Menuntun Karyawan Menuju Puncak Kinerja

“Manajer Yang Baik Akan Menuntun Karyawan Untuk Menghasilkan Kinerja Terbaik.” – Djajendra

Seorang manajer yang berkualitas adalah seorang pekerja dengan kecerdasan intuisi, emosional, spiritual, logika, nalar, akal sehat, fakta, firasat, pengetahuan, wawasan, teknologi, dan metode kerja yang fokus  untuk mengoptimalkan potensi sumber daya yang berada di bawah kendali dirinya.

Manajer dengan kualifikasi seperti di atas akan mampu memainkan peran sebagai guru, sahabat, pebisnis andal, dan sebagai pengelola unit kerja dengan integritas yang terang buat semua karyawan.

Ketergantungan karyawan kepada manajer adalah sebuah kenyataan,tanpa bimbingan dan pengarahan yang jelas dan tepat, karyawan akan kehilangan arah kerja. Perlu diingat bahwa kehadiran manajer dihadapan para karyawan secara rutin dan konsisten akan menjadi sebuah kekuatan yang luar biasa besar untuk membangkitkan rasa percaya diri dan gairah kerja dari para karyawan.

Manajer adalah seorang yang harus selalu berada ditengah-tengah orang yang dipimpinnya, tanpa sekalipun mangkir untuk hadir bersama mereka dimanapun. Manajer harus memiliki pemikiran proaktif  dalam menyikapi semua kendala dan hambatan yang terjadi pada karyawan. Memecat, menegor, dan mentidaknaikkan jabatan adalah hal-hal yang paling tidak efektif yang pernah dilakukan oleh manajer di masa lalu dalam upaya membangun kualitas karyawan. Manajer hari ini harus menjadi sahabat bagi semua karyawan, dan menuntun karyawan dengan informasi dan pengetahuan untuk menciptakan kinerja maksimal melalui gairah kerja yang tinggi.

Manajer terbaik akan bertindak proaktif untuk meningkatkan kualitas individu dari setiap karyawan, agar para karyawan bisa menjadi angsa – angsa yang memberikan telur emas kepada perusahaan. Kualitas individu dari para karyawan sangat menentukan keberhasilan manajer dalam mencapai semua target kerja.

Manajer harus secara cerdas bisa menuntun setiap bakat, kejeniusan, dan keunikan dari setiap individu karyawan sebagai modal untuk membangun kultur dan sistem kerja yang lebih kreatif, efektif, produktif, efisien, dinamis, berenergi, dan bersinergi.

Manajer wajib menjalankan fungsi dan perannya dalam sikap, moral, etika, tanggung jawab yang pro pada kepentingan stakeholders.

Tuntun karyawan menuju puncak kinerja agar semua misi, visi, dan nilai-nilai perusahaan  dapat berwujud nyata dalam sebuah realitas kehidupan perusahaan yang berkinerja optimal.

Untuk training/seminar hubungi www.djajendra-motivator.com

Author: DJAJENDRA

Djajendra is corporate motivator. The best corporate motivator in Jakarta, Indonesia. web site: http://www.djajendra-motivator.com E-mail: training@djajendra-motivator.com E-mail: konsultasi@djajendra-motivator.com