PELATIHAN 3 HARI EMOTIONAL INTELLIGENCE: PERSONAL SKILLS + INTERPERSONAL SKILLS

HARI 1: PERSONAL SKILLS

PELATIHAN KECERDASAN EMOSIONAL: KETERAMPILAN PRIBADI

Pelatihan Kecerdasan Emosional ini difokuskan untuk pengembangan kepribadian  khusus untuk  Self-Awareness, Self-Management Self-Motivation,  Handling Fear.

Deskripsi Pelatihan.

Orang-orang yang menguasai pengetahuan dan cara menjalankan kecerdasan emosional akan memainkan peran penting dalam kehidupan individu. Sejumlah tantangan kompetensi dalam kecerdasan emosional berhubungan dengan keterampilan pribadi. Kesadaran diri dan analisis diri secara signifikan dapat membantu Anda untuk memahami mengapa Anda melakukan apa yang Anda lakukan dan apa yang dapat Anda rubah dalam diri Anda untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Termasuk, kemampuan untuk merespon, berinteraksi, dan memahami orang lain dengan lebih baik.

Pelatihan Kecerdasan Emosional ini akan fokus pada keterampilan pribadi dengan menggunakan berbagai contoh, studi kasus, contoh percakapan dan teknik untuk menguasai setiap kompetensi kecerdasan emosional. Peserta akan belajar tentang harga diri, siklus perilaku, berpikir positif vs negatif, penanganan ketakutan, motivasi, suara hati, firasat dan sebagainya. Tujuannya adalah untuk mengubah sudut pandang peserta yang mungkin telah terbiasa menggunakan perilaku tertentu tanpa menyadari efek positif dan negatif dari perilaku tersebut bila digunakan pada orang lain. Pelatihan ini akan meningkatkan kesadaran diri sendiri, dan membantu peserta untuk secara signifikan mengubah perilaku dengan menggunakan teknik yang sederhana namun efektif saat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Konsep Dasar

Pelatihan  ini mengandung konten tentang bagaimana cara seseorang untuk menangani reaksi negatif diri sendiri dan membuat diri berkembang bersama emosional yang baik. Keluarga, teman dan rekan bisa menjadi penghambat atau pendorong  untuk menjadikan seseorang cerdas secara emosional. Tetapi, kemampuan diri sendiri untuk menangani reaksi dengan emosi baik akan membantu seseorang untuk tumbuh dengan menjadi lebih cerdas secara emosional.

Tujuan Pelatihan

Membangun kompetensi kecerdasan emosional dari sisi keterampilan pribadi. Peserta akan mendapatkan cara melakukan perubahan perilaku untuk menunjukkan atau merawat emosional diri sendiri. Tujuan lain dari pelatihan ini adalah memungkinkan peserta untuk berpikir tentang interaksi masa depan mereka dengan cara baru, untuk meningkatkan keterampilan komunikasi mereka dan mendapatkan lebih banyak keuntungan dari kehidupan.

Metode Pelatihan

Presentasi, tanya-jawab, studi kasus, brainstorming, games, diskusi, role play, perenungan, icebreaker, pemutaran filem pendek.

Manfaat Pelatihan

1.     Peserta akan mempelajari bagaimana kompetensi kecerdasan emosional mampu meningkatkan kualitas hidup dan membantu peserta dalam meraih prestasi di tempat kerja.

2.     Peserta akan belajar cara menganalisa perilaku diri sendiri, mengatur reaksi dari orang lain, dan menciptakan  perilaku yang seimbang dalam menjalani peran kehidupan.

3.     Peserta akan belajar cara mengadopsi strategi untuk mencegah masuknya emosi negatif ke dalam diri dan cara mengganti pikiran yang merusak dengan pikiran yang kuat.

4.     Peserta akan belajar cara mengubah pikiran dan mentalitas negatif untuk berpikir positif dan mengurangi kekhawatiran.

5.     Peserta akan belajar  tentang hal-hal yang diperlukan untuk bisa percaya pada diri sendiri dan cara untuk mendapatkan motivasi.

