PELATIHAN MOTIVASI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PROGRAM 3 HARI 12 SESI 24 JAM

PELATIHAN MOTIVASI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA

PROGRAM 3 HARI 12 SESI 24 JAM

JUDUL: PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA UNGGUL MELALUI PENINGKATAN KARAKTER, EMOSIONAL, KERJA SAMA, MOTIVASI, KEPEMIMPINAN, KOMUNIKASI, DAN ETOS KERJA.

PEMBICARA: DJAJENDRA

DESKRIPSI

Pengembangan kualitas dan kompetensi karyawan harus menjadi proses yang berkelanjutan. Melalui program pelatihan selama 3 hari ini, Djajendra Motivation akan mengembangkan mindset dan potensi karyawan, agar karyawan selalu dapat meningkatkan kinerja melalui cara kerja yang inovatif. Serta, selalu berdisiplin melalui integritas pribadi untuk  meningkatkan kualitas pelayanan kepada organisasi dan stakeholder.

Pelatihan motivasi pengembangan sumber daya manusia ini merupakan sebuah komponen integral untuk pengembangan mindset dan potensi karyawan melalui pengembangan karakter, emosional, kerja sama, motivasi, kepemimpinan, komunikasi, dan etos kerja; secara utuh dan terpadu.

Secara garis besar, pelatihan selama tiga hari ini akan membangun kesadaran peserta melalui motivasi untuk menguasai dan memahami hal-hal berikut.

Keterampilan interpersonal, peserta akan dimotivasi untuk memiliki kesadaran dan kecerdasan sosial yang baik. Diantaranya, peserta akan belajar untuk memahami perasaan dan kemampuan orang lain; menyelesaikan dan mencegah konflik, konfrontasi, perselisihan, meminimalkan dampak negatif, serta  mengendalikan reaksi yang berlebihan. Termasuk, kemampuan untuk menerima keragaman dan perbedaan melalui hati yang ikhlas dari hubungan interpersonal dan perilaku.

Keterampilan kolaborasi, kerja sama, dan sinergi. Peserta akan dimotivasi untuk menetapkan hubungan kerja yang efektif  antara bawahan, pimpinan, dan kolega; serta selalu berpartisipasi dalam memecahkan masalah dan membuat keputusan yang berkualitas.

Keterampilan komunikasi verbal, non verbal, dan tulisan. Peserta akan dimotivasi untuk menyajikan ide-ide dan informasi dengan jelas dan ringkas. Termasuk, cara menguasai parabahasa yang baik untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara terbuka, jujur, dan mudah dengan orang lain.

Keterampilan untuk perencanaan dan pengorganisasian. Khususnya, untuk menetapkan tindakan untuk diri sendiri dalam mencapai tujuan. Mengidentifikasi kebutuhan dan mengatur untuk memperoleh sumber daya yang dibutuhkan dalam mencapai tujuan dan sasaran diri sendiri. Mengembangkan dan menggunakan sistem kerja untuk memantau kemajuan pekerjaan, serta berperilaku efektif  untuk menggunakan sumber daya seperti waktu, biaya, fasilitas, infrastruktur organisasi, dan informasi secara efisien dan produktif.

Keterampilan pemecahan masalah dan kemampuan analitik. Peserta akan dimotivasi untuk mengidentifikasi permasalahan dan potensi  masalah. Memperoleh informasi yang relevan tentang masalah. Mengenali informasi yang diperlukan. Bersikap obyektif dalam mengevaluasi informasi yang relevan dengan masalah. Mengidentifikasi penyebab spesifik dari masalah. Membuat rekomendasi dari hasil evaluasi, serta bertindak dan menindaklanjutinya.

Etos Kerja Dan Motivasi. Peserta akan diberikan contoh untuk melakukan pekerjaan dengan menunjukkan integritas pribadi, tanggung jawab, dan akuntabilitas. Menyediakan saran dan bantuan untuk membantu orang lain menyelesaikan pekerjaan mereka. Mengarahkan dan memotivasi diri untuk patuh pada nilai-nilai perilaku kerja yang berasal dari budaya organisasi.

