MEMBANGUN TIM YANG KUAT

MEMBANGUN TIM YANG KUAT

“Tim Yang Kuat Terdiri Dari Orang-Orang Berkualitas Yang Selalu Berkolaborasi Dan Berinovasi, Untuk Menghasilkan Kinerja Dan Prestasi Tim Terbaik.” ~ Djajendra

Cara terbaik untuk membangun tim yang kuat adalah dengan menciptakan lingkungan tim yang nyaman dengan kolaborasi. Bila setiap individu anggota tim merasa nyaman dengan perilaku kolaborasi untuk meningkatkan kualitas kerja, kinerja, pemecahan masalah, kreatifitas, dan memacu nilai tambah dengan inovasi; maka secara otomatis tim akan terbentuk menjadi sangat kuat untuk memberikan prestasi.

Tim yang sejak awal terbentuk oleh kekuatan kolaborasi akan selalu menemukan jawaban untuk setiap tantangan. Sebab, energi kolaborasi mampu memiliki empati untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman, sehingga setiap tantangan yang sifatnya kompleks dapat segera diatasi.

Membangun tim yang kuat berarti harus menempatkan peran setiap individu anggota tim dengan sangat jelas. Setiap anggota harus memahami dan menikmati tanggung jawab masing-masing, dan juga harus siap untuk menghadapi perubahan atas tanggung jawab yang ada. Sebab, dalam setiap tahapan pekerjaan mungkin saja peran dan tanggung jawab seorang anggota tim berubah, dan untuk itu dia harus mempersiapkan mental dan pengetahuan, untuk menjalankan peran dan tanggung jawab apa pun di dalam tim dengan profesional.

Mindset tim yang kolaboratif selalu dapat menghindari terjadinya konflik. Kolaboratif untuk saling mengetahui kekuatan dan kekurangan masing-masing, sehingga tidak ada lagi alasan untuk memperdebatkan sebuah proses kerja, yang ada hanya hubungan timbal balik antara pilihan terbaik, dan saling melengkapi satu sama lain, lalu bergerak bersama untuk menciptakan hal-hal produktif.

Tim yang kuat akan membangkitkan gairah dan antusiasme anggota untuk berinovasi pada Tim. Inovasi tidak hanya perlu untuk produk, jasa, teknologi; tapi juga sangat perlu terhadap kepribadian dan proses kerja, agar efektifitas dan produktifitas dapat ditingkatkan. Oleh karena itu, sebagai tim, setiap anggota harus mampu mengidentifikasi ide-ide yang akan mengurangi biaya, menghemat waktu, atau meningkatkan layanan pelanggan. Kemudian secara bersama-sama mampu mengimplementasikannya untuk keberhasilan tim.

Membangun tim yang kuat berarti mampu mengidentifikasi tujuan tim dengan jelas dan sempurna.  Setelah tim bermental kolaboratif dan memiliki kepercayaan diri dalam kemampuannya untuk berinovasi, maka setiap tujuan yang lebih besar pasti dapat dicapai dengan efektif, efisien, dan produktif. Termasuk dapat meningkatkan penghasilan dan mengurangi biaya.

Perilaku kolaboratif  yang mendorong inovasi untuk pertumbuhan dan perkembangan tim, akan menjadikan tim sangat kuat dan unggul buat mewujudkan kinerja idaman. Setiap ketidaksempurnaan bila dikenali sejak dini, untuk kemudian diperbaiki secara kolaboratif, akan menciptakan hasil akhir yang sempurna.

Setiap anggota tim harus selalu memahami situasi dari realitas tim. Lalu, menjadi pribadi unggul untuk memainkan kerja tim terbaik, dan menjalankan tanggung jawab dengan cara-cara luar biasa untuk bisa mencetak lebih banyak prestasi.

Bila tim bermental kolaboratif dan inovatif, maka tim akan mempunyai banyak opsi untuk membawa tim ke level kinerja tertinggi.

Tim yang kuat selalu dihasilkan dari tangan dingin seorang pemimpin tim yang berkualitas tinggi. Jika pemimpin tim mampu memaksimalkan, dan  mengeluarkan potensi terbaik dari setiap anggot tim yang ia pimpin, maka tim selalu akan tampil solid dan unggul terhadap setiap tantangan.

Setiap anggota tim harus memiliki semangat, kualitas, dan ambisi yang besar untuk menghasilkan prestasi dan kinerja terbaik. Dan memiliki mindset untuk selalu ingin melakukan yang terbaik, selalu ingin mencetak lebih banyak prestasi dan kinerja, selalu ingin menghasilkan kualitas dan mutu kerja terbaik.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com