Mempersiapkan Karyawan Untuk Bertanggung Jawab

“Jadikan Karyawan Sebagai Mitra Kerja, Dan Berikan Tanggung Jawab Dalam Kendali Manajemen Risiko Yang Berkualitas.” – Djajendra

Dalam perjalanan saya dari satu perusahaan ke perusahaan lain, saya menemukan bahwa para pemimpin atau manajer selalu takut untuk memberikan tanggung jawab penuh kepada karyawan. Karyawan jarang dianggap sebagai mitra kerja, tapi lebih difungsikan sebagai pembantu di dalam setiap fungsi dan peran pekerjaan. Pemimpin selalu ingin informasi mengalir dari atas ke bawah, bukan dari bawah ke atas. Semua ini terjadi karena pemimpin tidak ingin melepaskan kontrol seinci pun atas semua pekerjaan di kantor.

Sikap pemimpin yang takut melepaskan kontrol kepada karyawan, biasanya akan sibuk sendiri, dan selalu merasa beban kerja yang luar biasa berat. Semua ini akan menciptakan kepemimpinan yang tidak efektif, manajemen yang tidak efektif. Termasuk, ketidakmampuan pemimpin untuk menerima umpan balik dari para karyawan. Pemimpin akan melakukan semua pekerjaan , dan membiarkan para karyawan hanya fokus  pada apa yang dia suruh dan tugaskan.

Keberanian pemimpin untuk memberikan tanggung jawab penuh kepada karyawan akan menjadikan karyawan lebih peduli dan mencintai pekerjaan dan perusahaan.

Karyawan harus diajarkan untuk mengerti pekerjaan dan tanggung jawab. Mereka harus tahu tugas, peran, dan fungsi mereka di dalam perusahaan. Dan pemimpin harus membiarkan karyawan untuk melakukan tugas dan tanggung jawab, tanpa mengintervensi pekerjaan yang sedang dilakukan karyawan, kecuali untuk hal-hal yang bersifat pengelolaan risiko.

Di saat pemimpin siap menyerahkan tanggung jawab kepada karyawan, maka tugas pemimpin bukanlah untuk  memberdayakan karyawan menjadi akuntabel terhadap pekerjaan dan tanggung jawab mereka, tapi menjadi inspirator dan motivator yang bisa membuat karyawan memberdayakan diri mereka sendiri.

Peran pemimpin adalah mendorong dan mendukung keberanian karyawan untuk mengambil tanggung jawab penuh atas pekerjaan mereka.  Untuk itu, pemimpin harus memberikan karyawan alat-alat dan pengetahuan yang mereka perlukan dalam setiap tugas dan tanggung jawab mereka. Pemimpin harus mengatur batas-batas yang jelas atas tanggung jawab yang diberikan kepada karyawan, dan selalu membantu karyawan untuk mencapai prestasi dan kinerja yang terbaik.

Untuk seminar/training hubungi www.djajendra-motivator.com

Author: DJAJENDRA

Djajendra is corporate motivator. The best corporate motivator in Jakarta, Indonesia. web site: http://www.djajendra-motivator.com E-mail: training@djajendra-motivator.com E-mail: konsultasi@djajendra-motivator.com