Keterampilan untuk memiliki ketegasan sikap. Peserta akan dimotivasi untuk berani mengidentifikasi tindakan yang diperlukan, serta bersedia untuk membuat keputusan, penilaian, dan mengambil tindakan.

Pengembangan Diri. Peserta akan dimotivasi untuk selalu secara akurat mengevaluasi kinerja diri sendiri, dan selalu sadar untuk melakukan pengembangan kepribadian sebagai syarat untuk menjawab tantangan pekerjaan saat ini dan di masa depan. Mengidentifikasi potensi diri dan sumber daya yang tersedia untuk diri sendiri, dan melakukan perbaikan terhadap kualitas diri sendiri secara berkelanjutan.

Keterampilan kecerdasan emosional dan fleksibilitas. Peserta akan dimotivasi untuk mau memodifikasi perilaku dan aktivitas kerja melalui kecerdasan emosional dalam fleksibilitas karakter yang selalu cerdas menanggapi informasi baru, perubahan, karakter kepribadian yang berbeda,  atau hambatan tak terduga. Mempertimbangkan berbagai alternatif, termasuk pendekatan inovatif atau kreatif. Cerdas emosional untuk mengambil tindakan yang dapat diterima oleh orang lain yang memiliki pandangan berbeda.

Kepemimpinan unggul. Peserta akan dimotivasi untuk menjadi pemimpin unggul dengan kemampuan untuk membuat keputusan yang tepat berdasarkan proses perseptif dan analitis. Bersikap tegas dan tidak membiarkan perilaku ragu menguasai dasar kepemimpinan diri sendiri.

Karakter unggul. Peserta akan dimotivasi untuk memiliki karakter kerja yang sesuai dengan nilai-nilai perilaku yang disiapkan oleh organisasi melalui budaya organisasi dan etos kerja.

KONSEP DASAR 

Pengembangan sumber daya manusia hanya dapat menjadi optimal saat karyawan dan organisasi secara bersama-sama bekerja untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan. Pengembangan sumber daya manusia yang berkelanjutan akan berkontribusi positif  bagi kinerja organisasi. Seorang karyawan yang terampil melalui pengetahuan pengembangan karakter, emosional, kerja sama, motivasi, kepemimpinan, komunikasi, dan etos kerja; akan memiliki kualitas kerja yang tinggi untuk dapat mencapai lebih banyak kinerja dan hasil akhir terbaik, seperti yang diharapkan oleh organisasi atau kelompok kerjanya.

TUJUAN PELATIHAN  

Tujuan utama program pelatihan motivasi pengembangan sumber daya manusia selama 3 hari ini adalah sebagai berikut.

Membuat karyawan termotivasi untuk mengembangkan potensi diri sendiri, agar dapat bekerja searah dengan budaya dan strategi organisasi.

Membuat karyawan termotivasi untuk menjadi bagian integral dari setiap perencanaan organisasi, dan selalu menyiapkan kualitas dan kompetensi diri untuk tujuan pengembangan organisasi.

Membuat karyawan termotivasi untuk membangun kesadaran dan emosional positif, agar dapat bertindak sebagai alat  organisasi untuk menciptakan hasil yang diinginkan.

Membuat karyawan sadar bahwa pelatihan pengembangan sumber daya manusia selama 3 hari ini merupakan sebuah investasi dalam organisasi. Oleh karena itu, karyawan harus menjadikannya sebagai modal untuk bekerja lebih efektif dan lebih cerdas, agar investasi dalam pengembangan motivasi sumber daya manusia ini, dapat dikembalikan kepada organisasi dalam wujud nilai tambah.

Membuat karyawan termotivasi untuk pertumbuhan pribadi dan profesional pribadi melalui cara-cara yang kreatif dan inovatif.

Pengembangan sumber daya manusia ini akan membuat karyawan menciptakan budaya organisasi melalui nilai-nilai kehidupan pribadi yang berkualitas tinggi.

Karyawan akan dimotivasi untuk memperkuat pengambilan keputusan dan kekuatan kepemimpinan dalam lingkungan organisasi dan tim.

Pelatihan ini akan menyadarkan karyawan bahwa pertumbuhan pribadi dan kepuasan pribadi di tempat kerja, berasal dari keikhlasan diri sendiri, untuk mengasah dan mengembangkan keterampilan, dan kualitas diri secara berkelanjutan.

