VISI MISI TUJUAN

VISI MISI TUJUAN

Siapa pun dalam hidup ini pasti memiliki cita-cita dan harapan; untuk mewujudkannya dia harus membayar dengan upaya, waktu, uang, dan energi.

Agar cita-cita dan harapan dapat betul-betul menjadi sebuah perjuangan tanpa henti, maka cita-cita dan harapan harus dibentuk dalam sebuah VISI.

VISI artinya gambaran dari cita-cita dan harapan yang dapat dilihat oleh diri dalam bentuk visualisasi dalam imajinasi diri sendiri.

Karena VISI hanya dapat dilihat dari imajinasi, maka VISI harus dilengkapi dengan MISI, agar VISI dapat digerakan melalui komitmen dan tindakan.

MISI itu sendiri artinya adalah gerakkan dan komitmen untuk menciptakan sesuatu harapan melalui tindakan yang berkelanjutan, tanpa henti di sepanjang hidup.

Kemudian, MISI harus dibantu dengan TUJUAN yang terencana dalam bentuk rencana jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang; agar VISI dan MISI dapat diwujudkan melalui prioritas yang ada di dalam tujuan.

Tujuan itu sendiri bermakna untuk menemukan jawaban atau solusi atas sebuah upaya dan kerja keras.

Hidup ini memungkinkan seseorang untuk memiliki sesuatu yang dia inginkan. Jadi, apa pun yang dipikirkan, diimpikan, dan dirasakan dapat diwujudkan di dalam kehidupan. Oleh karena itu, diperlukan VISI, MISI, TUJUAN, STRATEGI, TAKTIK, dan RENCANA untuk merumuskan kehidupan sesuai cita-cita dan harapan.

DJAJENDRA