Membangun Budaya Pelayanan Publik

“Setiap Individu Dan Lembaga-Lembaga Bisnis Dan Non Bisnis Harus Mulai Merevolusi Dirinya Masing-Masing Buat Membangun Budaya Pelayanan Publik Yang Terbaik.” – Djajendra

Abad ke 21 adalah abadnya pelayanan publik. Bila Anda masih tidak percaya kepada kekuasaan publik atas bisnis dan pelayanan Anda, maka Anda sedang menggali lubang untuk mengubur bisnis Anda.

Arah kehidupan manusia sedang berubah. Setelah kehidupan manusia diperkaya dan dipercerah dengan berbagai informasi oleh zaman teknologi internet dan komunikasi, umat manusia di negara – negara beradab sedang menuju kepada abad pelayanan publik terbaik. Artinya, bila Anda menjalankan usaha di negara demokrasi yang terbuka, maka Anda wajib membangun budaya pelayanan publik terbaik.

Indonesia adalah negara demokrasi yang terbuka, berarti setiap pribadi, institusi, dan pemerintahan di Indonesia wajib untuk memfokuskan kekuatannya untuk membangun budaya pelayanan publik yang berkualitas terbaik.

Buat negara-negara yang tidak menjalankan konsep demokrasi terbuka mungkin abad baru akan menghukum mereka. Sebab, kekuasaan teknologi internet dan komunikasi ini mulai menaklukkan semua batas-batas wilayah, dan menghubungkan umat manusia untuk membangun kekuatan melalui individu dengan individu. Lihat saja kekuatan yang sedang ditawarkan twitter, facebook, dan lain sebagainya. Cukup luar biasa. Jangan pernah menganggap kecil kekuatan infrastruktur yang ada di dalam teknologi internet dan komunikasi.

Setiap individu dari pelosok manapun dapat mengirimkan informasi kepada orang-orang terpenting di dunia untuk meminta perlindungan atas kecurangan dan ketidakadilan di tempatnya.

Kisah tentang pembobolan ATM  yang sebelumnya hanya menjadi kisah sedih para nasabah. Kini berubah menjadi kisah yang membuka kekurangan dan kelemahan teknologi dan pelayanan bank. Luar biasa bukan! Saatnya, para pimpinan bank bangkit untuk menjawab tantangan abad baru ini, abad pelayanan publik terbaik dan yang melindungi publik dari berbagai kerugian.

Setiap individu dan lembaga-lembaga bisnis dan non bisnis harus mulai merevolusi dirinya masing-masing buat membangun budaya pelayanan publik yang terbaik.

Setiap organisasi dan individu yang ingin bertahan hidup di zaman baru ini, wajib untuk mengembangkan dan berinovasi secara cerdas buat memberikan pelayanan berkualitas tinggi.
Di abad baru ini, tidak ada sebuah bisnis atau institusi yang bisa menyatakan bahwa mereka sangat superior untuk pelayanan publiknya, bila mereka tidak jujur kepada publik. Artinya, dalam abad baru ini tidak sekedar diperlukan kecerdasan, keterampilan, uang, teknologi, dan energi untuk menjawab tantangan, tapi diperlukan integritas yang tinggi untuk melayani para stakeholder bisnis tersebut.

Sebuah bisnis selalu berada dalam lingkaran dibuat, dibeli, dijual, dan digunakan untuk kebahagiaan dan kesejahteraan para stakeholder. Ingat, pelanggan, konsumen, dan karyawan adalah bagian terpenting dari para stakeholder tersebut, jadi layani mereka dengan sepenuh hati.

Abad baru ini adalah abadnya konsumen. Individu, institusi, dan pemerintahan yang peduli pada kekuasaan konsumen akan mencapai keuntungan di zaman baru ini.

Abad baru membutuhkan pribadi-pribadi terbaik yang tercerahkan dengan sikap baik. Pribadi-pribadi yang berpikir dan beremosi positif  untuk menjalankan bisnis secara cerdas dan profesional.

Author: DJAJENDRA

Djajendra is corporate motivator. The best corporate motivator in Jakarta, Indonesia. web site: http://www.djajendra-motivator.com E-mail: training@djajendra-motivator.com E-mail: konsultasi@djajendra-motivator.com