MOTIVASI DAN KESADARAN DIRI

KEBAHAGIAAN TERCIPTA

Kebahagiaan tercipta dari tindakan dan kebiasaan untuk membuat diri merasa bersyukur terhadap semua keadaan, dan tidak pernah mengeluh apalagi marah-marah oleh keadaan yang tidak disenangi diri.

Djajendra

BUDAYA ORGANISASI DAN PERILAKU

Ketika sebuah budaya organisasi tidak mempraktekkan kepemimpinan yang jujur, sistem yang cepat dan tepat, sifat baik untuk saling melayani, etika untuk saling menjaga moral dan integritas, kesederhanaan hidup untuk membuat semua orang termotivasi menjadi jujur. Dampaknya, orang-orang baik yang masuk ke dalam budaya organisasi itu akan menjadi orang-orang tidak baik. Sebab, bila mereka mencoba menjadi orang baik, maka mereka akan kalah oleh budaya yang mengajarkan ketidakbaikan, dan mereka pasti akan tersingkirkan dari lingkungannya.

Djajendra

KESENANGAN DAPAT DIBELI, KEBAHAGIAAN BELUM TENTU

Kesenangan pasti dapat dibeli, tapi kebahagiaan sangat sulit untuk  bisa dibeli. Sebab, kebahagiaan selalu muncul dari batin yang mampu merasakan syukur atas semua anugerah kehidupan. Kebahagiaan adalah kebiasaan hati untuk melihat hidup sebagai hal terindah dan hal terbaik yang pernah dimiliki.

Djajendra

MUDAH TERSINGGUNG

Sikap yang mudah tersinggung akan membuat diri mudah marah; sikap yang mudah marah akan membuat diri kehilangan kendali; diri yang kehilangan kendali akan mudah terjebak dalam stres; diri yang terjebak dalam stres akan miskin rasa damai dan bahagia.

Djajendra

NAIK TURUN KEHIDUPAN

Hidup seperti berjalan menyusuri gunung yang tinggi, kadang diperjalanan pendakian sering akan mencul arah yang mengharuskan kita turun, dan kemudian akan muncul arah yang mengharuskan kita untuk naik. Bila kita tetap bergerak dengan penuh antusias di setiap medan turun naik dari gunung yang kita daki, maka kita pasti akan sampai di puncak tertinggi. Tetapi, bila kita takut melihat arah turun naik di pendakian menuju puncak, maka kita akan tertahan oleh rasa takut kita.

Djajendra

MONUMEN KEHIDUPAN

Monumen terbaik yang harus ditinggalkan bukanlah yang terukir di batu yang indah, tapi yang terukir di hati nurani setiap orang, untuk dapat menjalani kehidupan yang lebih baik dalam kebahagiaan sejati.

Djajendra

KOLABORASI

Kolaborasi adalah bagian terpenting dalam sebuah organisasi. Kolaborasi akan mengharmoniskan fungsi, peran, dan tanggung jawab dalam proses pemecahan masalah, memacu kreativitas dan inovasi, termasuk dapat meningkatkan kualitas dan mutu organisasi. Kolaborasi akan menghasilkan banyak manfaat buat kemajuan organisasi. Menerima dan merangkul kolaborasi dengan integritas yang tinggi akan meningkatkan kualitas kerja.

Djajendra

MEMELIHARA KERUMITAN

Memelihara kerumitan dan kompleksitas dalam proses pelayanan hanya akan membuat orang-orang antri dan frustrasi untuk menerima layanan.

Djajendra