Merawat Pikiran dan Perasaan Dengan Nilai – Nilai Kehidupan Yang Seimbang

Merawat Pikiran dan Perasaan Dengan Nilai – Nilai Kehidupan Yang Seimbang

“Segala Sesuatu Yang Berlebihan Pasti Tidak Baik, Jadi Selalu Sesuaikan Semua Hal Sesuai Kadar Dan Kepantasan.” – Djajendra

Dalam diri setiap orang ada dua kekuatan yang luar biasa, dua kekuatan yang harus terus-menerus dipelajari untuk dapat merawatnya dengan baik. Dua kekuatan itu adalah pikiran dan perasaan.

Pikiran dan perasaan sifatnya seperti tanaman yang harus selalu disiram dan dipupuk dengan jumlah dan kadar yang pas, tidak boleh terlalu lebih, ataupun terlalu kurang. Bila salah perawatan, maka tanaman bisa stres dan mengering. Demikian juga dengan pikiran dan perasaan harus dirawat dengan nilai-nilai kehidupan yang seimbang dan yang pantas. Segala sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik, sesuaikan semua hal sesuai kadar dan kepantasan.

Kehidupan bila tidak dijalankan dengan perasaan dan pikiran positif, maka kehidupan akan menghadirkan kondisi dan situasi negatif di setiap hari. Jadi, jangan heran bila ada orang-orang yang setiap harinya hidup dengan berkeluh kesah dan selalu berbicara tentang kekurangan kondisi keuangan, kesehatan, keluarga, lingkungan kerja, sahabat, ekonomi, politik, keyakinan orang lain, dan masih banyak lagi hal-hal negatif yang dipikirkan dan dirasakan. Semua ini terjadi karena tangan selalu menunjuk untuk menyalahkan pihak lain atas kekurangan dalam hidup, tanpa sekalipun tangan menunjuk kepada diri sendiri sebagai aktor utama yang harus bertanggungjawab atas semua kekurangan hidup.

Bila pikiran dan perasaan Anda tidak dirawat dengan nilai-nilai kehidupan positif, maka pikiran dan perasaan Anda akan menciptakan kondisi kehidupan yang frustasi dan menderita. Kondisi frustasi dan penderitaan Anda akan menghapus hak Anda untuk hidup damai dan bahagia. Jika hak Anda untuk damai dan bahagia hilang oleh ketidakcerdasan Anda dalam mengelola dan merawat perasaan dan pikiran Anda, maka seharusnya Anda bangkit untuk melakukan perubahan dan perbaikan secara fundamental pada nilai-nilai dan keyakinan diri Anda.

Untuk melakukan perubahan dan perbaikan secara fundamental pada nilai-nilai dan keyakinan Anda,  Anda harus menjalankan beberapa prosedur berikut:

  1. Jawablah dengan tulus dan jujur. Apakah nilai-nilai kehidupan yang Anda miliki sekarang telah menciptakan perasaan dan pikiran yang Anda inginkan?
  2. Lakukan dengan integritas. Lakukan identifikasi terhadap nilai-nilai kehidupan yang saat ini ada di dalam pikiran dan perasaan Anda.
  3. Lakukan untuk kebahagiaan dan kedamaian hidup Anda. Tentukan apakah nilai-nilai dan keyakinan Anda  yang sekarang sudah tepat untuk membuat  Anda damai dan bahagia?
  4. Bertindaklah. Lakukan perubahan pada nilai-nilai dan keyakinan diri yang menghambat proses pengembangan nilai menuju perasaan damai dan bahagia.
  5. Kuasai cara dan teknik untuk mengembangkan dan mengartikulasikan nilai-nilai kehidupan baru Anda ke dalam kepribadian yang Anda inginkan.
  6. Pahami nilai-nilai berikut dan apakah Anda mampu melihatnya dari pikiran dan perasaan positif Anda? Ambisi, kompetensi, individualitas, kesetaraan, integritas, pelayanan, tanggung jawab, ketepatan, hormat, dedikasi, keragaman, perbaikan, kesenangan, loyalitas, kredibilitas, kejujuran, inovasi, kerja sama tim, keunggulan, akuntabilitas, pemberdayaan, kualitas, efisiensi, martabat, kolaborasi, pelayanan, empati, prestasi, keberanian, kearifan, kemandirian, keamanan, tantangan, pengaruh, pembelajaran, kasih sayang, ramah, disiplin, kemurahan hati, persistensi, optimisme, ketergantungan, fleksibilitas,…..

Untuk seminar/training hubungi www.djajendra-motivator.com

Author: DJAJENDRA

Djajendra is corporate motivator. The best corporate motivator in Jakarta, Indonesia. web site: http://www.djajendra-motivator.com E-mail: training@djajendra-motivator.com E-mail: konsultasi@djajendra-motivator.com