PELATIHAN BUILDING SOLID TEAMWORK IN THE WORKPLACE 2 HARI 1 MALAM

BUILDING SOLID TEAMWORK IN THE WORKPLACE

PROGRAM PELATIHAN SEMI OUTBOUND KERJA SAMA DAN PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN 2 HARI 1 MALAM.

JUDUL: BUILDING SOLID TEAMWORK IN THE WORKPLACE – MEMBANGUN KERJA SAMA YANG SOLID DI TEMPAT KERJA

Program pelatihan Building Solid Teamwork In The Workplace akan disampaikan dalam bentuk lokakarya (workshop) dengan tambahan aktivitas outbound. Materi pelatihan dirancang untuk fokus pada tiga aspek utama, yaitu: tim, kerjasama tim, dan pengembangan kepribadian untuk kerja sama dalam tim yang solid. Pelatihan dirancang untuk memberikan keterampilan menjadi anggota tim yang efektif dan produktif, serta kemampuan memimpin diri sendiri dalam mewujudkan kerja sama yang berkualitas. Pelatihan akan dilengkapi dengan latihan tertulis, diskusi, dan role play di dalam kelas. Pelatihan selama dua hari ini tidak bertujuan membangun tim untuk pekerjaan tertentu, tapi bertujuan untuk membangun kerja sama di dalam struktur organisasi agar organisasi mampu menjadi lebih efektif dan produktif.

DESKRIPSI

Kerja tim adalah cara bekerja di mana masing-masing anggota tim bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Hal ini melibatkan hubungan kerjasama, komunikasi yang terbuka, kelompok pemecahan masalah, dan konsensus pengambilan keputusan. Kerjasama hanya dapat efektif dalam lingkungan organisasi yang berlandaskan etika, integritas, loyalitas, kejujuran, kepercayaan, komunikasi terbuka, keterlibatan individu, kebanggaan pada pekerjaan, dan komitmen terhadap tanggung jawab.

Kerjasama berarti melibatkan seluruh anggota tim dalam lingkungan kerja yang saling percaya satu sama lain untuk melakukan tugas dan tanggung jawab dalam batas-batas yang ditentukan oleh organisasi. Komunikasi yang efektif, beretika, dan terbuka akan membuat semua anggota tim bisa saling percaya dan saling mendengarkan untuk menghasilkan hal-hal luar biasa buat organisasi. Pemimpin dan anggota tim harus memiliki sikap positif selama masa-masa sulit dan tidak boleh saling menyalahkan satu sama lain tapi harus saling memotivasi, saling menghormati, saling mendukung, dan secara bersama-sama mengelola konflik dengan bijak. Anggota tim harus saling berkontribusi sesuai kompetensi teknis masing-masing dan harus selalu percaya bahwa keragaman, individualitas, dan kreativitas adalah nilai tambah untuk keuntungan organisasi. Setiap kontribusi Individu dan kontribusi tim harus dihargai dan diakui secara tepat waktu oleh organisasi, agar setiap orang dalam tim bisa memiliki motivasi yang kuat untuk bekerja sesuai komitmen dan fokus pada kebutuhan organisasi.

Pelatihan selama dua hari ini bertujuan untuk membangun kerja sama di dalam struktur organisasi agar organisasi mampu memenuhi semua tantangan dengan efektif dan produktif. Setiap fungsi dan peran kerja harus bisa bekerja sama seperti sebuah tim untuk mencapai tujuan bersama dengan cara-cara yang efektif dan produktif. Kerja sama yang berkualitas akan memaksimalkan penggunaan sumber daya manusia dalam organisasi. Kerja sama yang berkualitas akan memberikan keputusan yang lebih baik dan motivasi untuk membawa setiap persoalan pada penyelesaian yang tepat. Kerja sama memungkinkan semua orang bisa berpartisipasi untuk memberikan kontribusi buat organisasi. Kerja sama membangun hubungan kerja yang terkelola dalam koordinasi kerja yang profesional. Kerja sama yang berkualitas akan mengarahkan setiap anggota kepada peningkatan kepuasan kerja dan manfaat dalam pekerjaan itu sendiri. Selanjutnya, kerja sama yang berkualitas di dalam struktur organisasi akan membuat organisasi menjadi semakin dinamis, efektif, kreatif, efisien, dan produktif. Kondisi ini akan menyediakan struktur organisasi dan sumber daya manusia yang sangat responsif untuk bersaing dengan sukses dalam lingkungan ekonomi yang selalu berubah dari hari ini dan masa depan.

KONSEP DASAR

Pelatihan Building Solid Teamwork In The Workplace berangkat dari sebuah konsep dasar bahwa semua jenis organisasi sedang menghadapi tantangan perubahan untuk menjadi lebih efektif dan responsif terhadap stakeholder. Untuk menjawab tantangan ini, diperlukan sebuah struktur organisasi dengan kekuatan sumber daya manusia yang saling bersinergi dan berkolaborasi, dalam wujud kerja sama yang solid untuk membuat organisasi mampu bersaing dengan sukses dalam lingkungan stakeholder yang terus berkembang dari hari ini dan masa depan.

TUJUAN PELATIHAN

Pelatihan ini membangun keterampilan bekerja sama dalam tim struktur (berdasarkan peran dan tanggung jawab) di dalam struktur organisasi. Tujuannya agar organisasi bisa mendapatkan hasil maksimal dari sumber daya manusia yang secara rutin mampu bekerja sama dalam sinergi dan kolaborasi untuk mencapai tujuan organisasi. Pelatihan ini juga bertujuan untuk menunjukkan kepada peserta tentang kekuatan kerja sama dalam menghadirkan sukses individu, kelompok, dan organisasi. selanjutnya, pelatihan ini bertujuan untuk menciptakan energi positif dalam organisasi dengan cara memberdayakan potensi kerja sama individu; pemeliharaan hubungan yang konstruktif diantara individu;
membuat individu menjadi visioner, inovatif, saling menghargai, terbuka dan jujur;  membuat individu mampu memelihara perasaan bangga kepada organisasi; membuat individu bekerja atas dasar etika, loyalitas, integritas, dan selalu cerdas menjawab tantangan baru dengan sikap positif.

METODE PELATIHAN

Indoor dan outdoor yang dilakukan melalui presentasi, tanya-jawab, diskusi, latihan tertulis, brainstorming, role play, outbound team building, games dan icebreaker.

MANFAAT PELATIHAN

  1. 1. Peserta belajar hal-hal mendasar dalam kerja sama tim, seperti: forming, storming, norming, performing, team structure, roles and responsibilities.
  2. Peserta belajar untuk tumbuh dan berkembang melalui kekuatan kerja sama.
  3. Peserta belajar tentang karakter orang-orang dalam kerja sama, hubungan antar pribadi, dan dinamika dalam kerja sama.
  4. Peserta belajar meningkatkan kolaborasi dan kerjasama.
  5. Peserta belajar berkontribusi pada proses pemecahan masalah secara kreatif.
  6. Peserta belajar bekerja sama secara lebih kohesif dan terpadu.
  7. Peserta belajar untuk membangun kepercayaan dalam kerja sama.
  8. Peserta belajar membuat keputusan tim yang efektif dan terencana.
  9. Peserta belajar untuk lebih terlibat dan memberikan kontribusi positif untuk lingkungan kantor.

MATERI PELATIHAN

HARI 1 / DAY 1

PK 10.00 -12.00 WIB : SESI 1 : KEUNGGULAN PRIBADI UNTUK KERJA SAMA TIM YANG SOLID (Personal Excellence for Solid Teamwork)

Peserta belajar tentang peran individu dalam tim dan kerja sama; perilaku individual, orientasi dan pengaruhnya terhadap tim; membangun kepribadian dan karakter yang siap untuk melakukan kerja sama; membangun kepribadian yang mampu mendukung semua kepentingan strategis organisasi dengan berkualitas.

PK 12.00 – 13.30 WIB: LUNCH BREAK

PK. 13.30 – 14.00 WIB. CHECK IN DI HOTEL

PK 14.00 – 17.00 WIB. SESI 2 BERTINDAK UNTUK MEMBANGUN DAN MENJAGA KERJA SAMA. (Acting to Build and Maintain Teamwork)

Peserta belajar menjadi bagian dari sistem kerja sama yang solid di dalam organisasi. Belajar memiliki motivasi dan mampu membuat keputusan yang lebih baik. Belajar untuk selalu berpartisipasi dan memelihara peningkatan hubungan kerja. Belajar menghargai dan mencintai pekerjaan. Belajar meningkatkan komunikasi dan kualitas kontribusi informasi. Belajar menyatu dalam keutuhan struktur organisasi dan bekerja total ke arah tujuan bersama. Belajar mendukung perspektif organisasi yang luas. Sesi 2 ini dilengkapi dengan latihan tertulis dan diskusi + coffee break di dalam kelas.

PK. 17.00 – 19.00 WIB: BREAK, MANDI DAN MAKAN MALAM

PK.19.00 – 21.00 WIB. SESI 3: KERJA SAMA MEMPERMUDAH PEKERJAAN (Team Work Makes Easier Work )

Peserta belajar tentang hubungan interpersonal dan karakter orang-orang dalam kerja sama; belajar tentang menciptakan energi positif dalam kerja sama; belajar membangun mind set tim pemenang; belajar menjinakkan hal-hal yang tidak produktif dalam kerja sama.

PK.21.15 WIB: ISTIRAHAT.

HARI 2 / DAY 2

PK. 06.00 – 08.00: BREAKFAST/MAKAN PAGI

PK. 08.00 – 12.00 WIB. AKTIVITAS OUTBOUND DIPANDU OLEH PARA PROFESSIONAL DIBIDANGNYA.

PK. 12.05 WIB: PELATIHAN SELESAI.

PK.12.30 WIB: CHECK OUT DARI HOTEL.

PK. 13.00 – 14.00 WIB: MAKAN SIANG BERSAMA.

Untuk training hubungi:

www.djajendra-motivator.com

Phone: 021 32849777 –  021 32168111

Mobile phone :  08128777083 – 081399256111

Email: training@djajendra-motivator.com


Posted

in

by

Discover more from MOTIVASI DJAJENDRA

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading