PELATIHAN EMOTIONAL INTELLIGENCE PROGRAM 2 HARI 16 JAM

PELATIHAN EMOTIONAL INTELLIGENCE PROGRAM 2 HARI 16 JAM

 

EMOTIONAL INTELLIGENCE AND SQ

Peningkatan Kepribadian Karyawan untuk Mengelola Emosi Cerdas, Integritas,

Moral Hazard, Sikap Positif, Mental, dan Cara Menghadapi Orang Lain dengan Cerdas Emosi

Video pelatihan djajendra: http://www.youtube.com/user/MrDjajendra

DSCN9113 

PAPARAN RINGKAS TENTANG EMOTIONAL INTELLIGENCE

Pelatihan selama dua  hari ini berfokus pada peningkatan kompetensi  emotional intelligence personal skills dan emotional intelligence interpersonal skills. Peserta akan belajar cara mencerdaskan emosi diri sendiri untuk mengelola sisi dalam diri sendiri, dan juga mencerdaskan emosi diri sendiri untuk menghadapi orang lain dengan sikap baik. Materi untuk personal skills terdiri atas kompetensi untuk memahami diri sendiri, kesadaran diri, manajemen diri, motivasi diri, penanganan rasa takut,  peningkatan kualitas integritas diri, pembentukan kualitas moral positif, sikap positif, penanganan rasa marah, dan lain sebagainya yang terkait untuk mengelola sisi dalam diri sendiri. Materi untuk interpersonal skills terdiri atas kompetensi interaksi dan komunikasi dengan orang lain, kesadaran sosial, kecerdasan sosial, empati, toleransi, pengaruh, dan lain sebagainya yang terkait dalam berhubungan dengan orang lain.

EMOTIONAL INTELLIGENCE UNTUK PERSONAL SKILLS

Pelatihan Emotional Intelligence for personal skills Difokuskan Untuk Pengembangan Kepribadian Karyawan Dibidang Self-Awareness, Self-Management Self-Motivation, Anger Management,Handling Fear.

DESKRIPSI   EI – PERSONAL SKILLS

Orang-orang yang menguasai pengetahuan dan cara menjalankan kecerdasan emosional akan memainkan peran penting dalam kehidupan individu. Sejumlah tantangan kompetensi dalam kecerdasan emosional berhubungan dengan keterampilan pribadi. Kesadaran diri dan analisis diri secara signifikan dapat membantu Anda untuk memahami mengapa Anda melakukan apa yang Anda lakukan dan apa yang dapat Anda rubah dalam diri Anda untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Termasuk, kemampuan untuk merespon, berinteraksi, dan memahami orang lain dengan lebih baik.

Pelatihan Kecerdasan Emosional ini akan fokus pada keterampilan pribadi dengan menggunakan berbagai contoh, studi kasus, contoh percakapan dan teknik untuk menguasai setiap kompetensi kecerdasan emosional. Peserta akan belajar tentang cara menghormati diri sendiri, harga diri, siklus perilaku, berpikir positif vs negatif, penanganan ketakutan, mengelola perasaan marah, terbuka dan tidak menyimpan masalah dalam hati, tidak memelihara emosi dendam, motivasi, suara hati, firasat dan sebagainya. Tujuannya adalah untuk mengubah sudut pandang peserta yang mungkin telah terbiasa menggunakan perilaku tertentu tanpa menyadari efek positif dan negatif dari perilaku tersebut bila digunakan pada orang lain. Pelatihan ini akan meningkatkan kesadaran diri sendiri, dan membantu peserta untuk secara signifikan mengubah perilaku dengan menggunakan teknik yang sederhana namun efektif saat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

KONSEP DASAR  EI – PERSONAL SKILLS

Pelatihan  ini mengandung konten tentang bagaimana cara seseorang untuk menangani reaksi negatif diri sendiri dan membuat diri berkembang bersama emosional yang baik. Keluarga, teman dan rekan bisa menjadi penghambat atau pendorong  untuk menjadikan seseorang cerdas secara emosional. Tetapi, kemampuan diri sendiri untuk menangani reaksi dengan emosi baik akan membantu seseorang untuk tumbuh dengan menjadi lebih cerdas secara emosional.

TUJUAN PELATIHAN   EI – PERSONAL SKILLS

Membangun kompetensi kecerdasan emosional dari sisi keterampilan pribadi. Peserta akan mendapatkan cara melakukan perubahan perilaku untuk menunjukkan atau merawat emosional diri sendiri. Tujuan lain dari pelatihan ini adalah memungkinkan peserta untuk berpikir tentang interaksi masa depan mereka dengan cara baru, untuk meningkatkan keterampilan komunikasi mereka dan mendapatkan lebih banyak keuntungan dari kehidupan.

MANFAAT PELATIHAN  EI – PERSONAL SKILLS

Peserta akan mempelajari bagaimana kompetensi kecerdasan emosional mampu meningkatkan kualitas hidup dan membantu peserta dalam meraih prestasi di tempat kerja.

Peserta akan belajar cara menganalisa perilaku diri sendiri, mengatur reaksi dari orang lain, dan menciptakan  perilaku yang seimbang dalam menjalani peran kehidupan.

Peserta akan belajar cara mengadopsi strategi untuk mencegah masuknya emosi negatif ke dalam diri dan cara mengganti pikiran yang merusak dengan pikiran yang kuat.

Peserta akan belajar cara mengubah pikiran dan mentalitas negatif untuk berpikir positif dan mengurangi kekhawatiran.

Peserta akan belajar  tentang hal-hal yang diperlukan untuk bisa percaya pada diri sendiri dan cara untuk mendapatkan motivasi.

Peserta akan belajar cara menangani perasaan takut, perasaan marah,  dan cara untuk meningkatkan harga diri.

Peserta akan belajar cara membantu orang lain dengan  meminimalkan konflik emosional dan mengelola hubungan.

Peserta akan belajar tentang manfaat kecerdasan emosional untuk kesehatan fisik dan mental.

EMOTIONAL INTELLIGENCE UNTUK INTERPERSONAL SKILLS

Pelatihan Emotional Intelligence For Interpersonal Skills Difokuskan Untuk Meningkatkan Kualitas Empati Melalui Interaksi Dan Komunikasi Sesama Karyawan, Pimpinan, Dan Kolega; Meningkatkan Kualitas  Komunikasi Verbal Dan Non Verbal, Perilaku Kerja Yang Etis Dan Berintegritas, Manajemen Konflik, Manajemen Politik Kantor, Pengaruh, Kesadaran Sosial, Kecerdasan Sosial, Dan Emosi Positif Untuk Saling Membantu Di Tempat Kerja.

DESKRIPSI  EI – INTERPERSONAL SKILLS

Apakah Anda pernah berpikir untuk menjadi pribadi panutan yang penuh empati dan bijak dalam interaksi kerja dan mampu menghadirkan perasaan damai dan nyaman di hati orang lain. Bila pernah berpikir seperti itu, maka pelatihan kecerdasan emosional program interpersonal skills ini sangat sesuai dengan kebutuhan Anda. Pelatihan ini akan membuat Anda mengetahui apa yang harus Anda lakukan, dan bagaimana berkomunikasi dengan orang lain melalui empati yang beretika. Anda akan dilatih untuk memiliki keterampilan emosional agar Anda dapat menjalani interaksi dan komunikasi dengan siapa pun dalam perasaan nyaman. Pengalaman hidup selalu memberikan bukti bahwa logika berpikir, persepsi, keyakinan, dan nilai-nilai kehidupan dari orang-orang yang ditemui selalu sangat beragam. Oleh karena itu,  Anda perlu mengetahui cara menavigasi secara efisien setiap interaksi dan komunikasi Anda dengan siapa pun. Dan, dalam pelatihan ini Anda akan mempelajari keterampilan dan nilai-nilai yang bisa membuat Anda selalu cerdas secara emosi dalam setiap interaksi di tempat kerja, baik dengan pimpinan, sesama teman kerja, bawahan, dan stakeholder lainnya.

Program pelatihan kecerdasan emosional ini akan fokus secara sangat spesifik pada keterampilan interpersonal, sehingga peserta dapat mengeksplorasi topik untuk meningkatkan kualitas kompetensi kecerdasan emosional melalui kecerdasan sosial dan komunikasi. Khususnya dalam aspek seperti empati, perhatian, keragaman, perbedaan, membangun hubungan baik, pengertian kepada persepsi orang lain, pengaruh, toleransi, kolaborasi, perilaku etis, integritas diri untuk saling menghormati, bertindak untuk kebaikan perusahaan, dan lain sebagainya. Peserta akan dilatih untuk mengeksplorasi berbagai metode untuk menangani situasi interaksi dan komunikasi sehari-hari ditempat kerja dan menemukan metode apa yang terbaik untuk mereka. Berbagai contoh seperti pertemuan bisnis, interaksi dengan teman, rekan kerja, manajer atau bahkan dengan para pesaing.

KONSEP DASAR EI – INTERPERSONAL SKILLS

Perilaku dan emosional manusia sangatlah beragam, diperlukan kompetensi kecerdasan emosional untuk memahami keragaman emosional dan perbedaan pola pikir dalam setiap interaksi. Berita baiknya adalah bahwa setiap orang bisa melatih kecerdasan emosionalnya untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain dalam kendali emosional baik.

TUJUAN PELATIHAN  EI – INTERPERSONAL SKILLS

Memberikan pengetahuan, keterampilan, dan kesadaran kepada karyawan untuk memiliki empati dan perilaku kerja yang etis dalam integritas diri yang diperkaya oleh kecerdasan emosional dari sisi interpersonal atau hubungan antar pribadi.

MANFAAT PELATIHAN  EI – INTERPERSONAL SKILLS

Peserta akan belajar tentang dasar-dasar kompetensi kecerdasan emosional interpersonal skills.

Peserta akan belajar untuk memahami pentingnya interaksi dan komunikasi positif dengan orang lain dan apa yang diperlukan untuk menjalin hubungan positif yang penuh empati.

Peserta akan belajar cara berkomunikasi dengan kekuatan empati dan memperkuat hubungan melalui tata krama yang etis dengan orang lain.

Peserta akan belajar cara mengakui orang lain dan meningkatkan kontribusi dalam setiap hubungan.

Peserta akan belajar untuk tidak mengecilkan harga diri orang lain.

Peserta akan belajar cara menggunakan perilaku positif  yang etis untuk menjalin hubungan kerja dengan teman dan atasan melalui sinyal langsung dan bawah sadar emosi positif.

Peserta akan belajar cara bertindak sesuai dengan target yang diinginkan dan menampilkan sisi karismatik diri secara berkualitas.

Peserta akan belajar cara mengendalikan pengaruh orang lain dan mengelola emosi pelarian atau emosi liar, serta memandu interaksi dan komunikasi untuk saling menghormati dan tidak saling menyakitkan.

Peserta akan belajar cara memonitor hubungan dirinya dengan orang lain dan menyadari konsekuensinya.

Peserta akan belajar cara mengendalikan politik kantor dan konflik.

METODOLOGI PELATIHAN

Pelatihan Aktif, Presentasi, Interaktif, Diskusi Kelompok, Brainstorming, Bermain Peran, Berpikir Kreatif, Simulasi, Studi Kasus, Icebreaker.

JADWAL DAN MATERI PELATIHAN

DAY 1/HARI 1

PK. 08.00 s.d. 08.15 WIB. SESI: ENERGIZER

Sub Bahasan

Ice breaking/yel-yel

Motivasi

Penjelasan tentang kegunaan dan manfaat pelatihan

Memahami konsep adult learning

MATERI PELATIHAN PERSONAL SKILLS

PK 08.15 s.d. 09.45 WIB. SESI 1: SELF-AWARENESS + SELF MOTIVATION

Pembahasan Self Awareness (Kesadaran Diri)

Perilaku dan ciri orang dengan kesadaran diri

Siklus perilaku pikiran, perasaan dan implikasinya

Jujur dan akurat dalam mengukur kesadaran

Sadar untuk memahami nilai, tujuan, motif, emosi dasar

Memahami diri sendiri dan meningkatkan kualitas diri

Meningkatkan harga diri Anda

Menganalisis dan menyeimbangkan kehidupan untuk memastikan tidak ada yang diabaikan

Pembahasan Self Motivation (Motivasi Diri)

Orang-orang sukses selalu lebih termotivasi daripada yang lain

Mentalitas untuk meraih keberhasilan dan kesuksesan

Keberanian dan keunggulan orang-orang sukses dalam sejarah

Membuat diri Anda selalu termotivasi

Berani untuk keluar dari zona kenyamanan Anda

Berani bertindak untuk perubahan

Teknik dan cara memotivasi diri sendiri

Disiplin dan motivasi untuk sukses

Pk 09.45 s.d. 10.00 WIB: Coffee Break/Istirahat

PK 10.00 s.d. 12.00 WIB. SESI 2: SELF-MANAGEMENT

Pembahasan Self Management (Manajemen Diri)

Manajemen diri melalui prinsip dan nilai kehidupan positif

Mencegah masuknya nilai-nilai negatif ke pikiran bawah sadar

Meningkatkan kualitas diri melalui manajemen waktu

Work life balance

Manajemen kesehatan diri

Moral hazard

Manajemen sikap positif

Cara menggunakan mentalitas positif

Visualisasi dan internalisasi kata-kata positif

Manajemen hati nurani

Cara mengotomatisasi berpikir positif di dalam diri

Penanganan reaksi emosional

Akar penyebab reaksi dan artinya bagi Anda

Cara mencari dan memberikan dukungan

Strategi terbaik untuk menangani perlawanan orang lain untuk pertumbuhan Anda

Pk. 12.00 s.d. 13.00 WIB: Lunch Break/Istirahat

PK 13.00 s.d. 14.30 WIB. SESI 3: ANGER MANAGEMENT + HANDLING FEAR

Pembahasan Anger Management ( Manajemen Marah)

Memahami bahaya emosi marah untuk kemajuan karir

Urutan peristiwa yang menyebabkan agresi atau marah

Cara mengontrol kemarahan

Permintaan maaf dan kekuatan pengampunan

Pembahasan Handling Fear ( Penanganan Rasa Takut)

Mengatasi takut karena konflik, kehilangan identitas, kurangnya keamanan

Menggunakan rasa takut sebagai alat motivasi

Jenis ketakutan dan cara menanganinya

Mengelola emosional takut melalui kepercayaan diri

Akar penyebab takut dan artinya bagi kemajuan diri

Membangun ketahanan diri untuk mengatasi rasa takut

Pk 14.30 s.d.14.45 WIB: Coffee Break/Istirahat

PK 14.45 s.d. 16.30 WIB. SESI 4: SPIRITUAL QUOTIENT ( SQ) DAN INTEGRITAS PRIBADI 

Pembahasan SQ dan Integritas Pribadi ( Kecerdasan Spiritual dalam Integritas Pribadi) 

Kekuatan rasa syukur dan terima kasih

Melayani perusahaan dengan hati

Pengabdian dan kontribusi

Membangun rasa cinta kepada perusahaan

Kejujuran

Keterusterangan

Tanggung jawab

Kedewasaan

Kepercayaan

Kesetiaan

Kerja keras

Anti korupsi

DAY 2/HARI 2

PK 08.00 s.d. 10.00 WIB. SESI 5: SOCIAL INTELLIGENCE + SOCIAL AWARENESS

Pembahasan Social Intelligence (Kecerdasan Sosial)

Memahami apa itu kecerdasan sosial

Mengendalikan sinyal emosional sosial dari stakeholders

Memahami penularan emosi sosial di tempat kerja dan dikehidupan sosial Anda

Emosi stakeholders dalam hubungan sosial dengan perusahaan

Memahami kegagalan komunikasi sosial  

Kekuatan pengetahuan  etika sosial

Kesadaran emosional sosial

Diversity/ keragaman

Pembahasan Social Awareness (Kesadaran Sosial)

Memahami apa itu kesadaran sosial

Cara membangun hubungan baik

Membebaskan emosi diskriminasi

Kehidupan yang saling bertanggung jawab

Cara mencapai perhatian bersama

Psikologis kontak mata

Perilaku etis adalah modal sosial

Cara bereaksi terhadap orang-orang yang mengekspresikan emosi negatif dan  implikasinya

Pk 10.00 s.d.10.15 WIB: Coffee Break/Istirahat

PK 10.15  s.d. 12.00 WIB. SESI 6: EMPATI DAN TOLERANSI DALAM PEKERJAAN

Cara menampilkan empati dalam pekerjaan dan kehidupan

Cara menampilkan simpati dan toleransi

Menggunakan empati untuk kolaborasi kerja

Empati untuk memahami orang lain

Empati untuk melayani perusahaan

Empati untuk memahami keinginan orang lain

Disiplin dan integritas menghasilkan empati

Batas-batas empati dan toleransi di tempat kerja

Empati dan toleransi dalam memperkuat soliditas kerja

Empati untuk membantu staf, pimpinan, nasabah, dan stakeholders lainnya.

Teknik verbal atau nonverbal yang cocok untuk menunjukkan empati

Berkomunikasi dengan empati dan membuat komunikasi itu empatik

Pk. 12.00 s.d. 13.00 WIB: Lunch Break/Istirahat

PK 13.00 s.d. 14.30 WIB. SESI 7: KECERDASAN EMOSI DALAM KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL

Pembahasan Komunikasi Verbal dan Non Verbal

Pemahaman dasar komunikasi verbal dan non verbal

Cara berbicara dengan emosi cerdas

Cara menulis surat atau email dengan emosi cerdas

Cara mendengarkan dengan emosi cerdas

Cara membaca dengan emosi cerdas

Cerdas emosi dalam mengatur alur, akting, karakter, ekspresi, dan sifat dalam komunikasi

Mempermudah proses penyampaian pesan inti dalam komunikasi

Cerdas berkomunikasi secara persuasi dengan mengikuti aturan dan etika

Bahasa tubuh yang cerdas emosi

Sentuhan komunikasi dalam tata krama

Memahami kekuatan parabahasa dalam interaksi dan komunikasi

Penampilan fisik

Pk 14.30 s.d.14.45 WIB: Coffee Break/Istirahat

PK 14.45 s.d. 16.00 WIB. SESI 8: PENGARUH DARI LUAR DIRI DAN DAMPAKNYA DALAM MENGELOLA KECERDASAN EMOSI DIRI

Pembahasan Pengaruh Melalui  Kecerdasan Emosional

Memahami peran dan jenis pengaruh

Menentukan kekuatan pengaruh

Taktik persuasi untuk pengaruh

Memahami risiko pengaruh menular dalam kerumunan

Pedoman perilaku pengaruh

Menggunakan pengaruh untuk merubah perilaku

Menggunakan pengaruh untuk merubah risiko menjadi peluang

Karakteristik orang-orang berpengaruh

PK 16.00 s.d. 17.00 WIB. SESI PENUTUP – Cara Memanfaatkan Materi Emotional Intelligence & SQ dalam Rutinitas Pekerjaan dan Kehidupan Pribadi + Pembagian Sertifikat Kehadiran

Untuk pelatihan hubungi:

PT. DJAJENDRA MOTIVASI UNGGUL

Centerflix Boutique Office

Jl.Danau Toba No.104, Jakarta Pusat, 10210

Telepon: (021) 5701505 – (021) 32849777 – (021) 32168111

Hp: 0812 8777 083.  Fax: (021) 5738105

Website:http://djajendra-motivator.com

E-mail:training@djajendra-motivator.com


Posted

in

by

Tags:

Discover more from MOTIVASI DJAJENDRA

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading