MENJAGA KEHORMATAN SEPAK BOLA INDONESIA

“Cinta Sejati Perlu Pengorbanan. Bila Sepak Bola Indonesia adalah Cinta Sejati Anda, Maka Tunjukkan Kepada Dunia Internasional Tentang Kehormatan Tim Merah Putih.” – Djajendra

Sepak bola adalah olah raga yang menjadi hiburan buat ratusan juta rakyat Indonesia. Sportivitas adalah nyawa dari sepak bola, dan nilai-nilai sportivitas merupakan dasar dari permainan sepak bola. Di dalam lapangan dan di luar lapangan setiap orang yang terkait langsung dengan sepak bola harus memiliki etika yang sangat tinggi untuk bermain dan bekerja melalui sportivitas. Bila sportivitas diabaikan, maka sepak bola akan gagal berprestasi, dan butuh waktu yang lama untuk bangkit kembali.

Sepak bola adalah sebuah permainan yang mengajarkan tentang interaksi melalui kerja sama dalam wujud kolaborasi dan sinergi. Hal ini tidak hanya berlaku di dalam lapangan, tapi juga berlaku di luar lapangan. Bila semua kelompok pencinta sepak bola Indonesia tulus dan ikhlas untuk berkolaborasi dalam sinergi yang kompak demi memajukan sepak bola Indonesia, maka masa depan sepak bola Indonesia akan cemerlang. Tetapi, bila masih terbagi dalam kelompok-kelompok kepentingan, maka masa depan sepak bola Indonesia akan selalu berada di luar batas-batas sportivitas.

Saat ini, sepak bola Indonesia sedang berada dalam sebuah ujian besar. Banyak orang sedang berada dipersimpangan jalan sambil memberikan opininya masing-masing. Tapi perasaan saya mengatakan bahwa mengikuti aturan dan kebijakan FIFA berarti sepak bola Indonesia masih bisa melihat cahaya kebangkitan. Di sisi lain, mengabaikan aturan dan kebijakan FIFA, maka masa depan sepak bola Indonesia akan terlihat sangat kelabu dan menjadi tidak terhormat di arena sepak bola internasional.

Demi merah putih dan garuda pancasila, saatnya semua kelompok bersatupadu dalam jiwa besar untuk kebangkitan sepak bola Indonesia. Cinta memerlukan pengorbanan. Bila Anda betul-betul cinta sepak bola Indonesia, maka saatnya berkorban demi menjaga tim merah putih agar tetap berlaga dan menjadi semakin tangguh di arena internasional. Jangan pernah berpikir untuk mendapatkan hukuman dari FIFA, dan jangan pernah berpikir untuk mundur dari kompetisi dunia. Marilah bersatupadu dalam perilaku sportivitas tinggi untuk menjaga kehormatan sepak bola Indonesia.

“Bila Stakeholder Sepak Bola Bekerja Melalui Tata Kelola Sepak Bola Yang Jujur, Adil, Terbuka, Profesional, Sportif , Dan Berkualitas; Maka Para Pemain Di Lapangan Akan Berjuang Total Untuk Menghasilkan Kemenangan.” – Djajendra