PELATIHAN TEAM BUILDING BEST PRACTICE PROGRAM 1 HARI 8 JAM

PELATIHAN TEAM BUILDING BEST PRACTICE PROGRAM 1 HARI 8 JAM

Judul: Membangun Budaya  Kerja Sama Dilingkungan Tempat Kerja

Deskripsi

Kerja tim adalah cara bekerja di mana masing-masing anggota tim bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Hal ini melibatkan hubungan kerjasama, komunikasi yang terbuka, kelompok pemecahan masalah, dan konsensus pengambilan keputusan. Kerjasama hanya dapat efektif dalam lingkungan organisasi yang berlandaskan etika, integritas, loyalitas, kejujuran, kepercayaan, komunikasi terbuka, keterlibatan individu, kebanggaan pada pekerjaan, dan komitmen terhadap tanggung jawab.

Kerjasama berarti melibatkan seluruh anggota tim dalam lingkungan kerja yang saling percaya satu sama lain untuk melakukan tugas dan tanggung jawab dalam batas-batas yang ditentukan oleh organisasi. Komunikasi yang efektif, beretika, dan terbuka akan membuat semua anggota tim bisa saling percaya dan saling mendengarkan untuk menghasilkan hal-hal luar biasa buat organisasi. Pemimpin dan anggota tim harus memiliki sikap positif selama masa-masa sulit dan tidak boleh saling menyalahkan satu sama lain tapi harus saling memotivasi, saling menghormati, saling mendukung, dan secara bersama-sama mengelola konflik dengan bijak. Anggota tim harus saling berkontribusi sesuai kompetensi teknis masing-masing dan harus selalu percaya bahwa keragaman, individualitas, dan kreativitas adalah nilai tambah untuk keuntungan organisasi. Setiap kontribusi Individu dan kontribusi tim harus dihargai dan diakui secara tepat waktu oleh organisasi, agar setiap orang dalam tim bisa memiliki motivasi yang kuat untuk bekerja sesuai komitmen dan fokus pada kebutuhan organisasi.

Pelatihan selama satu hari ini bertujuan untuk membuat setiap fungsi dan peran kerja mampu bekerja sama seperti sebuah tim untuk mencapai tujuan bersama dengan cara-cara yang efektif dan produktif. Kerja sama yang berkualitas akan memaksimalkan penggunaan sumber daya manusia dalam organisasi. Kerja sama yang berkualitas akan memberikan keputusan yang lebih baik dan motivasi untuk membawa setiap persoalan pada penyelesaian yang tepat. Kerja sama memungkinkan semua orang bisa berpartisipasi untuk memberikan kontribusi buat organisasi. Kerja sama membangun hubungan kerja yang terkelola dalam koordinasi kerja yang profesional. Kerja sama yang berkualitas akan mengarahkan setiap anggota kepada peningkatan kepuasan kerja dan manfaat dalam pekerjaan itu sendiri. Selanjutnya, kerja sama yang berkualitas di dalam struktur organisasi akan membuat organisasi menjadi semakin dinamis, efektif, kreatif, efisien, dan produktif. Kondisi ini akan menyediakan struktur organisasi dan sumber daya manusia yang sangat responsif untuk bersaing dengan sukses dalam lingkungan ekonomi yang selalu berubah dari hari ini dan masa depan.

Metode Pelatihan

Indoor yang dilakukan melalui presentasi, tanya-jawab, diskusi, latihan tertulis, brainstorming, role play, games dan icebreaker.

Tujuan Pelatihan

Pelatihan ini membangun keterampilan bekerja sama dalam tim struktur (berdasarkan peran dan tanggung jawab) di dalam struktur organisasi. Tujuannya agar organisasi bisa mendapatkan hasil maksimal dari sumber daya manusia yang secara rutin mampu bekerja sama dalam sinergi dan kolaborasi untuk mencapai tujuan organisasi. Pelatihan ini juga bertujuan untuk menunjukkan kepada peserta tentang kekuatan kerja sama dalam menghadirkan sukses individu, kelompok, dan organisasi. selanjutnya, pelatihan ini bertujuan untuk menciptakan energi positif dalam organisasi dengan cara memberdayakan potensi kerja sama individu; pemeliharaan hubungan yang konstruktif diantara individu; membuat individu menjadi visioner, inovatif, saling menghargai, terbuka dan jujur;  membuat individu mampu memelihara perasaan bangga kepada organisasi; membuat individu bekerja atas dasar etika, loyalitas, integritas, dan selalu cerdas menjawab tantangan baru dengan sikap positif.

Manfaat Pelatihan

  1. Peserta belajar hal-hal mendasar dalam kerja sama tim, seperti: forming, storming, norming, performing, team structure, roles and responsibilities.
  2. Peserta belajar untuk tumbuh dan berkembang melalui kekuatan kerja sama.
  3. Peserta belajar tentang karakter orang-orang dalam kerja sama, hubungan antar pribadi, dan dinamika dalam kerja sama.
  4. Peserta belajar meningkatkan kolaborasi dan kerjasama.
  5. Peserta belajar berkontribusi pada proses pemecahan masalah secara kreatif.
  6. Peserta belajar bekerja sama secara lebih kohesif dan terpadu.
  7. Peserta belajar untuk membangun kepercayaan dalam kerja sama.
  8. Peserta belajar membuat keputusan tim yang efektif dan terencana.
  9. Peserta belajar untuk lebih terlibat dan memberikan kontribusi positif untuk lingkungan kantor.

Materi Pelatihan

 SESI 1 : KEUNGGULAN PRIBADI UNTUK KERJA SAMA TIM YANG SOLID (PERSONAL EXCELLENCE FOR SOLID TEAMWORK)

Peserta belajar tentang peran individu dalam tim dan kerja sama; perilaku individual, orientasi dan pengaruhnya terhadap tim; membangun kepribadian dan karakter yang siap untuk melakukan kerja sama; membangun kepribadian yang mampu mendukung semua kepentingan strategis organisasi dengan berkualitas.

SESI 2: BEST PRACTICE – MEMBANGUN BUDAYA KOLABORASI DILINGKUNGAN TEMPAT KERJA

Peserta belajar tentang pengertian dan pemahaman budaya kolaborasi, peran hard system dan soft system dalam mendukung budaya kolaborasi, mengelola dan meningkatkan nilai perusahaan melalui kolaborasi, nilai-nilai perilaku utama untuk membangun budaya kolaborasi, mengimplementasikan kolaborasi, mengelola dan mengukur kolaborasi.

SESI 3: BERTINDAK UNTUK MEMBANGUN DAN MENJAGA KERJA SAMA. (ACTING TO BUILD AND MAINTAIN TEAMWORK)

Peserta belajar menjadi bagian dari sistem kerja sama yang solid di dalam organisasi. Belajar memiliki motivasi dan mampu membuat keputusan yang lebih baik. Belajar untuk selalu berpartisipasi dan memelihara peningkatan hubungan kerja. Belajar menghargai dan mencintai pekerjaan. Belajar meningkatkan komunikasi dan kualitas kontribusi informasi. Belajar menyatu dalam keutuhan struktur organisasi dan bekerja total ke arah tujuan bersama. Belajar mendukung perspektif organisasi yang luas.

SESI 4: MEMBANGUN BUDAYA KOLABORASI MELALUI AKTIVITAS GAMES, ROLE PLAY, DAN COLLABORATION TEST.

Peserta akan melakukan aktivitas di dalam kelas untuk bertindak dan melakukan kegiatan-kegiatan kolaborasi. Dan setelahnya, peserta akan melakukan collaboration test dari semua kegiatan-kegiatan kolaborasi yang dilakukan. Kemudian, mendiskusikan hasil collaboration test

SESI 5: KERJA SAMA MEMPERMUDAH PEKERJAAN (TEAM WORK MAKES EASIER WORK )

Peserta belajar tentang hubungan interpersonal dan karakter orang-orang dalam kerja sama; belajar tentang menciptakan energi positif dalam kerja sama; belajar membangun mind set tim pemenang; belajar menjinakkan hal-hal yang tidak produktif dalam kerja sama.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com