MEREKAM SUARA PELANGGAN

“Pelayanan Pelanggan Terbaik Membutuhkan Nilai Dan Kebiasaan Pelayanan Beretika, Dalam Pengawasan Manajemen Yang Berintegritas Untuk Pelayanan.” – Djajendra

Customer Relationship Management atau biasa dikenal dengan CRM adalah sebuah prinsip kerja yang biasanya didasarkan kepada keunggulan teknologi. Dengan keunggulan software dan hardware yang dimiliki sebuah perusahaan, maka perusahaan tersebut bisa memaksimalkan database  pelanggan untuk berbagai kepentingan dalam upaya meningkatkan pelayanan dan penjualanan. Database pelanggan yang dipahami secara baik berpotensi menjadi sumber kreativitas perusahaan untuk menghasilkan produk atau jasa yang baru buat lebih memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan.

Ada perusahaan-perusahaan tertentu yang memaksimalkan fungsi CRM dengan cara merekam pembicaraan telepon antara customer service mereka dengan pelanggan. Perekaman ini dilakukan dengan tujuan untuk pengawasan terhadap etika pelayanan dari customer service mereka. Hasilnya, setiap customer service menjadi sangat sopan dengan kata-kata yang sangat menyejukan hati pelanggan. Apa pun bahasa pelanggan, para customer service bisa mengendalikan emosi dan tetap menjaga etika pelayanan dengan luar biasa.

Saya juga memiliki pengalaman dengan sebuah perusahaan jasa sekelas ukm yang memiliki konsep pelayanan on line yang sangat luar biasa. Konsep pelayanan on line mereka sangat mengagumkan. Perusahaan-perusahaan raksasa yang selalu mengiklankan diri sebagai yang terbaik dalam pelayanan on line mungkin harus belajar dari perusahaan kecil tersebut. Bahasa dan kata-kata pelayanan dari perusahaan kecil ini sangat beretika dan sangat membantu pelanggan. Saya berkeyakinan teknologi CRM yang mereka miliki pasti sederhana dan tidak terlalu mahal, tapi mereka mampu mengoptimalkannya untuk memberikan kepuasan yang luar biasa buat para pelanggan mereka. Semua ini terjadi karena mereka memiliki nilai, kebiasaan, dan pengawasan terhadap  pelayanan yang mereka janjikan kepada pelanggan.

Service excellence untuk pelanggan sangat tergantung kepada nilai-nilai kerja yang ingin diberikan kepada pelanggan; sangat tergantung kepada kebiasaan-kebiasaan pelayanan yang beretika; dan sangat tergantung kepada kemampuan manajemen untuk mengawasi para customer service agar mereka selalu patuh kepada nilai-nilai pelayanan yang dijanjikan kepada pelanggan mereka. Perusahaan dengan pelayanan pelanggan yang luar biasa akan lahir dari kemampuan para customer service untuk tetap mengendalikan emosi dan untuk tetap berinteraksi dengan cara-cara yang beretika.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com


Posted

in

,

by

Tags:

Discover more from MOTIVASI DJAJENDRA

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading