KERJASAMA UNTUK KEUNGGULAN KOMPETITIF

“Bila Saja Kolaborasi Membudaya Dan Menjadi Kebiasaan Kerja, Maka Sinergi Secara Otomatis Akan Menguat Dan Menciptakan Keunggulan Kompetitif Organisasi.” – Djajendra

Salah satu perilaku dominan sumber daya manusia yang membuat organisasi unggul adalah kerjasama dalam wujud kolaborasi dan sinergi. Kolaborasi adalah proses bekerja sama untuk mencapai tujuan kolektif. Walaupun secara individu sering sekali peran kolaborasi tidak kelihatan manfaatnya atau tidak nyambung hubungannya. Tapi, untuk sebuah tujuan besar yang sifatnya kolektif, setiap individu dan kelompok harus berjiwa besar untuk berkontribusi melakukan kolaborasi demi misi yang ada dalam gambaran besar organisasi. Sinergi adalah beberapa fungsi yang saling tergantung dan harus bekerja sama untuk bisa menghasilkan sebuah kinerja. Artinya, setiap fungsi yang saling tergantung itu harus berkemampuan menggabungkan keunggulan masing-masing untuk hasil yang tidak mungkin dapat dicapai secara individu atau satu fungsi. Bila kolaborasi dan sinergi bisa menjadi sebuah mindset dalam perilaku dan kebiasaan kerja dalam organisasi, maka organisasi tersebut akan memiliki keunggulan kompetitif.

Kolaborasi dan sinergi harus dibiasakan dan dijadikan sebagai energi positif  untuk menghadirkan perasaan senang di dalam organisasi. Untuk itu, organisasi harus menciptakan ritual dan seremonial secara rutin untuk memperkuat interaksi dan komunikasi dari hati ke hati, agar setiap pelaku kolaborasi dan sinergi bisa menyatu secara batin. Bila setiap jiwa di dalam organisasi memiliki niat yang kuat untuk menunjukkan perilaku kerja sama melalui kolaborasi dan sinergi, maka setiap jiwa di dalam organisasi pasti akan mampu berkembang melalui komunikasi yang saling menghargai untuk menuju puncak kinerja tertinggi.

Peran kepemimpinan puncak untuk memotivasi atau memfasilitasi semua fungsi di dalam organisasi untuk sebuah mindset dan perilaku kolaborasi akan sangat menentukan keberhasilan kolaborasi dan sinergi. Bila saja kolaborasi membudaya dan menjadi kebiasaan kerja, maka sinergi secara otomatis akan menguat dan menciptakan keunggulan kompetitif organisasi. Untuk ini semua, tidak boleh diabaikan peran dan fungsi kepemimpinan dalam melakukan koordinasi untuk terciptanya kolaborasi dan sinergi yang luas di dalam organisasi.

Kerja sama dalam bentuk kolaborasi dan sinergi akan menjadikan organisasi sangat unggul dan berdaya tahan kuat dalam menghadapi kompetisi dari sudut atau sisi manapun. Bila kepemimpinan dan organisasi mampu menyatukan nilai-nilai untuk sebuah komitmen kolaborasi dan sinergi, maka semua kelompok individu dari berbagai fungsi akan tergerak hatinya, untuk bersama-sama bekerja sama satu sama lain berdasarkan seperangkat tujuan dan nilai-nilai inti yang disepakati oleh kepemimpinan dan organisasi.

Kepemimpinan yang baik akan membawa organisasinya menjadi tempat berkarya yang menguntungkan semua pihak. Termasuk, menciptakan kecerdasan kolektif secara terintegrasi untuk mengembangkan organisasi menuju kinerja tertinggi melalui kolaborasi, sinergi, dan inovasi. Perilaku kerja yang saling percaya dan saling berkontribusi untuk sebuah maha karya melalui kolaborasi dan sinergi, sesungguhnya tidaklah sulit dilaksanakan. Asal, semua pihak bersikap rendah hati dan semua hal diatur secara jujur, terbuka, adil, dan menguntungkan semua pihak.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com


Posted

in

, ,

by

Tags:

Discover more from MOTIVASI DJAJENDRA

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading