PELATIHAN GCG & GCG CHARACTER BUILDING – DJAJENDRA

Video pelatihan djajendra: http://www.youtube.com/user/MrDjajendra

PELATIHAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE & CHARACTER BUILDING  – PROGRAM 1 HARI 10 JAM

 DESKRIPSI

Praktik good corporate governance bertujuan untuk memaksimalkan shareholders values, dan nilai-nilainya bertujuan untuk menghindarkan perusahaan dari berbagai risiko yang berasal dari internal dan eksternal perusahaan. Komitmen SDM dan kepemimpinan perusahaan untuk menjalankan nilai-nilai good corporate governance secara konsisten dan penuh tanggung jawab, akan mampu menjauhkan perusahaan dari berbagai masalah dan risiko yang mungkin muncul di setiap proses kerja.

Program pelatihan ini akan menyatukan persepsi tentang maksud dan arti dari penerapan good corporate governance di tempat kerja; menjelaskan fungsi good corporate governance sebagai budaya perilaku kerja dalam wujud nilai-nilai kerja berdasarkan transparansi, etis, jujur, adil, berintegritas, bermoral, serta bertanggungjawab dalam setiap proses dan tanggung jawab di tempat kerja; membangun mindset peserta untuk selalu melengkapi diri dengan pengetahuan kecerdasan emosional, agar nilai-nilai dan prinsip good corporate governance bisa lebih terinternalisasikan ke dalam perilaku dan kebiasaan kerja.

Peserta akan disadarkan bahwa melalui tata kelola berbasis good corporate governance, panduan etika bisnis, dan kode etik kerja; perusahaan berpotensi menjadi kuat dan sehat, dengan menghindarkan diri dari berbagai ancaman risiko, yang mungkin dapat menggerogoti potensi sukses perusahaan.

KONSEP DASAR

Membangun interprestasi dari Good Corporate Governance sebagai konsep yang memiliki prinsip-prinsip dasar untuk tata kelola perusahaan yang mematuhi etika, peraturan, hukum, kebijakan, strategi, moralitas, taktik,  misi, visi; dalam memaksimalkan nilai tambah pemegang saham, baik itu secara finansial maupun secara non finansial. Kemudian, menginternalisasikan prinsip-prinsip GCG ke dalam mindset dan perilaku peserta, untuk dapat dijalankan secara konsisten di setiap proses dan tanggung jawab kerja, dalam satu persepsi dan interprestasi bersama.

TUJUAN PELATIHAN

Tujuan utama program pelatihan Interprestasi Good Corporate Governance selama 1 hari ini adalah sebagai berikut.

1. Membangun kesadaran untuk mempraktikkan good corporate governance buat menjaga daya tahan perusahaan dalam menghadapi berbagai macam tantangan, baik itu yang berasal dari internal maupun eksternal perusahaan.

2. Menyatukan persepsi dan interprestasi tentang penerapan good corporate governance kepada semua penanggung jawab proses kerja.

3. Menginternalisasikan nilai-nilai dan prinsip-prinsip good corporate governance, untuk dijadikan budaya dan kebiasaan dalam menuntaskan tugas dan tanggung jawab.

4. Membangun kesadaran untuk memasukkan prinsip-prinsip GCG dalam penerapan integrasi dan kolaborasi kerja, baik secara fungsional maupun  secara structural.

5. Memotivasi kesadaran peserta untuk memiliki satu pemahaman dan satu bahasa dalam menginterprestasikan prinsip dan nilai GCG.

6. Membuat karyawan lebih termotivasi untuk mengembangkan perilaku kerja yang lebih etis, serta selalu bekerja searah dengan semangat manajemen dalam menjalankan budaya berbasis Good Corporate Governance.

7. Membuat karyawan lebih termotivasi untuk menjadi bagian integral dari setiap perencanaan perusahaan dalam menjalankan GCG secara konsisten, serta selalu menyiapkan kualitas dan kompetensi diri untuk tujuan pengembangan budaya GCG di organisasi.

8. Membuat karyawan termotivasi untuk membangun kesadaran melalui kecerdasan emosional, agar dapat bertindak sebagai energi positif organisasi untuk menciptakan budaya GCG seperti yang diinginkan oleh manajemen.

9. Membuat karyawan termotivasi untuk pertumbuhan pribadi dan profesional pribadi melalui tata kelola perusahaan yang etis.

10. Membuat karyawan termotivasi untuk menciptakan budaya organisasi melalui nilai-nilai dan prinsip-prinsip GCG.

11.Karyawan akan dimotivasi untuk memperkuat kepribadian dan mindset, untuk dapat menjalankan tugas, tanggung jawab, dan proses  melalui tata kelola organisasi berprinsipkan budaya GCG.