MANFAAT PELATIHAN 

  • Peserta akan belajar tentang kompetensi dan kualitas diri untuk menghasilkan kinerja yang optimal.
  • Peserta akan belajar cara memotivasi diri sendiri untuk selalu dapat memberikan kontribusi dan pengabdian tertinggi kepada organisasi.
  • Peserta akan belajar etos kerja bersama nilai-nilai perilaku kerja terbaik.
  • Peserta akan belajar untuk menjalankan kepemimpinan unggul melalui keunggulan kepemimpinan diri sendiri yang autentik.
  • Peserta akan belajar menjadi pribadi unggul melalui pengembangan karakter berdasarkan nilai-nilai terbaik untuk membuat diri menjadi yang terbaik.
  • Peserta akan belajar cara berkomunikasi secara verbal, non verbal, tertulis untuk memperkuat hubungan melalui tata krama yang etis dengan orang lain.
  • Peserta akan belajar cara meningkatkan kerjasama melalui budaya kolaborasi, sinergi, dan kontribusi dalam setiap hubungan kerjasama.
  • Peserta akan belajar cara menggunakan perilaku positif  yang etis untuk menjalin hubungan kerja dengan teman dan atasan melalui sinyal langsung dan bawah sadar emosi positif.
  • Peserta akan belajar cara bertindak sesuai dengan target yang diinginkan dan menampilkan sisi karismatik diri secara berkualitas.
  • Peserta akan belajar cara mengendalikan pengaruh orang lain dan mengelola emosi pelarian atau emosi liar, serta memandu interaksi dan komunikasi untuk saling menghormati dan tidak saling menyakitkan.
  • Peserta akan belajar kecerdasan emosional dari sisi internal diri, dan, dari sisi hubungan atau interaksi dengan berbagai pihak dan kepentingan di tempat kerja.
  • Peserta akan belajar cara mengendalikan politik kantor dan konflik.

METODE PELATIHAN

Presentasi, Tanya Jawab, Diskusi, Studi Kasus, Brainstorming,  Self  Test, Games, Icebreaker Dan Role Play.

MATERI PELATIHAN

HARI 1/DAY 1

PK.08.30 – 10.00 WIB. SESI 1: MOTIVASI ETOS KERJA – SUKSES DALAM PEKERJAAN DAN SUKSES DALAM KEHIDUPAN.

SUB BAHASAN.

  • Mengoptimalkan Kesadaran Diri, Manajemen Diri, Motivasi Diri.
  • Mengelola Fisik, Mental, Emosional, Sosial, Spiritual Untuk Kesuksesan Dalam Hidup Dan Pekerjaan.
  • Kegigihan, Persistensi, Kemauan, Disiplin, Integritas, Dan Etika.
  • Keterampilan Penolakan Terhadap Zona Nyaman Kehidupan
  • Berperilaku Kerja Melalui Nilai-Nilai Perusahaan.
  • Kepribadian Yang Patuh Pada Budaya Kerja.
  • Mindset Untuk Etos Kerja Terbaik.
  • Perilaku Kerja Yang Mencintai Perusahaan Dan Stakeholder.
  • Memberikan Kinerja Melalui Kontribusi Yang Produktif.
  • Memberikan Kualitas Pelayanan Terbaik Di Internal Perusahaan.
  • Kualitas  Intelektual Untuk Etos Kerja.
  • Kualitas Emosional Untuk Etos Kerja.
  • Kualitas Spiritual Untuk Etos Kerja.
  • Karakter Yang Taat Dan Loyal Pada Nilai-Nilai Perusahaan.
  • Mengoptimalkan Keunggulan Diri Dan Selalu Rendah Hati.

PK 10.00 –1 0.15 WIB: COFFEE BREAK.

PK.10.15 – 12.00 WIB. SESI 2: MEMBANGUN LINGKUNGAN TEMPAT KERJA YANG SEHAT MELALUI TANGGUNG JAWAB, INTEGRITAS, ETIKA DAN DISIPLIN.

