PELATIHAN ETIKA BISNIS

PELATIHAN ETIKA BISNIS 1 HARI 8 JAM

PEMBICARA: DJAJENDRA

WAKTU: 1 HARI – 4 SESI – 8 JAM.

Etika Bisnis berarti melakukan semua aspek bisnis dan berurusan dengan semua kepentingan stakeholder dalam cara yang etis. Untuk itu, setiap pegawai wajib memiliki integritas dan mampu bekerja berdasarkan kode etik organisasi.

DESKRIPSI

Program pelatihan etika bisnis ini menyediakan perspektif dasar untuk praktek-praktek pengelolaan organisasi, bisnis, dan tanggung jawab terhadap semua kepentingan stakeholder. Penekanan khusus ditempatkan pada sifat saling terkait antara etika, moral, integritas, hukum, dan perilaku dalam mengelola individu, kelompok, dan organisasi dalam lingkungan bisnis yang menjunjung tinggi kepentingan stakeholder secara adil dan wajar.

Pembicara akan menginternalisasikan nilai-nilai etika bisnis yang membuat peserta mampu menyeimbangkan tanggungjawab ekonomi, hukum, bisnis, organisasi, etika, dan sosial terhadap berbagai kelompok stakeholder dengan mana mereka berinteraksi. Peserta akan menjadi semakin mampu menghadapi lingkungan bisnis yang kompleks dengan berbagai tantangan untuk menuju kehidupan bisnis yang bersih, terbuka, adil, dan bertanggung jawab.

METODE PELATIHAN

Presentasi Langsung, Brainstorming, Tanya-Jawab, Role Play, Studi Kasus, Diskusi, Ice Breaker.

KONSEP DASAR

Etika Bisnis memiliki kapasitas sebagai sumber daya moral yang strategis untuk membuat individu dan kelompok patuh pada kebijakan, hukum, aturan, perundang-undangan, dan moralitas dalam melayani stakeholder. Dan, untuk meningkatkan kinerja bisnis dan organisasi berdasarkan praktik-praktik yang etis.

TUJUAN PELATIHAN

  1. Untuk mengembangkan pemahaman yang lebih luas dan lebih lengkap tentang hubungan bisnis, organisasi, dan stakeholder dalam etika.
  2. Untuk membantu peserta memahami pentingnya praktek etika bisnis yang sehat dalam mengefektifkan semua fungsi organisasi.
  3. Untuk memahami kepentingan stakeholder utama yang berinteraksi buat kemajuan bisnis dan organisasi. Termasuk, memahami harapan dan peran mereka dalam menentukan masa depan organisasi dan bisnis.
  4. Untuk memahami tanggung jawab organisasi dalam aspek bisnis, ekonomi, hukum, etika, sosial, kemanusiaan dan untuk menghargai perbedaan satu sama lain.
  5. Untuk menginternalisasikan kode etik organisasi ke mind set peserta.
  6. Untuk membangun sikap bertanggung jawab peserta dalam melaksanakan etika bisnis secara multikultural.
  7. Untuk meyakinkan peserta bekerja berdasarkan etika bisnis dan melihat keterbatasan kode etik dari pikiran positif.

MANFAAT PELATIHAN

Setelah menyelesaikan pelatihan ini:

  1. Peserta mampu mengenali dan menerapkan perilaku kerja berlandaskan panduan etika bisnis dan kode etik organisasi.
  2. Peserta mampu menerapkan prinsip-prinsip bisnis yang jujur, terbuka, adil, wajar, dan bertanggung jawab.
  3. Peserta mampu bekerja dengan cara-cara etis dalam setiap interaksi dengan stakeholder.
  4. Peserta mampu bekerja berbasis nilai-nilai etika bisnis.
  5. Peserta mampu memahami pentingnya kode etik organisasi.
  6. Peserta mampu mengendalikan diri untuk tidak melanggar hak-hak organisasi dan stakeholder, serta mengetahui kebijakan dalam organisasi.
  7. Peserta mampu bekerja dengan memperhatikan hak hukum privasi dan proses kerja dalam menjaga rahasia organisasi.
  8. Peserta mampu memahami perbedaan di antara praktik bisnis yang etis dan yang tidak etis.

MATERI PEMBAHASAN

PK.08.30 – 10.00 WIB. SESI 1: FONDASI ETIKA BISNIS: PERSEPSI DAN PEMAHAMAN ETIKA BISNIS. (Business Ethics Fundamentals)

Dalam sesi 1, peserta akan belajar tentang filosofi etika dan moral; membandingkan etika pribadi dan etika bisnis; belajar mengidentifikasi masalah etika umum dalam bisnis; belajar menjadi warga organisasi yang bertanggung jawab, responsif, berintegriras, berkinerja, dan beretika.

PK. 10.00 – 10.15 WIB: COFFEE BREAK

PK. 10.15 – 12.00 WIB. Sesi2: PENGARUH STAKEHOLDERS EKSTERNAL  DAN INTERNAL DALAM ISU-ISU ETIKA BISNIS, MORAL, DAN LINGKUNGAN. (Internal and External Stakeholder Influences: Business Ethics, Moral and Environmental Issues)

Dalam sesi 2, peserta akan belajar dampak dari pengaruh pemerintah, konsumen,  lingkungan alam, komunitas, karyawan, manajemen, dan pemegang saham dalam menjalankan etika bisnis secara profesional.

PK.12.00 – 13.00 WIB. LUNCH BREAK

PK.13.00 – 15.00 WIB. SESI 3: ETIKA KERJA DAN MEMBANGUN KEMBALI KEPERCAYAAN STAKEHOLDER ( Working Ethics and Rebuilding Stakeholder Trust)

Dalam sesi 3, peserta akan belajar cara kepemimpinan bersama semua kekuatan sumber daya manusia untuk memperlihatkan etika dan perilaku kerja yang membuat stakeholder semakin mempercayai kredibilitas dan reputasi organisasi dan manajemen.

PK.15.00 – 15.15 WIB:COFFEE BREAK

PK.15.15 -16.30 WIB: PERAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE DALAM IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS (Corporate Governance & Ethics)

Dalam sesi 4, peserta akan belajar prinsip-prinsip good governance yang mampu mengaktifkan nilai-nilai etika bisnis untuk  menjaga semua kepentingan dan harapan stakeholder secara berkualitas.

Untuk Training Hubungi:

www.djajendra-motivator.com

Phone: 021 32849777 –  021 32168111

Mobile phone :  08128777083 – 081399256111

Email: training@djajendra-motivator.com


Posted

in

by

Tags:

Discover more from MOTIVASI DJAJENDRA

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading