Bergantung Dan Berkontribusi

“Organisasi Membutuhkan Bakat Dan Potensi Dari Banyak Orang, Bukan Dari Satu Orang Saja.” – Djajendra

Setiap keunggulan karyawan dan pimpinan dalam perusahaan adalah sebuah energi yang harus saling bergantung, dan wajib bekerja untuk  saling berkontribusi dalam sebuah sistem kerja yang harmonis dan seimbang. Untuk itu, setiap orang di dalam organisasi harus berinisiatif untuk berkolaborasi secara proaktif dalam semua aspek pekerjaan dengan berkualitas. Bila karyawan dan pimpinan tidak berinisiatif untuk saling bergantung dan saling berkontribusi buat keberhasilan perusahaan, maka semua rencana kerja perusahaan berpotensi gagal untuk mencapai hasil yang optimal.

Sikap proaktif  untuk saling berkolaborasi dan berkontribusi harus menjadi kultur yang mengikat setiap individu, agar dapat tercipta iklim kerja yang kompak dan harmonis, untuk bisa menciptakan karya-karya yang berkualitas buat keuntungan stakeholders.

Dalam ruang lingkup kecil seperti di unit kerja, karyawan dan pimpinan harus bisa mengelola semua potensi di unit kerja, untuk kemudian memberikan kontribusi terbaik buat keberhasilan perusahaan. Di sini, diperlukan sebuah hubungan yang solid di antara semua individu, melalui komunikasi yang saling menjaga kualitas kerja dalam tim kerja yang berintegritas dan solid.

Bila ada satu orang saja di dalam unit kerja yang berpersepsi buruk tentang rekan kerja, maka dampaknya akan berpotensi merusak hubungan antar pribadi di dalam unit kerja. Jelas, hal ini akan menjauhkan hubungan saling bergantung dan saling berkontribusi.

Setiap karyawan dan pimpinan wajib hadir ke kantor dengan tujuan untuk menghasilkan kualitas kerja terbaik dan hasil kinerja terbaik. Hal ini hanya bisa dicapai jika karyawan dan pimpinan menginginkan untuk saling bergantung dan saling berkontribusi dalam suasana kerja yang damai, bahagia, dan tidak stres.

Unit kerja di dalam perusahaan merupakan organisasi terpenting untuk menciptakan keunggulan perusahaan di setiap aspek. Oleh karena itu, perilaku saling bergantung dan saling berkontribusi harus di mulai dari internal masing-masing unit kerja, dan setelah itu baru berkolaborasi dengan unit kerja yang lain melalui proses saling bergantung dan saling berkontribusi.

Saling bergantung dan saling berkontribusi harus dilakukan dengan integritas tinggi untuk kepentingan stakeholders. Dan semua ini hanya akan terwujud ketika setiap karyawan dan pimpinan mau membuka hati dan pikiran positif, dengan menyingkirkan semua prasangka buruk, untuk menghadirkan kolaborasi kerja yang saling bersinergi dalam sebuah hubungan kerja yang harmonis dan dinamis.

Saling bergantung dan saling berkontribusi dalam sebuah kolaborasi kerja yang penuh tanggung jawab, harus lahir dari hati yang tulus dan ikhlas, untuk memberikan pelayanan berkualitas buat kepentingan stakeholders.

Untuk training/seminar hubungi www.djajendra-motivator.com

Author: DJAJENDRA

Djajendra is corporate motivator. The best corporate motivator in Jakarta, Indonesia. web site: http://www.djajendra-motivator.com E-mail: training@djajendra-motivator.com E-mail: konsultasi@djajendra-motivator.com