6.     Peserta akan belajar cara menangani perasaan takut  dan cara untuk meningkatkan harga diri.

7.     Peserta akan belajar cara membantu orang lain dengan  meminimalkan konflik emosional dan mengelola hubungan.

8.     Peserta akan belajar tentang manfaat kecerdasan emosional untuk kesehatan fisik dan mental.

Materi Pelatihan

Sesi 1: Self-Awareness

Dalam sesi 1, pembahasan difokuskan untuk membangun kesadaran diri peserta dalam memahami kekuatan emosi baik dari dalam diri sendiri. Peserta juga akan belajar tentang siklus perilaku dan dampaknya terhadap kebahagiaan diri; cara meningkatkan harga diri dengan pengendalian diri yang tangguh;  kemampuan untuk menganalisis diri sendiri dan merawat keseimbangan diri dalam setiap aspek kehidupan.

Sesi 2: Self-Management

Dalam sesi 2, peserta akan belajar cara mengelola diri sendiri agar diri selalu berada dalam prinsip-prinsip dan nilai-nilai kehidupan yang tertata dengan baik.  Kemampuan diri untuk mencegah masuknya nilai-nilai negatif ke pikiran bawah sadar. Kemampuan diri untuk menyerap sebanyak mungkin nilai-nilai positif dan membuat nilai-nilai positif tersebut membantu meningkatkan kualitas diri untuk semua aspek kehidupan. Memanfaatkan nilai-nilai positif untuk meningkatkan interaksi dengan orang lain. Mengelola diri untuk menghapus perasaan khawatir. Menggunakan mentalitas positif untuk menghadapi tantangan kehidupan. Mengotomatisasi diri untuk selalu berpikir positif.

Sesi 3: Self-Motivation

Dalam sesi 3, peserta akan belajar cara memotivasi diri sendiri dan cara membuat diri termotivasi. Peserta akan diberikan perbandingan melalui orang-orang sukses dalam sejarah. Khususnya, tentang kemampuan mereka untuk memotivasi diri sendiri dan memiliki mentalitas untuk mengarah kepada keberhasilan yang luar biasa.

Sesi 4: Handling Fear

Dalam sesi 4, peserta akan belajar cara mengatasi perasaan takut. Asal mula perasaan takut. Jenis ketakutan dan cara menanganinya. Cara keluar dari zona kenyamanan. Cara mencegah reaksi emosional negatif. Akar penyebab reaksi dan artinya bagi kemajuan diri. Cara mencari dan memberikan dukungan kepada diri sendiri. Strategi terbaik untuk menangani emosional negatif orang lain yang berpotensi menghambat  pertumbuhan kualitas diri.

HARI 2 DAN 3: INTERPERSONAL SKILLS

PELATIHAN KECERDASAN EMOSIONAL: INTERPERSONAL SKILLS

Advanced Emotional Intelligence : Interpersonal Skills

Deskripsi Pelatihan

Apakah Anda pernah berpikir untuk menjadi pribadi panutan yang bijak dalam interaksi sosial dan mampu menghadirkan perasaan damai dan nyaman di hati orang lain. Bila pernah berpikir seperti itu, maka pelatihan kecerdasan emosional program interpersonal skills ini sangat sesuai dengan kebutuhan Anda. Pelatihan selama dua hari ini akan membuat Anda mengetahui apa yang harus Anda lakukan, dan bagaimana berkomunikasi dengan orang lain dalam aturan sosial yang beretika. Anda akan dilatih untuk memiliki keterampilan emosional agar Anda dapat menjalani interaksi dan komunikasi dengan siapa pun dalam perasaan nyaman. Pengalaman hidup selalu memberikan bukti bahwa logika berpikir, persepsi, keyakinan, dan nilai-nilai kehidupan dari orang-orang yang ditemui selalu sangat beragam. Oleh karena itu,  Anda perlu mengetahui cara menavigasi secara efisien setiap interaksi sosial Anda dengan siapa pun. Dan, dalam pelatihan ini Anda akan mempelajari keterampilan dan nilai-nilai yang bisa membuat Anda selalu cerdas secara emosi dalam setiap interaksi.

