Hemat Pangkal Kaya

“Penghematan Yang Dilakukan Satu Orang Akan Mengurangi Kemiskinan Orang Lain.” – Djajendra

Hemat pangkal kaya adalah sebuah jargon yang menasehati orang-orang untuk tidak menjalani hidup dengan pemborosan.

Sejak kecil, baik itu di rumah, sekolah, atau di lingkungan tetangga, saya selalu menerima nasehat bahwa hemat pangkal kaya. Karena di mana-mana saya mendengar kata hemat pangkal kaya, maka secara tidak sadar pikiran bawah sadar saya merekam kata-kata tersebut dengan sangat kuat.

Awalnya saya kira nasehat hemat pangkal kaya hanya terfokus pada masalah uang, tetapi dalam proses hidup selanjutnya, saya menemukan bahwa jargon hemat pangkal kaya tidak sekedar sebatas manajemen keuangan pribadi, tapi merupakan sebuah nasehat moral untuk banyak aspek kehidupan.

Semua sumber daya di bumi ini sangat terbatas, dan belum tentu mampu memenuhi kebutuhan minimal semua orang. Dan bila ada  satu atau sekelompok orang saja yang menggunakan kekayaan kehidupan secara boros untuk kepentingan diri sendiri tanpa melihat kepentingan orang lain, maka akan terjadi proses pemiskinan terhadap orang lain.

Arti hemat pangkal kaya menurut persepsi saya adalah bahwa kehidupan ini milik semua orang, dan tidak  boleh ada seorangpun yang melakukan pemborosan dalam hal apapun. Bila ada yang melakukan pemborosan secara berlebihan, maka ketidakadilan akan muncul, dan akan menciptakan kekurangan pada pihak lain.

Bila Anda menggunakan uang Anda untuk membeli makanan secara berlebihan, maka akan ada pihak lain yang tidak kebagian makanan, dan terpaksa harus hidup dalam kelaparan. Bila Anda menggunakan air secara berlebihan, maka akan ada pihak lain yang tidak kebagian air minum. Bila Anda menggunakan listrik secara berlebihan, maka akan ada pihak lain yang hidup dalam gelap gulita. Bila Anda menghalalkan semua cara untuk mengumpulkan uang buat pribadi dan kelompok Anda secara berlebihan, maka akan ada orang-orang yang hidup tanpa uang dan daya beli.

Bila Anda ingin hidup berbagi dengan kehidupan lain di bumi ini, maka Anda wajib hidup dengan pengendalian diri yang kuat untuk berhemat dalam semua aspek kehidupan. Yaitu: hemat hawa nafsu untuk memiliki segalanya buat diri sendiri dan keluarga, hemat perilaku mementingkan diri sendiri dan mengabaikan kehidupan orang lain, hemat menggunakan sumber daya alam untuk kepuasan ego diri sendiri, hemat  mengumpulkan kekayaan tanpa batas buat diri sendiri.

Bila Anda mampu berhemat pada semua hal di atas tersebut, maka Anda akan menjadi energi positif buat kehidupan, energi positif  yang  akan menjadi kekuatan untuk memperkaya kehidupan banyak orang, sehingga kemiskinan di muka bumi bisa lenyap bersama hadirnya keadilan untuk memanfaatkan kekayaan kehidupan, tanpa ada pihak yang melakukan pemborosan.

Untuk seminar/training hubungi www.djajendra-motivator.com

Author: DJAJENDRA

Djajendra is corporate motivator. The best corporate motivator in Jakarta, Indonesia. web site: http://www.djajendra-motivator.com E-mail: training@djajendra-motivator.com E-mail: konsultasi@djajendra-motivator.com