MANFAAT PELATIHAN.

  1. Peserta diperkenalkan untuk memahami prinsip – prinsip GCG.
  2. Peserta belajar menjalankan prinsip GCG dalam satu persepsi dengan fungsi dan peran kerja yang berbeda.
  3. Peserta belajar mempersiapkan checklist GCG untuk diterapkan di unit kerja atau departemen masing-masing.
  4. Peserta belajar membangun disiplin dan tanggung jawab melalui integritas pribadi, untuk menerapkan prinsip dan nilai GCG di setiap proses kerja.
  5. Peserta akan diberikan pencerahan untuk memahami realitas stakeholders melalui logika, hati nurani, kebenaran, kejujuran, dan kehormatan.
  6. Peserta akan dimotivasi untuk menyiapkan karakter diri pribadi yang selaras dengan prinsip-prinsip GCG, etika bisnis, dan code of conduct perusahaan.
  7. Peserta akan mendapatkan tips dan trik untuk menuju etos kerja yang diperkaya dengan nilai-nilai GCG. Termasuk, dapat mendiskusikan semua persoalan dan tantangan kerja, untuk mendapatkan inspirasi dan motivasi dari pembicara.

METODOLOGI PELATIHAN

Pelatihan Aktif, Presentasi, Interaktif, Diskusi Kelompok, Brainstorming, Bermain Peran, Berpikir Kreatif, Simulasi, Studi Kasus, Icebreaker.

TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM

Melalui pelatihan ini, peserta diharapkan:

  1. Memahami dan mampu menjalankan peran, fungsi tugas, dan jabatan sesuai dengan prinsip-prinsip good corporate governance, beserta panduan etika bisnis secara sempurna.
  2. Mampu mengoptimalkan peran diri dalam unit kerja atau struktur organisasi untuk menciptakan tata kelola perusahaan yang taat etika.
  3. Menguasai keterampilan dan pengetahuan untuk menjalankan budaya perusahaan berbasis good corporate governance.
  4. Mampu menjalankan nilai-nilai dan prinsip-prinsip good corporate governance sebagai perilaku sehari-hari di tempat kerja.
  5. Menguasai pengetahuan kecerdasan emosional dan mampu mengendalikan diri dari perilaku tidak etis dan budaya kerja yang tak mematuhi prinsip-prinsip good corporate governance.

MATERI PELATIHAN

SESI 1: PENGERTIAN DAN KONSEP DASAR GCG

SUB BAHASAN:

  1. Konsep Dasar GCG
  2. Pemahaman Good Corporate Governance
  3. Maksud Dan Tujuan Good Corporate Governance
  4. Peran Good Corporate Governance Dalam Bisnis
  5. Karakteristik Good Corporate Governance
  6. Peran Direksi Dalam Melaksanakan GCG
  7. Peran Pemegang Saham & Direksi Dalam GCG
  8. GCG Sebagai Praktik Untuk Mengamankan Kepentingan Stakeholder
  9. Cara Merancang Kebijakan GCG
  10. Cara Menegakkan Kebijakan GCG
  11. Cara Menerapkan GCG
  12. Peran Direksi Independen Dalam GCG
  13. Mekanisme Corporate Governance

SESI 2: PRAKTIK GOOD CORPORATE GOVERNANCE MEMBANGUN INTEGRITAS PRIBADI

SUB BAHASAN:

  1. Manfaat tata kelola perusahaan untuk pemegang saham, karyawan, pimpinan, manajemen, dan stakeholder lainnya.
  2. Perilaku melalui kesadaran diri untuk menginternalisasikan prinsip-prinsip good corporate governance; seperti transparansi, responsibilitas, fairness, independensi, akuntabilitas, integrity, loyalty, dan ethics ke dalam diri sendiri.
  3. Memahami kekuatan inti good corporate governance dalam kepentingan terbatas dan dalam kepentingan yang sangat luas.
  4. Siklus perilaku pikiran dan perasaan dalam kehidupan etis.
  5. Jujur dan akurat dalam mengukur kesadaran diri sendiri untuk menjalankan prinsip-prinsip good corporate governance, panduan etika bisnis, dan kode etik.
  6. Memiliki kesadaran diri yang tinggi untuk memahami nilai, tujuan, motif, dan semangat dari pelaksanaan good corporate governance dan etika bisnis.
  7. Meningkatkan kualitas diri dengan merawat keseimbangan diri melalui pengendalian diri, untuk berperilaku etis dalam menjalankan prinsip-prinsip good corporate governace.
  8. Mentalitas untuk keberhasilan, teknik, dan cara untuk memotivasi diri sendiri, agar bisa sukses menjalankan nilai-nilai dan prinsip-prinsip good corporate governanace.

