PELATIHAN TEAM MANAGEMENT PROGRAM 2 HARI 16 JAM – DJAJENDRA

PELATIHAN TEAM MANAGEMENT PROGRAM 2 HARI 16 JAM

JUDUL:TEAM MANAGEMENT

“Kerja Sama Yang Berkualitas Tidak Diukur Dari Kecerdasan Atau Kemampuan Yang Dimiliki Seseorang , Tapi Dari Kecerdasan Atau Kemampuan Yang Telah Ia Kontribusikan Untuk Mempertahankan Kemenangan Bersama.” – Djajendra

Deskripsi Pelatihan

Bekerja dalam tim akan meringankan beban kerja individu dan akan meningkatkan keberhasilan dan kinerja kerja dari setiap orang yang terlibat dalam tim. Suasana kerja yang saling membantu dan saling berkontribusi akan menjadi keunggulan untuk mencapai hasil yang besar. Bekerja sebagai bagian dari tim yang optimal adalah mimpi dari setiap individu dan organisasi. Syarat utama membangun kerja sama tim adalah bahwa setiap individu harus memiliki kesadaran untuk saling bekerja sama dan mampu mensuport kepentingan strategi organisasi dengan berkualitas; mempersiapkan pikiran kreatif, emosi cerdas, karakter, perilaku, pengetahuan, dan keterampilan untuk mendukung semua kebutuhan organisasi dengan berkualitas; selalu fokus pada visi, misi, strategi, dan nilai-nilai organisasi; mampu bekerja dengan kekuatan komunikasi, pemecahan masalah, pengambilan keputusan, dan ikhlas bersatu dalam konsensus organisasi; serta mendorong terciptanya lingkungan kerja yang solid dalam kerja sama, dan menyatu dalam sebuah kekuatan yang besar untuk menciptakan kinerja organisasi yang optimal.

Membangun kerja sama yang cemerlang harus dimulai dari kualitas individu yang cemerlang untuk memperkuat kerja organisasi dengan efektif. Artinya, sebuah kerja sama yang solid akan terbentuk bila setiap individu yang hadir dalam organisasi membawa misi pelayanan dan misi kontribusi kepada semua kepentingan organisasi untuk mencapai kinerja dan prestasi terbaik. Setiap orang dalam organisasi harus memiliki tanggung jawab untuk menjadi satu kesatuan dalam sebuah kolaborasi, koordinasi, komunikasi, sinergi, dan prestasi bersama. Kerja sama yang solid harus menjadi filosofi kerja di setiap level dalam struktur organisasi. Kerja sama yang solid membutuhkan keterampilan, pengalaman, emosional, pengetahuan, kecerdasan, etika, integritas, dan energi yang saling bersinergi dan melengkapi. Oleh karena itu, setiap perbedaan tidaklah boleh dijadikan sebagai energi konflik, tapi harus ditransformasikan menjadi energi kerja sama yang solid dan berkualitas. Kerja sama dalam organisasi harus bersifat fleksibel dan mencair dalam semua kepentingan manajemen. Setiap kerja sama harus menjadi produktif  dan memiliki sasaran kinerja yang jelas. Setiap kerja sama harus cerdas memecahkan setiap masalah dengan berkualitas. Setiap orang dalam sebuah kerja sama harus sadar bahwa keberadaan mereka di dalam tim adalah untuk mendukung semua unit kerja, peran kerja, fungsi kerja, dan aspek kerja dalam organisasi.

Konsep Dasar

Secara garis besar, pelatihan Team Management ini, berangkat dari sebuah konsep dasar bahwa untuk menciptakan lingkungan kerja dengan kerja sama yang solid, maka setiap individu harus meningkatkan kualitas kerja sama dan kualitas diri sendiri agar mampu memberikan kontribusi pada pertumbuhan dan perkembangan organisasi.

Tujuan Pelatihan

Membangun kesadaran dan mendorong motivasi, emosi, moral, keyakinan, dan kepercayaan diri peserta untuk mempraktikkan budaya kerja sama dengan perilaku kerja yang profesional dan berkualitas, buat menjaga daya tahan organisasi dalam menghadapi berbagai macam tantangan, baik itu yang berasal dari internal maupun eksternal organisasi.

Manfaat Pelatihan

1. Peserta akan belajar cara meningkatkan kualitas dan kompetensi diri untuk  berkontribusi dalam kerja sama tim;  secara efektif, harmonis, dan yang membahagiakan semua pihak.

2. Peserta akan belajar cara membangun integritas dan etika dalam kerja sama tim.

3. Peserta akan belajar cara membangun kualitas emosional diri untuk mendukung kerja sama tim.

4. Peserta akan belajar cara meningkatkan kerja sama, kolaborasi, koordinasi, komunikasi, sinergi,  dan pelayanan.

5. Peserta akan belajar cara berkontribusi pada proses pemecahan masalah secara kreatif.

6. Peserta akan belajar cara membuat kerja sama tim lebih kohesif dan terpadu.

7. Peserta akan belajar cara membangun kepercayaan dan mengelola konflik dengan cerdas

8. Peserta akan belajar cara membuat keputusan tim yang efektif, terencana, dan terkalkulasi secara risiko.

9. Peserta akan mendapatkan tips dan trik untuk menuju hidup yang diperkaya dengan nilai-nilai positif untuk kerja sama tim.

10. Peserta dapat mendiskusikan semua persoalan dan tantangan kerja, untuk mendapatkan inspirasi dan motivasi dari pembicara

Metode Pelatihan

Presentasi, Tanya Jawab, Brainstorming, Diskusi, Studi Kasus, Latihan, Games, Role Play,  Dan Ice Breaker.

Materi Pelatihan

Materi pelatihan akan disampaikan secara holistik untuk tujuan menginternalisasikan nilai-nilai yang dibutuhkan dalam kerja sama. Sehingga diakhir pelatihan peserta bisa merasakan sendiri tentang manfaat positif dari kerja sama dan kontribusi yang mereka lakukan untuk kesuksesan dan kejayaan organisasi mereka.

Hari Pertama

Pk. 08.30 – Pk 10.00 wib. Sesi 1: Bekerja Dalam Tim.

Dalam sesi 1, peserta akan belajar cara membangun kerja sama tim yang ideal; manfaat dan keuntungan bekerja dalam tim; gaya kepemimpinan yang ideal untuk kerja sama; peran anggota yang mempengaruhi kualitas kerja sama.

Pk. 10.00 – 10.15 wib: Coffee Break.

Pk. 10.15 – 12.30 wib. Sesi 2: Membangun Kepribadian Unggul Untuk Kerja Sama Tim Yang Solid.

Dalam Sesi 2, peserta akan belajar cara untuk memiliki kepribadian dan karakter yang berkualitas untuk melakukan kerja sama. Peserta akan diberikan latihan melalui konsep personal SWOT analisis, opportunity analisis, dan personal PEST analisis. Ketiga jenis latihan ini dimaksudkan untuk membiasakan peserta bekerja bersama nilai-nilai untuk membangun kerja sama yang solid dengan semua kepentingan di organisasi, serta mampu mendukung semua kepentingan strategis organisasi dengan sempurna.

Pk. 12.30 – 13.30 wib. Lunch Break.

Pk. 13.30 – 15.00 wib. Sesi 3: Peran Integritas Dan Etika Dalam Kerja Sama.

Dalam sesi 3, pembahasan difokuskan untuk menjadikan integritas dan etika sebagai bagian dari karakter dan kepribadian kerja sama. Aspek integritas yang dibahas, yaitu: kejujuran, keterusterangan, tanggung jawab, kedewasaan, kepercayaan, kesetiaan, kerja keras, anti korupsi. Aspek etika yang dibahas, yaitu: karakter moral yang jujur, mampu membedakan yang benar dan salah, kehalusan budi, empati, dan kecermatan dalam membuat keputusan.

Pk. 15.00 – 15.15 wib. Coffee Break.

Pk. 15.15 – 16.30 wib. Sesi 4: Aktivitas Indoor Dalam Bentuk Games Dan Role Play Tentang Kolaborasi Dan Sinergi.

Dalam sesi 4, peserta akan dibagi dalam beberapa kelompok untuk mempraktikan atau memperagakan cara-cara berkolaborasi dan bersinergi yang efektif dan produktif.

Hari Kedua

Pk. 08.30 – Pk 10.00 wib. Sesi 5: Membangun Budaya Kerja Sama.

Dalam sesi 5, peserta akan belajar tentang peran budaya organisasi dalam membangun budaya kerja sama untuk bisa membentuk lingkungan kerja, hubungan kerja, etos kerja, proses kerja, dan kebahagiaan hidup di tempat kerja.

Pk. 10.00 – 10.15 wib: Coffee Break.

Pk. 10.15 – 12.30 wib. Sesi 6. Kecerdasan Emosional Untuk Kerja Sama Tim.

Dalam sesi 6, peserta akan belajar cara memanfaatkan kecerdasan emosional untuk memperkuat kerja sama tim. Peserta akan melakukan latihan untuk memperkuat kemampuan kecerdasan emosional dari sisi interpersonal dan personal.

Pk. 12.30 – 13.30 wib. Lunch Break.

Pk. 13.30 – 15.00 wib. Sesi 7: Budaya Percaya (Trust) –  Saling Percaya, Berkomunikasi, dan  Menghormati.

Dalam sesi 7, peserta akan belajar cara menjalankan budaya trust (percaya), yaitu  melalui hubungan kerja yang saling percaya, saling mendukung, saling berkomunikasi, saling berkontribusi, saling menghormati, serta saling menjaga kebersamaan dan keharmonisan di tempat kerja.

Pk. 15.00 – 15.15 wib. Coffee Break.

Pk. 15.15 – 16.30 wib. Sesi 8: Aktivitas Indoor Dalam Bentuk Games Dan Role Play Tentang Komunikasi dan kontribusi.

Dalam sesi 8, peserta akan dibagi dalam beberapa kelompok untuk mempraktikan atau memperagakan cara-cara berkomunikasi dan berkontribusi yang efektif dan produktif.

Profile Pembicara

Djajendra Adalah Praktisi, Penulis, Dan Pembicara Di Bidang Manajemen Korporasi.  Tahun 1992 Sambil Bekerja Di Rabobank Indonesia, Djajendra Memulai Kariernya Sebagai Coach Yang Mengajar Di Berbagai Perusahaan Di Indonesia, Malaysia, Dan Singapore, Termasuk Sebagai Dosen Di STIE Perbanas -Jakarta.  Sudah Banyak Audience Yang Pernah Mengikuti Pelatihan Djajendra.  Dalam Setiap Sesi Pelatihan, Djajendra Selalu Fokus Untuk Memberikan  Inspirasi, Motivasi, Wisdom, Success Secrets, Dan Pengetahuan.

Gaya Penyampaian Presentasi Djajendra Bersikap Profesional, Ramah, Perhatian, Dinamis, Energik, Terbuka, Hangat, Realistis, Menyenangkan, Berempati Tinggi, Bersahabat, Dan Membesarkan Hati Audience.

Standar Penyampaian Materi Presentasi Terfokus Kepada ”Best Practices” Dengan Nilai-Nilai Yang Terbuka Terhadap Ide-Ide Baru Yang Positif Dan Bermanfaat Buat Sukses Organisasi Dan Audience.

Seluruh Konsep Pelatihan Djajendra Terfokus Kepada Upaya Memotivasi Dan Membangun Mind Set Positif Dari Audience, Agar Audience Dapat Terinspirasi Untuk Meningkatkan Kualitas Berpikir Dan Bertindak Yang Lebih Efektif, Positif, Dan Cemerlang Di Tempat Kerja.

Karier Kerja Djajendra  Adalah  Sebagai Direktur Operasional Dan Marketing  Bank Putra Multikarsa, Direktur Loka Adipura Exchange, Auditor Rabobank Indonesia, Assisten Manajer Bank Internasional Indonesia, Auditor  Di Kantor Akuntan Publik Sudjendro,  Sebagai Direktur Dan Komisaris Di Beberapa Perusahaan Lainnya. Pendidikan S1 Bidang Ekonomi Akuntansi Di Universitas Trisakti, Program MBA In Banking Di Nitro Institute Of Banking & Finance. CEO Advanced Executive Program Di Kellogg School Of Management Northwestern University, Amerika Serikat. Dan, Mengikuti Advance Banking program Dari Barkeley University Di Hongkong.

Untuk Training Hubungi:

www.djajendra-motivator.com

Phone: 021 32849777 –  021 32168111

Mobile phone :  08128777083 – 081399256111

Fax      : 021- 57 992 842

Email: training@djajendra-motivator.com


Posted

in

by

Discover more from MOTIVASI DJAJENDRA

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading