Hubungan Kerja Positif Yang Saling Menguntungkan

“Yang Kita Pelajari Dari Sejarah Adalah Orang-Orang Tidak Belajar Dari Sejarah.” – Warren Buffett

Dalam dunia kerja sering sekali hubungan di antara kolega tidak bersifat saling menguntungkan, tapi lebih bersifat saling menjegal dan saling menjatuhkan. Padahal organisasi selalu membutuhkan koordinasi dan kolaborasi yang kokoh di antara semua kekuatan manusianya, agar organisasi mampu menjawab semua tantangan yang ada.
Sikap individu yang selalu mengutamakan kepentingan pribadi daripada kepentingan organisasi secara utuh, merupakan salah satu faktor yang memicu timbulnya nilai-nilai negatif di dalam organisasi, sehingga kerap kali tempat kerja menjadi tidak menyenangkan, dan berpotensi menimbulkan stres dan depresi buat semua manusianya.
Organisasi yang sehat pasti memiliki nilai-nilai atau core value yang bisa mendorong partisipasi proaktif dari para manusianya, dan juga menjadikan dirinya sebagai fasilitator yang meningkatkan kesejahteraan , kenyamanan, kedamaian, dan kebahagiaan buat semua manusianya secara utuh dan total.
Pasti akan muncul bahaya yang bisa merusak kinerja organisasi bila para manusianya berkompetisi secara negatif, yang hanya berfokus untuk kepentingan mewujudkan nafsu dan hasrat pribadi masing-masing pihak.
Hubungan positif yang bisa menghasilkan rasa damai dan bahagia di tempat kerja adalah hubungan yang dipenuhi perasaan saling percaya, yang terfokus pada niat untuk saling menguntungkan semua pihak.
Ketika ambisi dan hasrat pribadi lebih mendominasi jalannya sebuah organisasi, maka semua sikap yang mementingkan diri sendiri itu akan menjadi sumber konflik yang merusak rasa damai dan nyaman di tempat kerja. Akibatnya, organisasi berpotensi masuk ke dalam lingkaran kesulitan yang bisa merusak visi dan potensi sukses organisasi.
Interaksi dengan pikiran negatif akan mendorong orang-orang untuk lebih menonjolkan sikap kurang sabar dan kurang ramah. Persepsi negatif tentang kolega yang tidak sepaham akan menciptakan kebuntuan berprestasi akibat tidak adanya koordinasi dan kolaborasi yang tulus.
Kalau Anda ingin merasa nyaman di tempat kerja, Anda perlu membangun hubungan positif yang saling menguntungkan dengan para kolega Anda. Apabila Anda mengalami kesulitan untuk berinteraksi dengan para kolega Anda, cobalah hadapi dengan niat tulus untuk membangun hubungan positif yang saling menguntungkan. Lakukan semua itu dengan rasa bijak dan tulus, tanpa berniat ingin menang sendiri. Apabila di dalam pikiran dan tindakan Anda selalu diikuti oleh niat baik dalam membangun hubungan yang saling menguntungkan, maka Anda pasti sukses membangun sebuah tempat kerja yang nyaman dan damai. Ingatlah bahwa tempat kerja Anda hanya menjadi nyaman dan damai sejauh Anda berniat tulus dan menginginkannya.

Untuk seminar/training hubungi:

http://djajendra-motivator.com

Email: training@djajendra-motivator.com