Site icon MOTIVASI DJAJENDRA

Apakah Anda Bisa Dipercaya?

“Hubungan Kepercayaan Yang Dibangun Atas Fondasi Integritas Untuk Saling Memberi Dan Saling Bertoleransi, Tetap Akan Abadi Dan Tidak Akan Pernah Rusak Oleh Kepentingan Pribadi.” – Djajendra

Ketika saya diminta oleh sebuah perusahaan untuk membangun mental karyawannya dalam rangka mempersiapkan organisasi yang saling mempercayai (trust),  mind set saya hanya berpikir kepada sebuah tema “Apakah Anda Bisa Dipercaya?”

Kepercayaan adalah landasan terpenting dalam bisnis,  dalam kehidupan pribadi, dan dalam berperusahaan. Tetapi, sering sekali kebanyakan orang menganggap remeh kepada aspek kepercayaan. Padahal hanya melalui lingkungan kerja yang saling mempercayai, perusahaan akan dapat meningkatkan pelaksanaan good corporate governance secara lebih baik.

Konsep Trust (saling percaya) seharusnya menjadi sebuah awal untuk memantapkan kekuatan sumber daya manusia, agar sdm perusahaan bisa menjadi kekuatan yang terpercaya dan yang dapat dipercaya.

Ketika setiap pimpinan dan karyawan sudah menjadi pribadi yang dapat dipercaya, maka perusahaan sesungguhnya telah menjadi perusahaan yang mampu menjalankan semua prinsip good corporate governance dengan luar biasa.

Integritas sdm kepada semua aspek kehidupan perusahaan secara total akan mengantar perusahaan kepada kekuatan untuk menjadi perusahaan yang terpercaya dan yang selalu dapat dipercaya oleh stakeholder.

Di setiap aspek dan fungsi perusahaan diperlukan peran kepercayaan. Peran kepercayaan dalam penjualan, peran kepercayaan dalam manajemen, peran kepercayaan  dalam operasional, peran kepercayaan dalam pengawasan, peran kepercayaan dalam branding dan pemasaran, peran kepercayaan dalam layanan pelanggan, peran kepercayaan  dalam administrasi perusahaan, peran kepercayaan dalam  kepemimpinan, dan peran kepercayaan dalam setiap aspek dan aktivitas perusahaan secara tidak terbatas.

Peran kepercayaan ini harus menjadi alat yang memperkuat setiap orang di perusahaan untuk saling merangkul, saling berkontribusi secara profesional, saling berkolaborasi secara baik,  saling mendapatkan kepercayaan, saling memetik hasil kinerja terbaik, dan  saling menghormati dan menghargai satu sama lain.

Kebenaran tentang Trust di Bisnis akan membantu sdm memperkuat semua hubungan positif dan memungkinkan mereka untuk membangun bisnis dan kehidupan pribadi yang kokoh berdasarkan visi, misi, dan nilai-nilai terbaik.

Kepercayaan yang mendalam di organisasi akan memperkuat core value perusahaan kepada penyatuan ke dalam batin para pegawai, dan semua ini pada akhirnya akan menciptakan cara kerja yang efektif dan yang berkinerja maksimal.

Exit mobile version