat dengan dirinya sendiri, dan andal dalam menuntaskan tugas dan tanggung jawab dengan sempurna dan profesional.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com