PERILAKU MENYALAHKAN ORANG LAIN AKAN MENURUNKAN KEUNGGULAN DIRI

PERILAKU MENYALAHKAN ORANG LAIN AKAN MENURUNKAN KEUNGGULAN DIRI

“Ketika Anda suka menyalahkan orang lain, Anda akan kehilangan waktu untuk belajar dari orang lain, dan Anda juga akan kehilangan momentum untuk perubahan.” ~ Djajendra

Sikap yang suka menyalahkan orang lain akan menjadi kekuarangan atau penghambat dalam mencapai kesuksesan yang lebih.

Saat diri tidak memiliki kesadaran, saat itu sikap negatif akan menciptakan emosional dari perasaan yang suka menilai kekurangan orang lain, dan tidak mampu melihat kelebihan yang ada.

Bila diri terbiasa hanya untuk menilai kekuarangan orang lain, maka diri juga akan terbiasa untuk menyalahkan orang lain, untuk segala sesuatu yang tidak mampu dikendalikan oleh diri.

Kehidupan diri dengan kebiasaan yang suka menyalahkan orang lain, akan menurunkan kecerdasan intelektual dan juga kecerdasan emosional. Dampaknya, diri akan membawa sifat sombong untuk melewati realitas sehari-hari, hal ini akan menciptakan rasa sakit dan penderitaan emosional buat diri tersebut.

Sikap suka menyalahkan orang lain adalah cerminan diri yang tidak memiliki tanggung jawab.

Menyalahkan adalah sesuatu yang melempar ke orang lain dan wujud dari sifat yang tidak mau bertanggung jawab. Dibutuhkan sebuah pencerahan untuk mengubah diri negatif menjadi diri positif. Sebab, selama sikap atau sifat yang suka menyalahkan orang lain, dan suka mencari-cari kekurangan orang lain, maka saat itu diri sesungguhnya sedang menjadi pribadi negatif yang menghindari tanggung jawab.

Diri yang negatif selalu akan terjebak dalam kehidupan yang suka menyalahkan. Biasanya, dalam setiap percakapan diri akan membicarakan kekurangan dari orang lain; dalam setiap komentar diri hanya suka melihat kekurangan dan memberikan komentar untuk menyalahkan orang lain. Sikap negatif ini akan mengurangi rasa syukur dan terima kasih diri kepada orang lain.

Saat diri kehilangan rasa syukur dan terima kasih kepada orang lain, saat itu diri akan mudah marah kepada orang lain.

Marah itu adalah sesuatu yang normal, tetapi marah yang dihasilkan dari diri negatif bukanlah sesuatu yang normal. Diri yang negatif pasti menciptakan marahnya dari ketidakmampuannya dalam mengendalikan realitas hidupnya.  

Kebiasaan yang suka menyalahkan dan melihat kekurangan akan membuat diri merasa seolah-olah diri yang paling benar dan paling banyak tahu.

Saat diri merasa paling benar dan paling banyak tahu, saat itu diri akan dikelola oleh kekuatan sombong, yang pada akhirnya akan membuat diri merasa tidak puas dengan hasil kerja ataupun kehidupan orang lain. Hal ini akan menjadi sumber utama stres di dalam diri.

Kebahagiaan dan keindahan hidup ada pada orang-orang yang melihat kelebihan dan kehebatan orang lain. Lalu, menjadikannya sebagai inspirasi dan motivasi buat kemajuan diri sendiri.

Saat diri ikhlas, tulus, berjiwa besar, dan sadar akan kelebihan-kelebihan orang lain; saat itu diri akan memiliki kepribadian yang tenang dalam kumpulan kekuatan positif,  dalam kekuatan diri sendiri yang mengendalikan emosi dan perilaku di dalam sifat dan sikap baik.

Bila saat ini Anda suka menyalahkan orang lain ataupun lebih suka menilai kekuarangan orang lain, daripada melihat kelebihan-kelebihan yang mereka miliki, maka saatnya Anda mulai melatih pikiran Anda untuk merespon hal-hal dengan pikiran positif.

Saat Anda sudah terlatih untuk berpikir positif, berbicara positif, menilai dengan positif, melihat hal-hal hebat dari orang lain, mampu mendengarkan hal-hal hebat dari orang lain, serta merasakan hidup Anda berjalan di atas nilai-nilai positif yang membesarkan hidup Anda dan hidup orang-orang lain. Ketika itu, Anda akan memegang kendali atas hidup Anda dan menjadi pribadi positif, yang cerdas melihat kehebatan dan keunggulan dari setiap potensi orang lain.

Jika Anda sudah cerdas melihat kehebatan dan keunggulan dari orang-orang lain, maka Anda akan menjadi pribadi yang cerdas memanfaatkan semua keunggulan orang lain tersebut buat memajukan diri Anda, dan juga diri dari orang-orang hebat di sekitar Anda.

Perilaku yang suka menyalahkan orang lain akan menjadikan Anda tidak cerdas untuk memanfaatkan kehebatan dan keunggulan yang ada di dalam potensi orang lain. Akibatnya, hidup Anda akan berlalu dengan kekurangan dari orang-orang yang suka Anda salahkan.

Setiap orang yang Anda temui pasti memiliki sesuatu kelebihan yang mungkin Anda butuhkan untuk kemajuan. Dengan memiliki cara berpikir positif dan intuisi untuk melihat kelebihan dari orang yang Anda temui, maka Anda pasti akan mendapatkan sesuatu yang baik buat meningkatkan kemampuan Anda.

Hidup yang suka menyalahkan dan suka melihat kekurangan akan menyebabkan stres.

Apa yang Anda berikan kepada kehidupan akan kembali kepada Anda berlipat kali dari yang Anda berikan. Bila Anda suka memberikan kesalahan dan kekurangan kepada kehidupan, maka kehidupan pun akan memberikan kesalahan dan kekurangan berlipat kali kepada Anda.

Hiduplah dari kelebihan dan kebenaran.

Lihatlah kelebihan-kelebihan dari setiap orang. Lihatlah kebenaran-kebenaran dari setiap orang. Lihatlah kehebatan-kehebatan dari setiap orang. Dan semua yang Anda lihat itu akan membuat pilihan hidup Anda menjadi lebih sehat untuk meningkatkan kesejahteraan hidup Anda.

Masa depan yang hebat selau dimulai dari kemampuan untuk melihat potensi-potensi hebat dari orang-orang di sekitar, lalu dikoordinasikan untuk dikolaborasikan buat menciptakan nilai tambah yang lebih besar untuk kehidupan yang lebih sejahtera.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com