Mengubah Perilaku Buruk Di Tempat Kerja

“Di Saat Nilai-Nilai Terbaik Dijalankan Dengan Kebiasaan Kerja Yang Buruk, Maka Hasil Akhir Tidak Akan Mencapai Hal-Hal Berkualitas.” – Djajendra

Setiap perusahaan selalu berusaha menanamkan nilai-nilai terbaik untuk menghasilkan kualitas kerja terbaik. Sayangnya, manusia adalah pribadi yang selalu tidak luput dari perilaku negatif yang berpotensi merusak nilai-nilai terbaik perusahaan.

Dua hari yang lalu, saya diundang oleh sebuah perusahaan properti untuk memberikan pencerahan tentang cara menghapus perilaku buruk di tempat kerja. Pencerahan diberikan kepada karyawan dan pimpinan di unit kerja back office. Perusahaan tersebut telah memiliki core values (nilai-nilai inti) untuk membangun budaya kerja yang baik, tapi mereka merasa masih ada perilaku-perilaku negatif yang merusak nilai-nilai inti perusahaan tersebut.

Di saat nilai-nilai terbaik perusahaan dijalankan dengan kebiasaan kerja yang buruk, maka hasil akhir perusahaan tidak akan mencapai hal-hal berkualitas. Termasuk, tidak akan mencapai kinerja yang maksimal. Oleh karena itu, implementasi nilai-nilai berkualitas harus diikuti dengan membangun kesadaran diri terdalam setiap individu untuk melebur dan menyatu ke dalam nilai-nilai berkualitas tersebut.

Mengubah perilaku negatif sesungguhnya tidak sulit. Diperlukan niat, tekad, antusias, latihan terus-menerus dan kerja keras untuk mengubah perilaku negatif menjadi perilaku positif. Latihan dan kerja keras secara terus – menerus diperlukan agar kebiasaan buruk tidak kembali menguasai lingkungan kerja. Sebab, bila tidak dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati dijalankan, kemungkinan perilaku baik hanya menjadi perilaku sesaat, dan perilaku negatif akan kembali menguasai mind set individu dan lingkungan kerja.

Mengubah perilaku buruk ditempat kerja berarti harus segera menghentikan perilaku negatif di semua aspek dan fungsi kerja. Untuk itu, setiap orang di tempat kerja harus memiliki alasan yang tepat untuk tidak membiarkan perilaku negatif itu berkembang  di tempat kerja. Setiap orang di tempat kerja harus menikmati semua perilaku positif dan kebiasaan-kebiasaan kerja berdasarkan nilai-nilai terbaik dengan sepenuh hati. Setiap orang ditempat kerja harus berkontribusi untuk saling menghargai satu sama lain, dan membantu perusahaan untuk mempertahankan nilai-nilai terbaik secara konsisten.

Untuk seminar/training hubungi www.djajendra-motivator.com