Pemimpin Yang Mengoptimalkan Bakat Dan Potensi Karyawan

“Tidak Ada Orang Yang Tidak Cerdas, Dan Semua Kecerdasan Itu Sering Kali Bersembunyi Dalam Bakat Dan Potensi Yang Belum Tergarap Dengan Optimal.” – Djajendra

Salah satu fungsi kepemimpinan yang berkualitas adalah mengoptimalkan semua bakat dan potensi karyawan untuk keberhasilan visi yang dijalankan oleh pemimpin. Dan tidak akan ada pemimpin yang sukses tanpa dukungan total dari karyawan dengan semua keterampilan, pengetahuan, dan potensi yang hebat.

Pemimpin yang berkualitas akan memiliki integritas total untuk memanfaatkan semua keunggulan karyawan; mendorong motivasi karyawan untuk mewujudkan visi dengan sempurna; mengajak karyawan untuk melihat masa depan dengan optimis; dan memiliki kualitas untuk melihat hal – hal yang tidak mampu dilihat oleh orang lain.

Pemimpin harus bisa menjadi pembimbing dan penuntun arah, dan tidak sekedar berperan sebagai koordinator tugas dan tanggung jawab, tapi cerdas menyatukan semua bakat, potensi, dan karakter dari setiap kekuatan sumber daya manusia untuk dimanfaatkan buat keunggulan organisasi.

Ada pemimpin yang sejak awal telah memiliki kualitas bawaan yang alami untuk merangkul semua potensi hebat dari orang lain, tapi ada juga pemimpin yang harus mempelajarinya untuk bisa memanfaatkan semua potensi hebat dari orang – orang lain.

Seorang pemimpin berkualitas di sebuah perusahaan akan selalu mengetahui bahwa dalam diri setiap karyawan terdapat bakat dan potensi yang harus dikembangkan, potensi hebat yang akan membantu meningkatkan keunggulan  kepemimpinan untuk mengelola perusahaan menjadi lebih unggul, termasuk meningkatkan kredibilitas dan reputasi perusahaan di mata stakeholders.

Tidak ada orang yang tidak cerdas, dan semua kecerdasan itu sering kali bersembunyi di dalam bakat dan potensi yang belum tergarap dengan optimal. Pemimpin yang berkualitas mengetahui hal ini dengan baik, dan biasanya dia akan terus – menerus mendidik dan melatih para karyawan untuk menjadi kekuatan yang unggul dalam menyelesaikan semua tantangan perusahaan.

Ketika pemimpin sudah mampu membangkitkan kecerdasan tersembunyi dari dalam harta karunnya yang bernama sumber daya manusia, maka pemimpin tinggal tersenyum lebar sambil memanen hasil yang hebat. Reputasi dan kredibilitas pemimpin akan melambung tinggi, dan pastinya pemimpin akan menjadi pemimpin yang berharga mahal. Semua ini bisa terjadi karena pemimpin memiliki kualitas diri yang unggul untuk mengoptimalkan semua kecerdasan, bakat, potensi, dan keunggulan dari para karyawan.

Pemimpin berkualitas tetaplah seorang pribadi biasa yang tidak sempurna. Tetapi, ketika dia dengan cerdas memanfaatkan semua keunggulan para karyawan, maka dia akan menarik semua energi positif dari para karyawan untuk meningkatkan reputasi dan kredibilitas dirinya.

Untuk training/seminar hubungi www.djajendra-motivator.com