SUB BAHASAN:

  • Menciptakan Lingkungan Kerja Yang Sehat Dan Kuat.
  • Meningkatkan Nilai Tambah Stakeholders.
  • Bekerja Berorientasikan Kepuasan Pelanggan Dan Stakeholder Yang Lain.
  • Berani Menghadapi Situasi Yang Penuh Tantangan.
  • Tepat Waktu Dan Tidak Pernah Terlambat.
  • Mengelola Pekerjaan Dan Kehidupan Melalui Disiplin Diri Yang Tinggi.
  • Termotivasi Untuk Bekerja Proaktif Di Tengah Perubahan.
  • Termotivasi Untuk Tetap Kreatif Dan Inovatif.
  • Penampilan Dan Ketegasan Diri Untuk Sukses.
  • Sikap Baik, Produktifitas, Dan Komunikasi.
  • Kooperatif, Respek, Dan Negosiasi.
  • Pemecahan Masalah, Pengambilan Keputusan Dan Berpikir Kritis.
  • Pemahaman Konsekuensi Atas Kemunduran Motivasi Diri.
  • Komitmen, Resolusi Konflik, Dan Lainnya.

PK. 12.00 – 13.00 WIB: LUNCH BREAK.

PK. 13.00 – 14.30 WIB. SESI 3: MEMBANGUN BUDAYA KOLABORASI MELALUI KEKUATAN SINERGI DAN KERJA SAMA DILINGKUNGAN TEMPAT KERJA.

SUB BAHASAN:

  • Pengertian Dan Pemahaman Budaya Kolaborasi.
  • Peran Hard System Dan Soft System Dalam Mendukung Budaya Kolaborasi.
  • Konsep Leadership Partnership Untuk Memperkuat Budaya Kolaborasi.
  • Mengelola Dan Meningkatkan Nilai Organisasi Melalui Kolaborasi.
  • Nilai-Nilai Perilaku Utama Untuk Membangun Budaya Kolaborasi.
  • Budaya Kolaborasi Meningkatkan Produktivitas Karyawan Dari Pengaruh Globalisasi.
  • Pengaruh Budaya Perilaku, Teknologi, Proses, Dan Pemerintah Terhadap Kerangka Kerja Kolaborasi.
  • Mengimplementasikan Kolaborasi.
  • Mengelola Dan Mengukur Kolaborasi.

PK. 14.30 – 14.45 WIB. COFFEE BREAK.

PK. 14.45 – 17.00 WIB.SESI 4:  MEMBANGUN BUDAYA KOLABORASI MELALUI AKTIVITAS GAMES, ROLE PLAY, DAN COLLABORATION SELF TEST.

SUB BAHASAN:

Selama dua jam seluruh peserta akan membentuk kelompok untuk melakukan berbagai aktivitas bersifat role play untuk melakukan kolaborasi di dalam kelompoknya. Setelahnya, peserta akan mengisi collaboration self test dan hasilnya akan didiskusikan dalam forum diskusi besar.

PK.17.00 WIB PELATIHAN DI HARI KE 1 SELESAI.

HARI KE 2/DAY 2

PK.08.30 – 10.00 WIB. SESI 5. BERTINDAK UNTUK MEMBANGUN DAN MENJAGA KERJA SAMA. (ACTING TO BUILD AND MAINTAIN TEAMWORK).

SUB BAHASAN:

  • Menjadi Bagian Dari Sistem Kerja Sama Yang Solid Di Dalam Organisasi.
  • Memiliki Motivasi Dan Mampu Membuat Keputusan Yang Lebih Baik.
  • Selalu Berpartisipasi Dan Memelihara Peningkatan Hubungan Kerja.
  • Menghargai Dan Mencintai Pekerjaan.
  • Meningkatkan Komunikasi.
  • Meningkatkan Kualitas Kontribusi Informasi.
  • Menyatu Dalam Keutuhan Struktur Organisasi
  • Bekerja Total Ke Arah Tujuan Bersama.
  • Mendukung Perspektif Organisasi Yang Luas.

PK 10.00 –1 0.15 WIB: COFFEE BREAK.

PK.10.15 – 12.00 WIB. SESI 6. MENJADI KARYAWAN YANG PROFESIONAL DALAM MENJALANKAN ETIKA BISNIS DAN KODE ETIK ORGANISASI (BEING PROFESSIONAL EMPLOYEE).

SUB BAHASAN:

  • Belajar Tentang Filosofi Etika Dan Moral.
  • Membandingkan Etika Pribadi Dan Etika Bisnis.
  • Belajar Mengidentifikasi Masalah Etika Umum Dalam Bisnis.
  • Belajar Menjadi Warga Organisasi Yang Bertanggung Jawab, Responsif, Berintegriras, Berkinerja, Dan Beretika.
  • Memahami Isu-Isu Etika Bisnis, Moral, Dan Lingkungan.
  • Memperlihatkan Etika Dan Perilaku Kerja Yang Menghasilkan Kredibilitas Dan Reputasi Buat Organisasi Dan Pribadi.

PK. 12.00 – 13.00 WIB: LUNCH BREAK.

PK.13.00 – 14.30 WIB. SESI 7: MEMBENTUK DAN MEMELIHARA KARAKTER DIRI BERORIENTASI KINERJA .

SUB BAHASAN:

  • Membangun Model Karakter Diri Melalui Self-Respect, Self Awareness, Self Motivation, Self Manajemen, Self-Disiplin, Tanggung Jawab, Dan Integritas Pribadi.
  • Proses Pengembangan Karakter Untuk Memperjelas Kondisi Fisik, Mental, Kepribadian, Dan Penampilan Diri Secara Utuh Sesuai Jati Diri Asli.

PK 14.30 –1 4.45 WIB: COFFEE BREAK.

PK. 14.45 – 16.30 WIB. SESI 3:EXCELLENCE IN SELF LEADERSHIP.

SUB BAHASAN:

  • Mengembangan Kompetensi Kepemimpinan Dari Sisi Internal Diri.
  • Ketegasan Jati Diri Untuk Kepemimpinan Pribadi Yang Autentik.
  • Sikap Kepemimpinan Diri Sendiri Yang Kuat.
  • Keterampilan Dasar Untuk Pengelolaan Kepemimpinan Yang Efektif.
  • Mencapai Keunggulan Dalam Semua Aspek Kepemimpinan.
  • Bertindak Secara Konsisten Terhadap Visi, Tujuan, Dan Mampu Melepaskan Diri Dari Hambatan.
  • Selalu Berkomitmen Untuk Prestasi Tertinggi.
  • Tetap Berada Dalam Tujuan Dan Cerdas Untuk Memusatkan Semua Energi Pada Tujuan Yang Ingin Dicapi.
  • Kemampuan Untuk Mengatasi Kemungkinan Paling Sulit.

PK.16.30 WIB PELATIHAN DI HARI KE 2 SELESAI.

HARI 3/DAY 3

PK.08.30 – 10.00 WIB. SESI 9. KECERDASAN EMOSIONAL ( EMOTIONAL INTELLIGENCE: PERSONAL SKILLS + INTERPERSONAL SKILLS).

SUB BAHASAN:

  • Kesadaran Diri Melalui Kecerdasan Emosional.
  • Memahami Hubungan Emotional Intelligence Dengan Motivasi Diri.
  • Mencegah Masuknya Nilai-Nilai Negatif Ke Pikiran Bawah Sadar.
  • Menghapus Perasaan Khawatir Dan Meningkatkan Perasaan Optimis.
  • Bermental  Positif Dalam Menghadapi  Tantangan Dan Risiko.
  • Memahami Bahaya Emosi Marah Untuk Kemajuan Karir.
  • Permintaan Maaf Dan Kekuatan Pengampunan.
  • Mengatasi Takut Karena Konflik, Kehilangan Identitas, Kurangnya Keamanan.
  • Memanfaatkan Emosi Empati Untuk Memahami Orang Lain.
  • Memahami Kecerdasan Sosial.
  • Mengendalikan Sinyal Emosional Sosial.
  • Memahami Penularan Emosi Sosial.
  • Membebaskan Emosi Diskriminasi.
  • Kehidupan Yang Saling Bertanggung Jawab.

PK 10.00 –1 0.15 WIB: COFFEE BREAK.

PK.10.15 – 12.00 WIB. SESI 10. KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL.

SUB BAHASAN:

  • Pemahaman Dasar Komunikasi Verbal Dan Non Verbal.
  • Berbicara, Menulis, Mendengarkan, Membaca, Dan Memahami Melalui Karisma Diri Yang Terpercaya.
  • Mengatur Alur, Akting, Karakter, Ekspresi, Sifat Dalam Komunikasi.
  • Mempermudah Proses Penyampaian Pesan Inti Dalam Komunikasi.
  • Cerdas Berkomunikasi Secara Persuasi Dengan Mengikuti Aturan Dan Etika.
  • Bahasa Tubuh, Sentuhan, Parabahasa, Penampilan Fisik, Warna, Simbol, Wawasan.

PK. 12.00 – 13.00 WIB: LUNCH BREAK

PK.13.00 – 15.00 WIB. SESI 11. EMOTIONAL INTELLIGENCE EVALUATION SELF TEST.

SUB BAHASAN:

  • Indoor/Outdoor Games Untuk Mengelola Emosi Baik.
  • EI Evaluation Self Test.

PK 15.00 –1 5.15 WIB: COFFEE BREAK.

PK.15.15 – 16.30 WIB. SESI 12. FORUM BRAINSTORMING UNTUK MENGEVALUASI CARA PEMANFAATAN NILAI-NILAI DARI SELURUH MATERI PELATIHAN MULAI DARI HARI 1 SAMPAI DENGAN HARI 3.

PK.16.30 WIB. PELATIHAN HARI KE 3 SELESAI.

PROFILE PEMBICARA

Djajendra Adalah Praktisi, Penulis, Dan Pembicara Di Bidang Manajemen Korporasi.  Tahun 1992 Sambil Bekerja Di Rabobank Indonesia, Djajendra Memulai Kariernya Sebagai Coach Yang Mengajar Di Berbagai Perusahaan, Instansi, Dan Organisasi. Termasuk,  Sebagai Dosen Di STIE Perbanas -Jakarta.  Sudah Banyak Audience Yang Pernah Mengikuti Pelatihan Djajendra.  Dalam Setiap Sesi Pelatihan, Djajendra Selalu Fokus Untuk Memberikan  Inspirasi, Motivasi, Wisdom, Success Secrets, Dan Pengetahuan.

Gaya Penyampaian Presentasi Djajendra Bersikap Profesional, Ramah, Perhatian, Dinamis, Energik, Terbuka, Hangat, Realistis, Menyenangkan, Berempati Tinggi, Bersahabat, Dan Membesarkan Hati Audience.

Standar Penyampaian Materi Presentasi Terfokus Kepada ”Best Practices” Dengan Nilai-Nilai Yang Terbuka Terhadap Ide-Ide Baru Yang Positif Dan Bermanfaat Buat Sukses Organisasi Dan Audience.

Seluruh Konsep Pelatihan Djajendra Terfokus Kepada Upaya Memotivasi Dan Membangun Mind Set Positif Dari Audience, Agar Audience Dapat Terinspirasi Untuk Meningkatkan Kualitas Berpikir Dan Bertindak Yang Lebih Efektif, Positif, Dan Cemerlang Di Tempat Kerja.

Karier Kerja Djajendra  Adalah  Sebagai Direktur Operasional Dan Marketing  Bank Putra Multikarsa, Direktur Loka Adipura Exchange, Auditor Rabobank Indonesia, Assisten Manajer Bank Internasional Indonesia, Auditor  Di Kantor Akuntan Publik Sudjendro,  Sebagai Direktur Dan Komisaris Di Beberapa Perusahaan Lainnya. Pendidikan S1 Bidang Ekonomi Akuntansi Di Universitas Trisakti, Program MBA In Banking Di Nitro Institute Of Banking & Finance. CEO Advanced Executive Program Di Kellogg School Of Management Northwestern University, Amerika Serikat. Dan, Mengikuti Advance Banking program Dari Barkeley University Di Hongkong.

UNTUK MENGUNDANG DJAJENDRA HUBUNGI:

www.djajendra-motivator.com

Phone:

021 32849777

021 32168111

08128777083

Fax: 021- 57 992 842

Email: training@djajendra-motivator.com


Posted

in

by

Tags:

Discover more from MOTIVASI DJAJENDRA

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading