Mempertahankan Standar Hidup

“Ketika Kehidupan Anda Kalah Dengan Inflasi, Maka Anda Akan Hidup Dalam Kekurangan. “ – Djajendra

Anda mungkin merasa telah bekerja dengan rajin, tekun, dan disiplin, tapi gaji yang Anda terima semakin lama semakin tidak cukup untuk mempertahankan standar hidup Anda, dan semakin sulit untuk menutupi biaya hidup yang meningkat, padahal Anda tidak boros, dan selalu berhemat. Bila hal ini terjadi artinya kehidupan Anda kalah dengan inflasi. Lemahnya efisiensi dan efektifitas ekonomi akan menciptakan angka inflasi yang tinggi, dan akan menggerogoti daya beli.

Untuk menciptakan efisiensi dan efektifitas ekonomi yang mampu mengalahkan inflasi sangatlah mudah, yaitu dengan menciptakan sistem ekonomi dan keuangan yang bersih, jujur, beretika, adil, terbuka, berintegritas, dan penuh tanggung jawab. Bila hal ini terwujud berarti Anda bisa menabung buat menjamin hari tua Anda, tapi bila tidak, maka kualitas kehidupan Anda akan selalu menurun dari tahun ke tahun.

Motivasi dan etos kerja masyarakat yang hebat, yang bila tidak diikuti dengan sistem ekonomi dan keuangan yang efektif dan efisien, maka akan ada banyak keluhan dan rasa frustasi di masyarakat.

Saya sangat kagum dengan etos kerja orang Indonesia, yang tidak kalah dengan etos kerja bangsa Jepang maupun bangsa-bangsa super produktif  yang lainnya, tapi sayangnya etos kerja yang luar biasa hebat itu, terpaksa harus kalah oleh serangan inflasi, yang secara tradisi telah menjadi sebuah titik lemah dari sistem dan kultur perekonomian Indonesia.

Inflasi yang rajin menggerogoti penghasilan akan membuat etos kerja yang hebat itu kropos, dan akan menciptakan pemikiran-pemikiran untuk mendapatkan segala sesuatu secara instan, tanpa percaya pada jalan proses yang penuh etika, integritas, dan tanggung jawab. Kondisi ini akan menghasilkan praktik bad governance di dalam semua aspek kehidupan masyarakat.

Inflasi yang tidak terkendali akan selalu memiskinkan kehidupan, dan hanya orang-orang yang cerdas berinvestasi dalam bidang-bidang yang mampu menahan nilai aset dari bahaya inflasi akan selamat.

Untuk seminar/training hubungi www.djajendra-motivator.com