Program pelatihan kecerdasan emosional ini akan fokus secara sangat spesifik pada keterampilan interpersonal, sehingga peserta dapat mengeksplorasi topik untuk meningkatkan kualitas kompetensi kecerdasan emosional melalui kecerdasan sosial dan komunikasi. Khususnya dalam aspek seperti empati, perhatian, keragaman, perbedaan, membangun hubungan baik, pengertian kepada persepsi orang lain, pengaruh, bertindak dan sebagainya. Peserta akan dilatih untuk mengeksplorasi berbagai metode untuk menangani situasi sosial sehari-hari dan menemukan metode apa yang terbaik untuk mereka. Berbagai contoh seperti pertemuan bisnis, interaksi dengan teman, rekan kerja, manajer atau bahkan dengan para pesaing.

Konsep Dasar

Perilaku dan emosional manusia sangatlah beragam, diperlukan kompetensi kecerdasan emosional untuk memahami keragaman emosional dan perbedaan pola pikir dalam setiap interaksi. Berita baiknya adalah bahwa setiap orang bisa melatih kecerdasan emosionalnya untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain dalam kendali emosional baik.

Tujuan pelatihan

Program ini disusun untuk memberikan keterampilan lanjutan dari kecerdasan emosional khusus untuk sisi interpersonal atau hubungan antar pribadi.

Metode pelatihan

Presentasi, Tanya Jawab, Diskusi, Studi Kasus, Self Talk, Games, film pendek, Icebreaker Dan Role Play.

Manfaat pelatihan

1.     Peserta akan belajar cara mengidentifikasi kompetensi kecerdasan sosial dan mempelajari bagaimana otak memproses informasi dan emosi.

2.     Peserta akan belajar untuk memahami pentingnya interaksi positif dengan orang lain dan apa yang diperlukan untuk menjalin hubungan positif.

3.     Peserta akan belajar cara berkomunikasi dengan kekuatan empati dan memperkuat hubungan dengan orang lain.

4.     Peserta akan belajar cara mengakui orang lain dan meningkatkan kontribusi dalam setiap hubungan.

5.     Peserta akan belajar untuk tidak mengecilkan harga diri orang lain.

6.     Peserta akan belajar cara menggunakan teknik mirroring untuk menjalin hubungan dengan orang lain melalui sinyal langsung dan bawah sadar.

7.     Peserta akan belajar cara bertindak sesuai dengan target yang diinginkan dan menampilkan sisi karismatik diri secara berkualitas.

8.     Peserta akan belajar cara mengendalikan pengaruh orang lain dan mengelola emosi pelarian dalam pertemuan sosial, serta memandu interaksi menuju arah pilihan diri sendiri.

9.     Peserta akan belajar cara memonitor hubungan dirinya dengan orang lain dan menyadari konsekuensinya.

10.  Peserta akan belajar cara mengendalikan politik kantor dan konflik.

Materi Pelatihan

Sesi 5: Kecerdasan Sosial.

Dalam sesi 5, pembahasan akan difokuskan untuk memahami apa itu kecerdasan sosial;bagaimana otak memproses emosi; bagaimana cara berkomunikasi dan bagaimana komunikasi itu bisa gagal; peran pengetahuan sosial dalam meningkatkan kesadaran emosional sosial.

Sesi 6: Kepedulian Sosial.

Dalam sesi 6, pembahasan akan difokuskan untuk memahami kesadaran sosial; cara membangun hubungan baik; cara bereaksi terhadap orang-orang yang mengekspresikan emosi negatif dan memahami dampaknya; cara mencapai perhatian bersama; arti fisiologis dan psikologis dari kontak mata; cara menunjukkan perilaku peduli sosial.

Sesi 7: Empati.

Dalam sesi 7, pembahasan akan difokuskan pada cara menampilkan empati; cara menampilkan simpati; teknik verbal atau nonverbal yang cocok untuk menunjukkan empati;  apa yang dapat dipelajari dari contoh komunikasi empati; bagaimana membuat komunikasi empati menguntungkan semua pihak.

