PELATIHAN MOTIVASI PENGEMBANGAN KINERJA DAN KERJA SAMA

PELATIHAN MOTIVASI PENGEMBANGAN KINERJA DAN KERJA SAMA

Program Pelatihan 3 Hari 9 Sesi

Judul:Pengembangan Kinerja Melalui Kerjasama Antar Karyawan

“Kerja Sama Yang Berkualitas Tidak Diukur Dari Kecerdasan Atau Kemampuan Yang Dimiliki Seseorang , Tapi Dari Kecerdasan Atau Kemampuan Yang Telah Ia Kontribusikan Untuk Mempertahankan Kemenangan Bersama.” – Djajendra

Deskripsi

Pengembangan kinerja organisasi sangat tergantung kepada etos kerja karyawan untuk bekerja sama dan saling berkontribusi buat menghasilkan kinerja organisasi yang tinggi. Kemauan dan disiplin kerja yang terfokus kepada upaya untuk menghasilkan lebih banyak kualitas dan kuantitas akan menjadikan organisasi semakin berkinerja. Etos kerja yang baik selalu didasarkan pada kerjasama yang solid diantara karyawan untuk bisa menghasilkan kinerja yang lebih tinggi buat kejayaan organisasi.

Pelatihan Pengembangan Kinerja Melalui Kerjasama antar Karyawan ini akan disampaikan dalam bentuk  motivasi lokakarya (workshop motivation) dengan tambahan aktivitas role play dan games di dalam kelas. Pelatihan akan mengarahkan peserta untuk selalu mengedepankan hubungan kerjasama dalam bentuk komunikasi dan saling memberikan motivasi buat pemberdayaan. Peserta akan diberikan motivasi dan pencerahan untuk memahami bahwa kerjasama hanya dapat efektif dalam lingkungan organisasi yang berlandaskan etika, integritas, loyalitas, kejujuran, kepercayaan, komunikasi terbuka, keterlibatan individu, kebanggaan pada pekerjaan, dan komitmen terhadap tanggung jawab.

Pengembangan kinerja melalui kerjasama berarti melibatkan seluruh karyawan dalam lingkungan kerja yang saling percaya satu sama lain untuk melakukan tugas dan tanggung jawab dalam batas-batas yang ditentukan oleh organisasi. Komunikasi yang efektif, beretika, dan terbuka akan membuat karyawan bisa saling percaya dan saling mendengarkan untuk menghasilkan hal-hal luar biasa buat organisasi. Setiap karyawan dari unit kerja mana pun harus memiliki sikap positif selama masa-masa sulit dan tidak boleh saling menyalahkan satu sama lain tapi harus saling memotivasi, saling menghormati, saling mendukung, dan secara bersama-sama mengelola konflik dengan bijak. Setiap karaywan harus saling berkontribusi sesuai kompetensi teknis masing-masing dan harus selalu percaya bahwa keragaman, individualitas, dan kreatifitas adalah nilai tambah untuk meningkatkan kinerja organisasi. Setiap kontribusi Individu dan kontribusi tim harus dihargai dan diakui secara tepat waktu oleh organisasi, agar setiap karyawan di dalam tim bisa memiliki motivasi yang kuat untuk bekerjasama sesuai komitmen dan fokus pada kebutuhan peningkatan kinerja organisasi.

Pelatihan selama tiga hari ini bertujuan untuk pengembangan kinerja melalui kerjasama antar karyawan di lingkungan tempat kerja. Pembicara akan mengarahkan pelatihan ini agar setiap fungsi dan peran kerja untuk bisa saling bekerja sama seperti sebuah tim untuk mencapai tujuan bersama dengan cara-cara yang efektif dan produktif.

Konsep Dasar

Pelatihan ‘Pengembangan Kinerja Melalui Kerjasama antar Karyawan’ berangkat dari sebuah konsep dasar bahwa organisasi selalu akan menghadapi tantangan untuk menjadi lebih efektif dan responsif terhadap kebutuhan stakeholder. Untuk menjawab tantangan ini, diperlukan kesadaran dari setiap karyawan di internal organisasi untuk bekerjasama secara solid agar dapat meningkatkan kinerja organisasi secara optimal.

Tujuan Pelatihan

Tujuan pelatihan ini adalah memotivasi peserta untuk mengembangkan kinerja melalui kerja sama yang efektif, serta memiliki komitmen untuk bekerja secara lebih produktif dan efektif dalam kepuasan kerja tertinggi.

Metode Pelatihan

Presentasi, tanya-jawab, diskusi, latihan tertulis, brainstorming, role play, games dan icebreaker.

Manfaat Pelatihan

Peserta belajar tentang  pengembangan kinerja dan prestasi melalui kerja sama yang solid di lingkungan tempat kerja.

Peserta belajar  menerapkan budaya kerja sama berlandaskan integritas, pelayanan, dan pengabdian di tempat kerja.

Peserta belajar perilaku utama dari nilai-nilai integritas, pelayanan, dan pengabdian.

Peserta belajar tentang peran individu dalam tim dan kerja sama; perilaku individual, orientasi dan pengaruhnya terhadap tim; membangun kepribadian dan karakter yang siap untuk melakukan kerja sama; membangun kepribadian yang mampu mendukung semua kepentingan strategis organisasi dengan berkualitas.

Peserta belajar hal-hal mendasar dalam kerja sama tim, seperti: forming, storming, norming, performing, team structure, roles and responsibilities.

Peserta  belajar mengembangkan keterampilan sehari-hari untuk bisa bersikap dan berperilaku secara berkualitas di tempat kerja.

Peserta belajar untuk meningkatkan citra diri, kesadaran diri, kesadaran sosial dan kesadaran emosional positif.

Peserta belajar berkontribusi pada proses pemecahan masalah secara kreatif.

Peserta belajar bekerja sama secara lebih kohesif dan terpadu.

Peserta belajar untuk membangun komunikasi dan kepercayaan dalam kerja sama.

Peserta belajar membuat keputusan tim yang efektif dan terencana.

Peserta belajar untuk lebih terlibat dan memberikan kontribusi positif untuk lingkungan kantor.

Materi Pelatihan

Hari 1 / Day 1

Sesi 1: Pengembangan Kinerja Melalui Kerjasama Antar Karyawan Di Lingkungan Tempat Kerja.

Sesi 2: Integritas, Pelayanan Dan Pengabdian Karyawan.

Sesi 3: Forum Brainstorming

Hari 2/Day 2

Sesi 4: Keunggulan Pribadi Untuk Kerja Sama Tim Yang Solid.

Sesi 5: Bertindak Untuk Membangun Dan Menjaga Kerja Sama.

Sesi 6: Kerja Sama Mempermudah Pekerjaan.

Sesi 7: Komunikasi Untuk Kerja Sama Yang Sukses.

Hari 3/Day 3

Sesi 8: Motivasi Perilaku Dan Etika Kehidupan Sosial.

Sesi 9: Cara Meningkatkan Kualitas Layanan di dalam organisasi.