PELATIHAN BUDAYA PERUSAHAAN PROGRAM 2 HARI 16 JAM

PELATIHAN BUDAYA PERUSAHAAN PROGRAM 2 HARI 16 JAM

BUDAYA PERUSAHAAN

DESKRIPSI

Budaya Perusahaan mengacu pada nilai-nilai, norma, keyakinan, dan praktik manajemen yang mengatur bagaimana sebuah fungsi organisasi  pada tingkat yang paling dasar beroperasional untuk melayani kepentingan perusahaan dan stakeholder.  Perusahaan yang berbudaya berarti lingkungan tempat kerja dijalankan atau dikelola melalui asumsi, persepsi, nilai-nilai yang dianut, filosofi pendirian perusahaan, norma, kisah, legenda, mitos, artifacts, dan kepercayaan yang mendasari visi perusahaan. Budaya perusahaan adalah faktor fundamental dalam menciptakan lingkungan kerja yang memberikan kontribusi terhadap keberhasilan perusahaan.

Dalam budaya perusahaan harus ada prinsip dan nilai-nilai kehidupan organisasi yang menyatukan perilaku individu dengan perilaku kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan. Prinsip dan nilai-nilai organisasi harus ditujukan untuk mendorong individu dan organisasi untuk mengatasi tantangan dan mencapai hasil yang diinginkan dengan maksimal.

Budaya Perusahaan dengan strategi, sistem, prosedur, penilaian, penghargaan, proses kerja, perlengkapan kerja, struktur organisasi, interior-eksterior kantor, emosi, motivasi, disiplin, pelayanan, dan tanggung jawab akan mendorong terciptanya kultur kerja yang berintegritas dalam loyalitas karyawan. Budaya Perusahaan dengan integritas dan loyalitas akan memberikan kejelasan fungsi, hak, kewajiban dan tanggungjawab antar pihak – pihak yang berkepentingan atas organisasi, serta terciptanya pengendalian internal dan eksternal organisasi yang berkualitas.

KONSEP DASAR

Konsep dasar pelatihan Budaya Perusahaan terfokus kepada sumber dan nilai-nilai dasar pengembangan budaya perusahaan/organisasi; teknik mendiagnosis budaya perusahaan; teknik dan strategi mengelola budaya perusahaan; komitmen terhadap tata kelola perusahaan berdasarkan budaya organisasi dengan mengikuti perubahan secara berkelanjutan.

TUJUAN PELATIHAN

  1. Memahami peran budaya perusahaan dalam meningkatkan kinerja organisasi.
  2. Memahami cara mengelola budaya perusahaan untuk mengoptimalkan sumber daya perusahaan.
  3. Memahami cara perusahaan mengelola budaya perusahaan secara baik.
  4. Menyediakan ide-ide, pengetahuan praktis, keterampilan, motivasi, kesadaran, dan tata kelola secara spesifik tentang apa yang harus dilakukan oleh setiap karyawan bersama unit kerjanya, agar dalam rutinitas kerja sehari-hari dapat menjalankan cara kerja dengan perilaku kerja yang lebih harmonis bersama budaya perusahaan.
  5. Menyediakan pengetahuan budaya perusahaan atau budaya organisasi dengan sangat detail, serta mendiagnosis nilai-nilai budaya untuk dapat diterapkan oleh masing-masing unit kerja sesuai fungsi dan peran masing-masing di dalam perusahaan.

METODE PELATIHAN

Presentasi, Tanya-Jawab, Studi Kasus, Brainstorming, Games, Self Test Budaya Perusahaan,  Diskusi, Role Play, Icebreaker.

MANFAAT PELATIHAN

  1. Belajar memahami peran budaya perusahaan sebagai dasar untuk meningkatkan kualitas kerja dan hubungan kerja yang lebih profesional di tempat kerja.
  2. Belajar membiasakan diri untuk bekerja dengan nilai-nilai budaya perusahaan dalam rutinitas pelayanan kepada perusahaan dan stakeholder.
  3. Belajar mengidentifikasi nilai-nilai, asumsi, dan keyakinan yang dianut budaya perusahaan.
  4. Belajar tentang peran etika dan integritas pribadi dalam memaksimalkan implementasi budaya perusahaan.
  5. Belajar tentang peran kecerdasan emosional untuk menghadirkan motivasi yang holistik di jiwa setiap karyawan dalam menjalankan budaya perusahaan.
  6. Belajar tentang hubungan etos kerja dengan budaya perusahaan.
  7. Belajar tentang peran politik organisasi dalam menjalankan budaya perusahaan.
  8. Peserta akan mendapatkan motivasi, inspirasi, dan wawasan secara luas tentang pengembangan budaya perusahaan di tempat kerja.

TOPIK DAN MATERI PEMBAHASAN

HARI 1/DAY 1

SESI 1: PK.08.30 – 10.00 WIB. SESI 1: BUDAYA PERUSAHAAN DAMPAKNYA TERHADAP ORGANISASI DAN SUMBER DAYA MANUSIA.

Dalam sesi 1, peserta akan belajar tentang peran budaya perusahaan dalam meningkatkan sukses perusahaan; budaya perusahaan sebagai resep untuk keberhasilan perusahaan; tentang teknik untuk mengembangkan dan memelihara budaya perusahaan yang kuat dan sehat; tentang cara penyusunan kembali dan memperkuat budaya perusahaan; tentang budaya perusahaan sebagai lingkungan untuk mengembangkan karir kerja.

PK 10.00 –1 0.15 WIB: COFFEE BREAK.

PK.10.15 – 12.00 WIB. SESI 2: NILAI-NILAI DAN KEPERCAYAAN ORGANISASI.

Dalam sesi 2, peserta akan belajar  tentang nilai, norma, dan  kepercayaan dari suatu organisasi; menentukan budaya yang akan memfasilitasi keberhasilan organisasi; mengembangkan dan melaksanakan rencana untuk menumbuhkan budaya yang diinginkan;  memahami rahasia dari perusahaan-perusahaan yang sukses bersama budaya organisasinya.

PK. 12.00 – 13.00 WIB: LUNCH BREAK.

PK. 13.00 – 14.30 WIB. SESI 3: MENGELOLA BUDAYA PERUSAHAAN.

Dalam sesi 3, peserta akan belajar tentang cara mengelola budaya perusahaan berdasarkan nilai-nilai bersama, serta cara karyawan dan pimpinan bersikap terhadap satu sama lain dan pendekatan pekerjaan mereka.

PK 14.30 –1 4.45 WIB: COFFEE BREAK.

PK. 14.45 – 16.30 WIB. SESI 4: ETIKA DAN BUDAYA DALAM PERUSAHAAN.

Dalam sesi 4, peserta akan belajar tentang fungsi dan peran etika dan budaya di dalam setiap aktivitas organisasi. Etika dan budaya yang dibahas meliputi hubungan etika manajerial organisasi kepada karyawan; karyawan kepada pimpinan, organisasi, dan stakeholder, dan organisasi kepada semua stakeholder.

HARI 2/DAY 2

SESI 1: PK.08.30 – 10.00 WIB. SESI 5: ETOS KERJA DALAM BUDAYA PERUSAHAAN.

Dalam sesi 5, peserta akan belajar tentang cara mendukung kehidupan budaya organisasi melalui perilaku dan kebiasaan kerja yang  mengakui dan menghormati tanggung jawab masing-masing pihak dengan cara-cara profesional dan berbudaya; mendorong manajer dan  karyawan untuk bekerja sama dalam  memenuhi kebutuhan pribadi dan pekerjaan; membantu cara kerja karyawan dalam keseimbangan dan kehidupan yang ber manfaat buat bisnis, organisasi dan kehidupan pribadi karyawan.

PK 10.00 –1 0.15 WIB: COFFEE BREAK.

PK.10.15 – 12.00 WIB. SESI 6: POLITIK ORGANISASI DALAM BUDAYA ORGANISASI.

Dalam sesi 6, peserta akan belajar tentang peran politik organisasi dalam mendistribusikan kekuasaan dan kepentingan melalui budaya organisasi.
Peserta juga akan belajar memahami bahwa kekuatan, kekuasaan, kepemimpinan, dan kepentingan adalah aspek-aspek yang tidak boleh dianggap remeh dalam implementasi budaya organisasi.

PK. 12.00 – 13.00 WIB: LUNCH BREAK.

PK. 13.00 – 14.30 WIB. SESI 7: MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SOSIAL UNTUK MEMPERKUAT BUDAYA ORGANISASI.

Dalam sesi 7, peserta akan belajar membangun kompetensi kecerdasan emosional dan sosial untuk mendukung budaya organisasi. Belajar mengelola emosi  diri sendiri dan potensi batiniah untuk relasi yang positif dengan orang lain. Belajar memahami persepsi kehidupan manusia yang sama dari sudut pandang yang berbeda. Belajar berinteraksi untuk mencapai tujuan bersama organisasi.

PK 14.30 –1 4.45 WIB: COFFEE BREAK.

PK. 14.45 – 16.30 WIB.SESI 8: INTEGRITAS DAN LOYALITAS UNTUK MERAWAT BUDAYA ORGANISASI.

Dalam sesi 8, peserta akan belajar bahwa budaya perusahaan adalah aset yang tidak terlihat, dan diperlukan integritas dan loyalitas untuk memahami aset yang tidak terlihat itu, agar nilai-nilai dari budaya organisasi dapat terawat dengan baik.

UNTUK PELATIHAN HUBUNGI

E-mail:training@djajendra-motivator.com