MENINGKATKAN MENTAL TIM PEMENANG

002 dj

“Menjaga mentalitas tim pemenang bukanlah persoalan yang sederhana. Kemenangan selalu memberikan kegembiraan yang lebih. Kemenangan selalu berpotensi membuat seseorang terlalu puas, sehingga lalai untuk menjadi lebih disiplin dan kreatif.” ~ Djajendra

Setelah menang jangan terlalu lama larut dalam kemenangan, siapkan kembali kekuatan dan kecerdasan untuk meningkatkan kemenangan berikutnya.

Perusahaan-perusahaan pemenang selalu menjaga tim pemenangnya supaya cerdas meningkatkan kemenangan. Mereka tidak bekerja untuk mempertahankan kemenangan, tetapi menyiapkan diri dengan lebih baik untuk kemenangan berikutnya.

Menjaga sikap rendah hati dan meningkatkan energi kreativitas, adalah sebagian dari karakter “The Winning Team”. Tim pemenang merupakan akumulasi dari kekuatan tanggung jawab pribadi. Tim pemenang isinya adalah orang-orang yang bekerja untuk prestasi dan kinerja. Mereka tidak pernah memiliki niat untuk sekedar mempertahankan sebuah kemenangan, tetapi selalu menjadi lebih kreatif, untuk meningkatkan kemenangan timnya dengan rekor yang lebih tinggi.  

Mental tim pemenang adalah aliran energi kreatif yang tidak pernah berhenti. Mereka selalu memiliki kebutuhan dan keinginan untuk menghasilkan pencapaian terbaru. Mereka selalu hidup dalam ruang kerja yang sangat kreatif dan kolaboratif. Mereka selalu tumbuh dan berkembang di dalam mindset, yang menempatkan masa depan sebagai tempat yang lebih baik. Tim pemenang berkarya untuk menang, bekerja untuk menang, dan bernafas untuk menang.

Dari pengalaman, saya memahami bahwa perusahaan-perusahaan yang selalu unggul dalam bisnisnya, adalah perusahaan-perusahaan yang paling peduli untuk meningkatkan kualitas tim pemenangnya. Dalam ini, manajemen perusahaan tersebut selalu mengingatkan para pemenang untuk bersikap rendah hati, dan selalu belajar dengan lebih kreatif. Manajemen perusahaan sangat mengakui bahwa timnya adalah tim juara, yang sudah sangat luar biasa kinerjanya, baik secara nasional maupun secara internasional. Tetapi, mereka juga sangat sadar bahwa para pesaingnya sedang menyiapkan diri dengan lebih hebat untuk menjadi pemenang dalam kompetisi berikutnya.

Menjaga mentalitas tim pemenang bukanlah persoalan yang sederhana. Kemenangan selalu memberikan kegembiraan yang lebih. Kemenangan selalu berpotensi membuat seseorang terlalu puas, sehingga lalai untuk menjadi lebih disiplin dan kreatif.

Beberapa waktu yang lalu, saya menemukan rasa khawatir dari seorang pemimpin terhadap timnya yang sudah menjadi yang terbaik secara global. Pemimpin yang khawatir tersebut adalah seorang general manager dari sebuah perusahaan multinasional yang menguasai pasar terbesar. Rasa khawatirnya adalah, dia takut timnya terlalu senang dan merasa paling hebat. Dia mengakui bahwa timnya itu sudah luar biasa dalam hal pencapaian prestasi dan kinerja. Tetapi, dia sadar bahwa perasaan terlalu senang dan merasa paling hebat, adalah kelemahan yang berpotensi merugikan perusahaan di masa depan. Perasaan paling hebat akan menggiring seseorang ke wilayah wawasan sempit, sehingga orang tersebut akan kehilangan akal dan kreativitas untuk  bisa lebih berprestasi.

Budaya kerja yang baik adalah yang menanamkan sikap rendah hati, untuk dapat meningkatkan kemampuan secara berkelanjutan. Jadi, walaupun para anggota tim sudah memberikan yang terbaik di setiap momen kerja mereka, tetaplah harus patuh dan disiplin untuk mengikuti pembinaan yang meningkatkan kualitas. Jangan sampai perasaan bangga dan menang menghilangkan kesadaran untuk meningkatkan rasa tanggung jawab yang lebih kepada stakeholders.  Jangan sampai semua yang dirasakan berlebihan menjadikan diri tinggi hati dan lepas kontrol.

Dunia bisnis adalah dunia inovasi dan kinerja. Setiap bisnis yang kehilangan inovasi dan kinerja, akan kehilangan daya saing untuk mengikuti kompetisi bisnis yang lebih tinggi. Oleh karena itu, setiap orang yang bekerja untuk bisnis, haruslah menjadi pembelajar seumur hidup, haruslah dari waktu ke waktu meningkatkan kualitas dan kapasitas untuk menjadi lebih berhasil.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com