Sesi 8: Komunikasi Verbal Dan Nonverbal.

Dalam sesi 8, pembahasan akan difokuskan untuk memahami cermin orang lain dan menjalin hubungan; interaksi verbal dan non verbal untuk bisa mendorong orang lain membuka hati mereka; cara Anda menunjukkan kehadiran dan karisma; manfaat dari akting; cara menggunakan tindakan positif untuk menunjukkan kepercayaan; cara menjadi lebih baik dan berani bertindak dengan mengikuti aturan dan etika; cara bertindak dalam lingkungan sosial untuk meningkatkan kinerja.

Sesi 9: Pengaruh.

Dalam sesi 9, pembahasan akan difokuskan untuk memahami peran pengaruh dalam membangun hubungan baik; cara mengambil keuntungan dari kekuatan pengaruh untuk kebaikan semua orang; memahami penyakit menular kerumunan; cara mempengaruhi pertemuan-pertemuan untuk merubah risiko menjadi peluang.

Sesi 10: Politik Kantor Dan Konflik.

Dalam sesi 10, pembahasan akan difokuskan untuk memahami realitas politik kantor; cara berinteraksi dalam lingkungan politik kantor; cara menghindari konflik; cara memanfaatkan politik kantor untuk perkembangan karir.

Profile Pembicara

Djajendra Adalah Praktisi, Penulis, Dan Pembicara Di Bidang Manajemen Korporasi.  Tahun 1992 Sambil Bekerja Di Rabobank Indonesia, Djajendra Memulai Kariernya Sebagai Coach Yang Mengajar Di Berbagai Perusahaan Di Indonesia, Malaysia, Dan Singapore, Termasuk Sebagai Dosen Di STIE Perbanas -Jakarta.  Sudah Banyak Audience Yang Pernah Mengikuti Pelatihan Djajendra.  Dalam Setiap Sesi Pelatihan, Djajendra Selalu Fokus Untuk Memberikan  Inspirasi, Motivasi, Wisdom, Success Secrets, Dan Pengetahuan.

Gaya Penyampaian Presentasi Djajendra Bersikap Profesional, Ramah, Perhatian, Dinamis, Energik, Terbuka, Hangat, Realistis, Menyenangkan, Berempati Tinggi, Bersahabat, Dan Membesarkan Hati Audience.

Standar Penyampaian Materi Presentasi Terfokus Kepada ”Best Practices” Dengan Nilai-Nilai Yang Terbuka Terhadap Ide-Ide Baru Yang Positif Dan Bermanfaat Buat Sukses Organisasi Dan Audience.

Seluruh Konsep Pelatihan Djajendra Terfokus Kepada Upaya Memotivasi Dan Membangun Mind Set Positif Dari Audience, Agar Audience Dapat Terinspirasi Untuk Meningkatkan Kualitas Berpikir Dan Bertindak Yang Lebih Efektif, Positif, Dan Cemerlang Di Tempat Kerja.

Karier Kerja Djajendra  Adalah  Sebagai Direktur Operasional Dan Marketing  Bank Putra Multikarsa, Direktur Loka Adipura Exchange, Auditor Rabobank Indonesia, Assisten Manajer Bank Internasional Indonesia, Auditor  Di Kantor Akuntan Publik Sudjendro,  Sebagai Direktur Dan Komisaris Di Beberapa Perusahaan Lainnya. Pendidikan S1 Bidang Ekonomi Akuntansi Di Universitas Trisakti, Program MBA In Banking Di Nitro Institute Of Banking & Finance. CEO Advanced Executive Program Di Kellogg School Of Management Northwestern University, Amerika Serikat. Dan, Mengikuti Advance Banking program Dari Barkeley University Di Hongkong.

Untuk training hubungi:

www.djajendra-motivator.com

Phone: 021 32849777 –  021 32168111

Mobile phone :  08128777083 – 081399256111

Fax    : 021- 57 992 842

Email: training@djajendra-motivator.com