SESI 3: PERAN KEBIJAKAN, SISTEM, PROSEDUR, ETIKA, DAN KEPEMIMPINAN DALAM IMPLEMENTASI GOOD CORPORATE GOVERNANCE

SUB BAHASAN:

  1. Peran kebijakan dalam GCG.
  2. Sistem dan Prosedur Dalam GCG.
  3. Peran Kepemimpinan Dalam GCG.
  4. Peran Etika Kerja Karyawan Dan Etika Bisnis Dalam GCG.
  5. Prinsip-prinsip dasar etika bisnis. Filosofi etika dan moral.
  6. Tujuan Etika bisnis dalam tata kelola perusahaan.
  7. Etika bisnis sebagai fundamental GCG – tata kelola perusahaan.
  8. Etika bisnis untuk pengungkapan kebenaran berdasarkan peraturan.
  9. Hubungan antara etika dan hukum dalam menjalankan etika bisnis.
  10. Menggunakan kode etik saat melakukan bisnis dengan stakeholder.
  11. Kode etik mempromosikan standar perilaku kerja yang tinggi.
  12. Pengaruh pemerintah, konsumen,  lingkungan, komunitas, karyawan, manajemen, dan pemegang saham dalam menjalankan etika bisnis secara profesional.
  13. Memperlihatkan perilaku kerja yang etis untuk membuat stakeholder semakin mempercayai kredibilitas dan reputasi perusahaan.
  14. Prinsip-prinsip good corporate governance untuk merawat nilai-nilai etika bisnis.

SESI 4: TANGGUNG JAWAB INTERNAL AUDIT DALAM MENGAWASI GOOD CORPORATE GOVERNANCE

SUB BAHASAN:

  1. Peran dan fungsi internal audit dalam menjalankan budaya good corporate governance.
  2. Auditor menjalankan tugas berdasarkan audit program yang terfokus kepada hal-hal strategis, berbasis risiko, masukan dari manajemen, fleksibilitas, dan tetap dalam independensi.
  3. Auditor bekerja untuk menegakkan kebenaran dan kewajaran atas prinsip-prinsip good corporate governance, panduan etika bisnis, dan kode etik perusahaan, tanpa mengganggu proses kerja siapa pun, dan tetap menjaga hubungan baik dengan semua pihak.

SESI 5. GOOD CORPORATE CITIZENSHIP – MEMBANGUN KEPRIBADIAN YANG SESUAI DENGAN NILAI DAN PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE

SUB BAHASAN:

  1. Berkepribadian terpercaya oleh pelanggan, karyawan, pimpinan, rekan kerja, bawahan, pemegang saham, komunitas dan warga stakeholder lingkungan korporasi.
  2. Menjadi warga korporasi yang memberikan keteladanan untuk praktek perusahaan yang baik.
  3. Berkomunikasi dengan stakeholders secara sopan, jelas, konsisten, beretika, terbuka, dan jujur.
  4. Memiliki hati nurani yang tulus dan ikhlas untuk bekerja menciptakan profitabilitas secara etis, agar bisnis perusahaan memiliki reputasi dan dapat berkelanjutan secara konsisten.
  5. Menjadi warga korporasi yang berdisiplin tinggi menggunakan nilai dan prinsip GCG untuk tata kelola perusahaan, termasuk dalam menjalin hubungan dengan stakeholders.
  6. Memiliki nilai- nilai inti pribadi yang melayani, anti korupsi, dan menjunjung tinggi hak-hak stakeholders.
  7. Menjadi warga korporasi yang sadar dan cerdas sosial, khususnya terhadap lingkungan sosial korporasi, konsumen, dan lingkungan alam tempat korporasi beraktivitas.
  8. Menjadi pribadi dengan kekuatan pikiran positif, memiliki empati, dan simpati terhadap lingkungan kerja.
  9. Meningkatkan kualitas interaksi  melalui integritas diri yang etis.
  10. Bermental  positif dalam menghadapi tantangan dan risiko.
  11. Berkepribadian yang cerdas untuk mengendalikan sinyal emosional sosial.
  12. Cerdas menggunakan pengaruh untuk merubah risiko menjadi peluang.
  13. Menjaga lingkungan kerja dengan memahami jenis politik kantor, cerdas menilai iklim politik kantor, dan membangun kebiasaan positif.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

E-mail :training@djajendra-motivator.com

Phone: (021) 32849777 – (021) 32168111