Mengelola Diri Dan Menanamkan Nilai-Nilai Positif

“Jangan Biarkan Semua Pekerjaan, Harapan Dan Mimpi Anda Terkubur Dalam Konsep Dan Rencana, Serta Tersimpan Rapi Di Dalam Laci.” – Djajendra

“Olahraga Yang Tepat Untuk Anda Adalah Olahraga Yang Dapat Membuat Anda Merasa Gembira Dan Menikmatinya.” – Djajendra

Di luar diri kita ada orang lain, peristiwa, dan pikiran yang selalu berpotensi mempengaruhi upaya diri kita untuk menjadi pribadi yang efektif dan produktif dalam menuju cita-cita dan impian. Hal ini sering sekali membuat diri kita tidak akan mampu sepenuhnya fokus untuk menjadi diri sendiri sesuai dengan harapan dan kesadaran diri. Pengaruh dari luar diri yang sangat besar berpotensi untuk menghambat proses pengembangan diri sesuai dengan harapan yang diinginkan. Semua ini akan membuat diri menjadi tidak mudah untuk menjalankan nilai-nilai kehidupan yang dipilih termasuk untuk menjadikan diri lebih efektif dan produktif dalam semua aspek kehidupan.

Anda yang ingin mengelola diri dan menanamkan nilai-nilai positif  ke dalam potensi sukses Anda memerlukan kesadaran total untuk mengatasi pengaruh dari luar diri Anda. Jika Anda dapat menjadi sangat sadar dan cerdas mengelola lingkungan Anda, Anda berpotensi menjadi diri sendiri yang secara proaktif dapat bertindak tanpa terlalu banyak intervensi dari luar diri Anda. Untuk itu, miliki komitmen dan tekad yang sangat kuat untuk mendisain lingkungan kehidupan Anda sesuai dengan harapan dan impian Anda. Hal ini tidak mudah, tapi kalau Anda memiliki tekad dan kesabaran tanpa batas, Anda pasti dapat menciptakan sebuah lingkungan kehidupan Anda yang efektif dan produktif.

Pastikan Anda mengelola diri Anda melalui disiplin diri sendiri yang konsisten. Untuk itu, mulailah dari hal-hal kecil, seperti membangun sebuah sistem untuk menjaga kerapian dari semua cara kerja Anda; membiasakan mind set Anda untuk tertib administrasi; menjadikan ruang kerja Anda tempat yang aman dan nyaman untuk mengembangkan ide-ide kreatif dan menyaring informasi.

Dalam proses pengelolaan diri dan penanaman nilai-nilai positif memerlukan energi diri yang sportif. Untuk itu, Anda wajib berkomitmen untuk berolahraga secara teratur. Olahraga yang tepat untuk Anda adalah olahraga yang dapat membuat Anda merasa gembira dan menikmatinya. Bila Anda mampu menikmati olahraga Anda, maka olahraga tersebut akan menghadirkan semangat Anda yang luar biasa dengan perilaku sportif. Olahraga yang disenangi dan yang dilakukan dengan teratur akan membuat jantung semakin kuat dan peredaran darah akan semakin lancar untuk mengantar berbagai nutrisi dan zat yang diperlukan ke seluruh tubuh. Hal ini akan membuat tubuh semakin sehat, terasa segar, pikiran menjadi semakin jernih dan tenang untuk memikirkan nilai-nilai positif.

Jadilah pribadi yang senang mengevaluasi diri sendiri termasuk mengevaluasi lingkungan kehidupan Anda. Rawatlah perasaan dan pikiran positif Anda terhadap kehidupan yang Anda ciptakan. Miliki lingkungan kehidupan Anda yang dapat mempengaruhi suasana hati dan energi positif Anda. Perhatikan rumah Anda dan ruang kerja Anda di kantor. Apakah lingkungan rumah Anda sudah menyenangkan? Apakah lingkungan kantor Anda sudah menyenangkan? Apakah temperatur lingkungan Anda sudah mampu membuat diri Anda nyaman? Fokuskan diri Anda terhadap hal-hal yang dapat Anda kendalikan dalam lingkungan, dan jangan fokuskan diri Anda pada perilaku orang lain, sebab Anda tidak akan mampu memaksa orang lain untuk mengikuti kehidupan Anda. Kehidupan yang efektif dan produktif hanya dapat terjadi dalam lingkungan yang menyenangkan. Sebab, Anda pasti mampu untuk menghabiskan berjam-jam waktu bekerja Anda dalam lingkungan yang menyenangkan untuk Anda. Lingkungan yang menyenangkan akan membuat diri kita tidak pernah berkeluh-kesah terhadap hal apa pun, semuanya akan terasa damai dan sempurna.

Buatlah nilai-nilai kehidupan Anda terlihat oleh kehidupan lain. Anda harus bekerja dan menjalani setiap proses kehidupan Anda sambil melihat, merasakan, mendengar, dan menikmati semua nilai-nilai kehidupan Anda secara sempurna. Jangan biarkan semua pekerjaan, harapan dan mimpi Anda terkubur dalam konsep dan rencana, serta tersimpan rapi di dalam laci.  Selalu aktifkan diri Anda untuk melihat kembali rencana dan konsep yang belum mampu dilakukan saat ini, miliki daftar prioritas, tapi jangan pernah melupakan pekerjaan untuk mendapatkan semua mimpi dan harapan Anda.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com